5 Tips Membuat Jasa Foto Anda Banyak Peminatnya | Blog Banten Kamera

5 Tips Membuat Jasa Foto Anda Banyak Peminatnya

5 Tips Membuat Jasa Foto Anda Banyak Peminatnya
Sumber foto : Google
Mempunyai usaha sendiri merupakan hal yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak? kita bisa memilih usaha yang sesuai dengan passion atau hobi kita. Oleh karena itu berbahagialah jika kalian mempunyai usaha sendiri yang memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain serta tidak menggantungkan pendapatan kita kepada orang laian, alias tidak bekerja untuk orang lain.

Ada banyak jenis usaha yang bisa kita jalani, salah satunya yang akan menjadi bahasan dalam artikel ini adalah jasa foto. Bagi yang menyukai bidang fotografi dan memiliki kamera dan beberapa aksesorisnya kalian bisa memulai usaha ini. Jasa foto studio saat ini merupakan usaha yang semakin berkembang.

Hal tersebut ditunjang dari banyaknya sosial media yang membuat gaya hidup menjadi berubah, kita menganggap bahwa mengabadikan foto merupakan hal yang harus dilakukan, meskipun tidak semua orang menganggap seperti itu, namun sebagian besar menganggap mengabadikan moment bersama keluarga, pasangan dan teman dekat adalah suatu keharusan.

Bagi kalian yang sedang memikirkan untuk membuka usaha ini, atau yang sudah membuka usaha ini namun memerlukan strategi lebih agar foto studio kalian banyak peminatnya. Artikel ini akan memberikan 5 tips agar jasa foto studio anda memiliki pelanggan yang banyak dan menjadi studio foto pilihan utama di kalangan sekitar anda :

Peralatan Studio yang Bagus
5 Tips Membuat Jasa Foto Anda Banyak Peminatnya
Sumber foto : Google


Biasanya jika ingin membuka foto studio ada beberapa peralatan yang wajib untuk digunakan oleh seorang fotografer agar mendapatkan hasil foto yang maksimal, dengan menghasilkan foto yang maksimal dan baik tentunya pelanggan akan merasa puas dengan apa yang kita berikan.

Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk foto studio? Perlatan tersebut diantaranya kamera, kalian bisa menggunakan kamera canon EOS 5D Mark III atau canon EOS 1DX. Namun tentunya bagi setiap orang memiliki selera yang berbeda tentang kamera, kalian bisa menggunakan tipe dan merk lain dengan catatan kamera tersebut memiliki resoluasi yang bagus dan kerjanya yang cepat.

Lihat juga: Jarak Memotret Menggunakan Kamera DSLR yang Baik.

Selain kamera, foto studio menggunakan lensa, continuous light atau mapu studio, flash eksternal, filter, softbox, guna dari softbox adalah agar cahaya menjadi lebih halus. Selanjutnya adalah background, umbrella, reflector, dan lain sebagainya.

Tema Foto yang Unik
5 Tips Membuat Jasa Foto Anda Banyak Peminatnya
Sumber foto : Google

Tema studio juga menjadi salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk memilih foto studio kita. Berbeda jika seseorang hanya ingin foto formal, itu hanya membutuhkan background warna saja, baik merah atau biru. Namun berbeda jika untuk foto keluarga, sahabat atau pasangan, tentunya mereka menginginkan foto yang unik dan berbeda.

Keunikan dari sebuah foto studio biasanya tergantung dari motif atau hiasan background, serta aksesoris yang dipakai untuk foto. Kekayaan dan keunikan tema menjadi salah satu penentu foto studio kita banyak diminati oleh orang - orang, semakin banyak tema maka akan semakin banyak pula yang berminat menggunakan jasa kita.

Pelayanan yang Baik
5 Tips Membuat Jasa Foto Anda Banyak Peminatnya
Sumber foto : Google

Pelayanan merupakan hal yang penting, jika seseorang nyaman dengan tutur kata dan perilaku kita, maka konsumen pun akan suka menggunakan jasa kita. Pelayanan dimulai sejak pertama kali konsumen bertanya mengenai hal - hal yang berhubungan dengan studio, sebaiknya kita menjelaskan secara rinci dan dengan bahasa yang sopan.

Selain itu adalah fotografer, biasanya fotografer memberikan arahan gaya kepada konsumen, maka dari itu perilaku dan tutur kata fotografer pun harus baik bisa mengerti apa yang diinginkan oleh konsumen, selanjutnya fotografer dituntut untuk humble agar interaksi foto tidak canggung dan kaku, dengan begitu hasil foto yang didapat pun akan baik dan memuaskan.

Berbeda jika fotografer yang tidak mengerti keinginan konsumen dan terkesan cuek, hal tersebut bisa berdampak kepada mood atau suasana hati konsumen yang tentunya akan membuat hasil foto tidak maksimal. Usahakan untuk berkenalan atau berbincang selama beberapa menit sebelum sesi foto dimulai.

Sesekali memberi diskon atau promo 
5 Tips Membuat Jasa Foto Anda Banyak Peminatnya
Sumber foto : Google

Siapa yang tidak mau diskon? Tentu setiap orang menyukainya. Nah, hal tersebut bisa kita jadikan senjata untuk membuat jasa foto kita disukai dan diburu oleh orang - orang. Namun tidak disarankan untuk memberikan terlalu banyak diskon atau promo, karena hal tersebut akan membuat kita merugi. Sesuaikan promo atau diskon dengan suatu peringatan tertentu, misalnya promo hari raya, hari jadi studio ataupun member.

Diskon yang besar bisa kita berikan ketika pertama kali membuka studio foto, hal tersebut menjadi salah satu strategi agar studio foto kita dikenal oleh banyak orang, atau istilah marketingnya brand awareness, kita buat studio kita menjadi yang pertama disebut ketika seseorang berfikir tentang studio foto.

Hasil yang bagus
Penentuan akhirnya adalah hasil, jika kita dapat menyuguhkan hasil foto yang bagus, maka sudah pasti konsumen akan terus mempercayai kita sebagai jasa studio foto rutin mereka. Hasil yang bagus diantaranya berupa kertas foto yang bagus dan berkualitas tinggi, editan yang lembut namun menonjolkan kesan natural serta kualitas foto beresolusi tinggi.

Ketika hal - hal tersebut dapat kita sajikan dengan baik, tentu jasa foto kita menjadi yang terdepan dan banyak peminatnya. Jika sudah banyak yang memberikan penilain baik tentang jasa foto kita, mudah bagi orang untuk merekomendasikan jasa foto kita kepada orang lain.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian terapkan agar jasa foto kalian bisa diminati banyak orang dan memiliki pelanggan setia yaang banyak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: