Beberapa Macam Genre dalam Fotografi | Blog Banten Kamera

Beberapa Macam Genre dalam Fotografi

Seseorang yang sudah lama dalam dunia fotografi, tentunya tidak asing dan akan mudah menentukan berbagai macam genre fotografi, namun jangan khawatir bagi kalian yang masih tahap pemula dalam dunia fotografi. Artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai macam - macam genre yang ada dalam fotografi.

Apa itu genre fotografi? Genre fotografi merupakan aliran atau jenis - jenis foto yang ada dalam fotografi, setiap moment atau objek yang berbeda biasanya memiliki genre yang berbeda, objek alam dengan manusia, benda dengan hewan, olahraga dengan makanan dan lain sebagainya.

Biasanya seseorang yang menggeluti dunia fotografi tidak fokus pada satu genre saja, namun menggunakan berbagai genre fotografi, bahkan mungkin yang menyukai fotografi pernah mencoba banyak genre yang ada.

Selain membahas mengenai macam - macam genre fotografi, artikel ini tentunya akan memberikan kalian tips agar dapat dengan mudah memilih dan menggunakan genre fotografi yang ada. Berikut adalah beberapa macam genre fotografi :

Fotografi Makro
Sumber foto : Google

Fotografi makro adalah genre fotografi yang fokus memotret benda atau hewan kecil. Tujuan dari genre ini yaiitu untuk lebih mendapatkan gambar secara detail dan jelas. Jika ingin menerapkan genre ini kita harus membidik objek dengan jarak yang dekat.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal kalian disarankan sebaiknya menggunakan lensa khusus untuk genre ini, contohnya lensa 50mm. Tips jika kalian ingin mengambil fotografi makro pastikan kalian untuk menjaga kamera kalian untuk tetap stabil dan tidak goyang, mengingat foto makro merupakan foto yang detail.

Selain itu, jika ingin mengambil objek hidup seperti hewan, maka pastikan kalian tidak membuat hewan tersebut terganggu karena akan mengakibatkan hewan tersebut sulit untuk difoto.

Human Interest
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Genre foto ini merupakan aliran yang menggunakan orang sebagai objeknya, biasanya seputar kegiatan rutinnya, ekpresi wajahnya serta interaksi yang ia lakukan dengan sesamanya. Human interest biasanya menimbulkan kesan empati dari yang melihat.

Untuk lebih mudah mendapatkan foto ini, tentu kita harus mengunjungi tempat - tampat dimana banyak orang sedang melakukan aktivitas, selain itu kita sebaiknya menjadi seseorang yang mudah berkomunikasi dengan orang lain agar mudah untuk mengajak berbicara atau menggali informasi dengan objeknya, hal itu akan membuat kita dan objek tidak merasa canggung satu sama lain.

Street Photography
Sumber foto : Google

Genre fotografi ini biasanya mengambil foto aktifitas atau kegiatan di jalanan atau di luar ruangan, contohnya seperti jalan raya, pasar, terminal atau ruang publik lainnya. Esensi dari genre foto ini yaitu untuk mengabadikan kegiatan atau aktifitas luar ruangan.

Selain itu, bagi kalian yang ingin mengambil genre ini tentunya harus bertindak cepat karena moment di jalan atau luar ruang yang tidak bertahan lama.

Fotografi Jurnalistik
Sumber foto : Google

Jenis fotografi ini biasanya dilakukan oleh wartawan, tentunya untuk menunjang berita yang ia buat. Fotografi ini bercerita tentang kejadian yang sedang terjadi atau kata lain, berita terkini. Namun tidak semua genre fotografi ini digunakan oleh wartawan, terkadang fotografer juga mengambil genre ini.

Namun, berbeda dengan fotografi lain, karena namanya fotografi jurnalistik selain harus faktul kita juga harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik sebagaimana jurnalistik itu sendiri.

Fotografi Pernikahan
Sumber foto : Google

Sudah jelas dari namanya yang pasti akan mengabadikan moment seseorang ketika sedang menikah atau sebelum menikah, fotografi ini tentu berobjek pasangan, biasanya setiap pasangan memiliki tema tertentu yang berbeda - beda dengan lokasi di dalam maupun di luar ruangan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita dituntut untuk bertindak cepat karena moment dalam pernikahan tidak terulang, selain itu kita juga sebaiknya sudah memahami karakter masing - masing pasangan untuk dapat melihat bagaimana ekpresi mereka yang bagus untuk dibadikan.

Landscape Photography
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Genre ini mengabadikan gambar atau situasi dari pemandangan alam. contohnya hamparan laut, pegunungan, persawahan ataupun lembah. Bagi kalian yang menyukai genre ini, pastinya ada tantangan tersendiri, jika dilihat ini adalah foto untuk mengabadikan alam.

Lihat juga: Tips Dasar Fotografi yang Perlu Dipahami.

tentunya kita akan jauh dari hiruk pikuk kota atau bahkan rumah warga, dengan begitu sebaiknya kalian sudah menyiapkan peralatan yang memadai dan lengkap, atau bahkan harus menyiapkan peralatan yang double. Misalnya baterai kamera, karena kita sedang berada di alam tanpa listrik, maka seharusnya kita menyediakan baterai cadangan agar kita tidak kesulitan saat baterai kamera kita habis.

Bagi kalian yang suka melakukan liburan ke alam bebas, cocok jika kalian juga menyukai genre fotografi ini. Kalian bisa berlibur sambil melakukan hobi, tentunya hal tersebut pasti mengasyikkan.

Food Fotografi
Sumber foto : Google

Bagi kalian pecinta kuliner, sangat cocok untuk memilih genre ini. karena kalian bisa berwisata kuliner sambil memotret makanan di sekitar kalian. Setelah memotret kalian bisa mencicipinya. Tentunya fotografi ini membutuhkan keahlian kita secara khusus, bagaimana makanan yang sederhana dapat menghasilkan foto yang bagus dan menggoda selera makan yang melihat.

Untuk bisa lebih mendapatkan foto makanan yang bagus, kita sebaiknya menggunakan makanan dengan porsi yang sedang, jangan terlalu banyak. Juga harus menata makanan tersebut agar
rapi dan tidak berceceran.

Underwater Photography
Sumber foto : Google

Beberapa tahun belakangan foto ini semakin banyak dikagumi oleh masyarakat, biasanya fotografi ini dilakukan di bawah laut ataupun untuk mengabadikan kegiatan seru seseorang. Jika ingin mengambil foto ini, pastinya selain kamera kita harus memakai pelindung kamera atau housing, dengan begitu kita bebas untuk menggunakan kamera dan siap tangkap moment dan benda - benda dibawah laut.

Itulah macam - macam genre dalam fotografi, kamu pilih yang mana? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa memperbanyak latihan ya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: