Beberapa Hambatan yang Dialami Oleh Fotografer | Blog Banten Kamera

Beberapa Hambatan yang Dialami Oleh Fotografer

Photographer
Sumber foto : Google
Dalam menjalani sebuah kegiatan apapun, kesulitan pasti menjadi salah satu hal yang sering dialami. Namun kesulitan bukanlah sesuatu yang dapat menghentikan kita untuk melangkah. Kesulitan yang dialami seharusnya menjadi tantangan dan pemacu semangat untuk menjadikan kita menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Begitupun bagi fotografer, Kesulitan terkadang menghampiri ketika sedang memotret ataupun mengambil video. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai beberapa hambatan yang dialami oleh fotografer, diataranya :

Cuaca
Photographer
Sumber foto : Gogle

Ketika memotret di area luar ruangan, cuaca pasti menjadi salah satu hambatan ketika sedang memotret. Cuaca yang terlalu panas atau cuaca sedang hujan menjadi salah satu hambatan. Ketika cuaca terlalu panas, sebaiknya seorang fotografer tidak memotret pada waktu - waktu yang tidak direkomendasikan. Seperti cuaca panas pada tengah hari yaitu pukul 11 hingga pukul 1 siang.

Dengan waktu tersebut, biasanya fotografer akan kesulitan untuk mendapatkan hasil yang bagus karena cahaya matahari yang berada tepat diatas kepala. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil foto yang membuat area wajah objek menjadi gelap (fill in). Terlebih yang menjadi objek foto merupakan seseorang yang menggunakan penutup kepala seperti topi atau kerudung.

Namun hal ini sebenarnya dapat ditanggulangi dengan menggunakan flash, baik flash internal maupun eksternal (speedlight). Ketika menggunakan flash, wajah objek menjadi lebih baik serta tidak kekurangan cahaya. Selanjutnya adalah cuaca hujan, hal ini dapat menghambat fotografer untuk melancarkan aksinya. Tentu fotografer tidak diperkenankan memotret di luar ruangan dalam keadaan hujan, hal tersebut dapat membuat kamera terkena percikan air hujan.

Meskipun sudah menggunakan payung, bisa saja air hujan mengenai kamera. Jika kamera banyak terpercik air, maka dampak buruk akan terjadi pada kamera diantaranya timbul jamur karena kamera menjadi lembab serta kemungkinan terburuk akan membuat kamera menjadi rusak dan mati total.

Berbeda jika seorang fotografer memotret di dalam ruangan, hal tersebut bukanlah suatu masalah. Sehingga fotografer akan tetap bisa memotret meski dalam cuaca apapun.

Lihat juga : Beberapa Alasan Mengupgrade Kamera

Objek Terhalangi
Pada beberapa kondisi, terkadang seorang fotografer memotret di tempat yang sangat ramai. Biasanya hal tersebut terjadi ketika memotret sebuah acara yang banyak dihadiri oleh orang - orang, seperti pernikahan, perlombaan, gathering dan lain sebagainya.

Tentunya dari beberapa jenis acara diatas banyak orang yang akan hadir, bahkan orang yang hadir mencapai ratusan hingga ribuan orang. Dengan bayaknya orang yang datang, maka biasanya hal tersebut menjadi salah satu hambatan bagi fotografer untuk memotret objek.

Terkadang orang - orang yang datang berjalan kesana - kemari yang akibatnya menghalangi pandangan fotografer untuk memotret. Meskipun pada akhirnya bisa mendapatkan objek bidikannya, hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama agar orang - orang pada acara tersebut tidak menghalangi pandangan fotografer.

Peralatan Kurang
Peralatan fotografi
Sumber foto : Google

Hal ini terjadi ketika fotografer pergi ke tempat yang jauh dari rumah, biasanya pada beberapa kondisi fotografer lupa untuk membawa beberapa peralatan. Akhirnya hasil dari foto tidak begitu maksimal karena perlatan yang kurang memadai. Meskipun hal ini tidak selalu terjadi, namun perlu diperhatikan jika ingin bepergian ke suatu tempat yang jauh dari rumah. Tentu hal ini dapat merugikan diri kita sendiri.

Untuk sebab itu, pastikan kalian mencatat apa saja perlatan yang sekiranya akan digunakan dan mengecek seluruh perlengkapan dan kebutuhan fotografi agar sewaktu kalian membutuhkan peralatan fotografi tidak mengalami kesulitan atau kekurangan peralatan. Karena hal ini dapat berdampak pada hasil foto maupun video kalian.

Baterai Habis Mendadak
Battery low
Sumber foto : Google

Nah, ini adalah salah satu hal yang membuat kesal fotografer. Ketika sedang asyik memotret atau mengambil video, terkadang kamera mati karena baterai kamera habis. Untuk mengantisipasi hal ini, kalian dapat melakukan beberapa cara yaitu menyiapkan baterai cadangan, menghemat baterai kamera sebaik mungkin atau menyiapkan kamera cadangan.

Selain itu, pastikan baterai kalian dalam keadaan penuh sebelum dipakai. Karena jika kalian lupa untuk mengisi daya baterai, hal tersebut dapat menyulitkan kalian ketika sedang memotret. Hal tersebut tentunya akan berdampak kepada hasil foto ataupun video kalian, diantaranya kalian tidak akan mendapatkan seluruh momen atau seluruh rangkaian kegiatan, terlebih kegiatan atau momen tersebut adalah momen yang bagus.

Momen Terlalu Cepat
Fotografer memang pada dasarnya dituntut untuk cepat dalam melakukan suatu hal, terutama dalam melihat momen dan memotretnya. Hal tersebut harus fotografer lakukan karena memang beberapa momen berlangsung sangat cepat dan bahkan tidak berulang. Satu - satunya cara agar kalian mendapatkan momen terbaik dan langka, tentu mengharuskan kalian menjadi seseorang yang cepat dalam menyadari momen dan memotretnya.

Beberapa genre foto yang membutuhkan momen cepat yaitu human interest, street photography, atau sport photography. Berbeda dengan foto konsep yang memang dapat diulang beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang terbaik.

Itulah beberapa hambatan yang biasa ditemui dan dirasakan oleh fotografer, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga menambah pengetahuan fotografi kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: