Jarak Memotret Menggunakan Kamera DSLR yang Baik | Blog Banten Kamera

Jarak Memotret Menggunakan Kamera DSLR yang Baik

fotografi
Mengenai jarak pengambilan foto tidak hanya pada satu titik saja, namun kita dapat berpindah – pindah untuk mengatur bagaimana objek yang akan kita potret nantinya.

Jarak pengambilan foto tentunya berhubungan juga dengan teknik dan komposisi fotografi yang akan kita gunakan, seperti Depth of Field/Dof atau yang biasa disebut bokeh, Close up, Medium close up dan lain sebagainya. Berikut adalah macam – macam jarak memotret yang baik:

1. Lensa dengan objek sasaran sangat dekat untuk foto bokeh/DoF
Bagi kalian yang sangat suka mengambil foto dengan efek bokeh kalian harus menempatkan lensa kamera cukup dekat dengan objek sasaran. Bagi pengguna lensa kit cara ini dapat digunakan untuk membuat foto dengan latar bokeh yang cukup oke.

Selain itu kita juga perlu memperhatikan jarak objek dengan backgroundnya, hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat blur dari background foto yang kita ambil. Semakin jauh maka hasil bokeh akan semakin baik.
bokeh


Teknik ini juga dapat digunakan untuk jenis fotografi makro dengan menggunakan lensa kit 18-55mm, seperti halnya foto Binatang kecil atau benda – benda kecil yang akan kita jadikan objek.

2. Lensa dengan objek sasaran yang sedang untuk foto Event 
Jika mengambil foto dalam suatu acara atau event tertentu biasanya seorang fotografer maju ke depan dekat dengan panggung atau podium tempat pengisi acara berbicara. Hal ini memang sebaiknya dilakukan untuk menangkap moment penting dan tentunya lebih terfokus kepada seseorang yang sedang berbicara.

Meskipun fotografer maju ke depan podium atau panggung adalah hal yang sebaiknya dilakukan, namun tidak disarankan seorang fotografer berdiri terlalu lama didepan podium karena akan menghalangi pandangan peserta atau penonton.


3. Lensa dengan objek sasaran yang jauh untuk foto extreme long shot 
Saat kita sedang berlibur ke pantai atau gunung, biasanya kita menggunakan teknik extreme long shot untuk mendapatkan hasil foto pemandangan yang baik dan menyeluruh. Untuk mengaplikasikan teknik ini tentunya lensa harus berada jauh dengan objek sasarannya.

Selain jarak lensa dengan objek, penggunaan jenis lensa dengan Focal Length yang panjang dapat membuat foto yang diambil dengan jarak jauh tetap mempunyai fokus yang oke.

Beberapa hal diatas adalah jenis posisi memotret yang baik. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian mengenai fotografi.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: