Beberapa fungsi Tripod Untuk Kamera | Blog Banten Kamera

Beberapa fungsi Tripod Untuk Kamera

Tripod Kamera
Sumber foto : Google
Fotografi tidak hanya berbicara mengenai kamera saja, namun untuk mendapatkan sebuah gambar yang bagus terkadang ketika memotret memerlukan tambahan peralatan lain yang berfungsi untuk mendukung kegiatan fotografi maupun videografi. Meskipun tidak semua kegiatan fotografi maupun videografi membutuhkan tripod, namun pada beberapa kondisi tertentu tripod menjadi salah satu alat yang akan dicari.

Tripod merupakan salah satu peralatan kamera yang memiliki kaki tiga dan biasanya terbuat dari beberapa material diantaranya alumunium dan carbon fiber. Kalian dapat memilihnya berdasarkan budget, kualitas dan tentunya kebutuhan.

Tripod memiliki fungsi yang bermacam - macam, mulai dari mengurangi goyangan ketika mengambil gambar atau video, mengurangi kelelahan karena harus memotret dan memegang kamera dalam waktu yang lama atau memang beberapa genre fotografi yang mengharuskan memotret menggunakan tripod.

Bagi kalian yang masih awam dengan tripod, sebaiknya ketahui dulu mengapa kalian perlu untuk mempunyai atau menggunakan tripod. Karena jika kalian kurang mempertimbangkan hal itu, tripod yang telah kalian miliki akan jarang digunakan, terlebih kalian adalah seseorang yang jarang memotret.

Untuk itu, tentukan terlebih dahulu untuk apa kalian membeli tripod. Jika kalian masih bingung, artikel ini akan menjelaskan beberapa fungsi dari tripod untuk fotografi dan videografi, berikut penjelasannya :

Memotret Slow Speed (Bluring/bulb)
Bulb fotografi
Sumber foto : Google

Hasil dari foto dengan menggunakan speed rendah memang menarik untuk dilihat, terlebih area di sekitarnya juga bagus. Tentu hal tersebut akan menambah nilai estetika dari hasil foto yang diambil. Namun untuk mendapatkan hasil yang bagus, ada tambahan peralatan yang sebaiknya digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu menggunakan tripod.

Tripod perlu digunakan untuk memotret foto slow speed karena untuk meminimalisir guncangan atau shaking. Jika dilihat, untuk mneghasilkan foto slow speed yang bagus dan halus, membutuhkan speed paling rendah atau lambat yaitu sekitar 25 atau 30 detik.

Dengan speed yang lama seperti itu, tentu akan sulit bagi fotografer untuk memotret hanya menggunakan tangan saja. Meskipun dipaksakan aka menghasilkan gambar yang tidak bagus karena banyak terjadi goyangan selama proses pengambilan gambar.

Maka dalam hal ini tripod sangat diperlukan untuk membuat gambar menjadi halus dan stabil tanpa goyang.

Memotret untuk Waktu yang Lama
wedding photography
Sumber foto : Google


Pada beberapa keadaan, seorang fotografer biasanya memotret untuk waktu yang lama hinga beberapa jam. Hal tersebut biasa dialami oleh seorang fotografer yang mendokumentasikan sebuah acara tertentu. Untuk meminimalisir kelelahan tangan karena terus memegang kamera, maka hal yang dapat membantu mengurangi kelelahan tersebut adalah menyimpan kamera pada tripod.

Hal ini juga menjadi salah satu cara melindungi kamera terjatuh atau mengalami gesekan selama pemakaian. Jika biasanya di tempat yang sangat padat dan ramai orang kalian hanya memegang kamera menggunakan tangan, maka hal tersebut bisa menjadi pemicu tergesek atau jatuhnya kamera.

Namun dengan menyimpa kamera diatas tripod membuat kamera kalian aman dari jangkauan orang lain dengan syarat simpan tripod di tempat yang aman dan strategis.

Membuat Timelapse
Ketika membuat sebuah karya video, biasanya beberapa videografer menggunakan timelapse untuk menjadi salah konten videonya. Timelapse menjadi salah satu selingan atau pemanis dalam sebuah karya video. Nah, untuk menghasilkan hasil timelapse yang bagus tentu kalian akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil gambar atau videonya.

Lihat juga : Kamera Pemula Terbaik pada Tahun 2018

Biasanya seseorang membutuhkan waktu paling sedikit yaitu 30 menit atau beberapa jam untuk mendapatkan hasil timelapse yang bagus dan maksimal. Dengan pengambilan gambar yang hingga
berjam - jam seperti itu, maka kalian tentu akan membutuhkan tripod sebagai peralatan utama selain kamera.

Tripod membantu mengurangi guncangan dan mampu menangkap video atau foto dimanapun. Artinya kalian dapat menentukan dimana posisi tripod dan kamera dapat diletakkan.

Memotret Landscape
landscape
Sumber foto : Google

Bagi kalian pecinta genre fotografi landscape, tripod juga mnejadi salah satu perlatan yang wajib kalian bawa. Hal ini perlu diperhatikan karena dengan memotret landscape, fotografer perlu untuk menghasilkan foto yang yang bagus dan sesuai, seperti memperhatikan garis horizon, rule of third dan keseimbangan gambar lainnya.

Tanpa sebuah tripod, biasanya kalian akan mengalami kesulitan karena akan mudah terjadi guncangan serta sulit untuk menempatkan objek foto dengan baik. Garis horizon pantai misalnya, kalian tentu akan membutuhkan tripod karena kalian harus menghasilkan gambar dengan garis yang lurus.

Jika memotret laut atau pantai garis horizon akan sangat terlihat. Sehingga untuk membuat garis horizon lurus dan meminimalisir guncangan, kalian sebaiknya menggunakan tripod.

Foto Bersama
Pasti kalian juga terkadang menginginkan untuk ikut foto dengan teman atau kelompok, namun terkadang kalian akan kesulitan karena tidak ada yang membantu memotret. Meskipun kalian bisa ikut berfoto, biasanya salah satu orang dalam grup kalian menjadi korban untuk mengambil foto kalian. untuk menanggulangi hal ini, kalian dapat menggunakan tripod agar kalian tetap dapat mengambil foto bersama.

Itulah beberapa alasan kalian perlu menggunakan tripod untuk menghasilkan gambar da video yang bagus, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: