Mengenal Perbedaan Lensa EF dan EF-S | Blog Banten Kamera

Mengenal Perbedaan Lensa EF dan EF-S

Perbedaan Lensa EF dan EF-S
Bagi seorang fotografer, selain memahami kamera juga harus dapat memahami beberapa alat - alat penting untuk menunjang kebutuhan fotografi. Salah satunya kita harus mengerti jenis lensa dengan baik. karena banyaknya kode - kode dalam lensa, maka kita harus mengetahui dengan benar arti dari kode - kode lensa yang nantinya akan kita pakai.

agar tidak keliru saat menggunakan lensa, artikel kali ini akan membahas mengenai apa perbedaan lensa EF dan EF-S. Berikut adalah masing - masing penjelasannya :

Lensa EF
Kepanjangan lensa EF adalah Electro Focus, dimana lensa EF adalah lensa yang digunakan untuk kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) full frame dan mampu untuk mengubah fokus secara otomatis. Apa itu kamera full frame? kamera full frame adalah jenis kamera DSLR yang memiliki sensor berukuran 35mm (36mm x 24mm) atau kamera ini menghasilkan gambar penuh tanpa dipotong.

Kamera full frame saat ini diantaranya seri Canon EOS 5D, Canon EOS 6D, Canon EOS 1D atau untuk merek lain yaitu Nikon D4, Nikon D6, Sony A-850 dan lain sebagainya. Ciri - ciri dari kamera yang dapat menerima lensa EF yaitu memiliki gelang merah pada lensa dan bintik merah pada mounting kameranya.

Lihat juga: Aplikasi Membersihkan Noise pada Foto.

Lensa EF-S
Lensa EF-S atau Lensa Electro Focus Short Back. berbeda dengan penggunaannya, lensa EF-S digunakan hanya untuk kamera non full frame (crop), berbeda dengan lensa EF yang dapat juga digunakan untuk kamera non full frame.

Apa itu kamera non full frame? kamera non full frame adalah kamera yang memiliki sensor lebih kecil dibandingkan dengan kamera full frame. lensa EF-S memiliki ciri bintik putih pada ujung lensa, kamera non full drame saat ini diantaranya Canon 40D, Canon 50D, 7D dan sebagainya.

itulah penjelasan mengenai lensa EF dan EF-S yang perlu kita ketahui, agar kamera yang kita punya sesuai dengan jenis lensa yang akan kita beli nantinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan fotografi kalian!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: