Apa itu Close UP?

close up
Dalam kegiatan fotografi banyak yang harus diketahui oleh seorang fotografer, diantaranya yaitu teknik, angle maupun komposisi. Dalam artikel kali ini, banten kamera akan menjelaskan mengenai sudut pengambilan gambar/angle yaitu close up

Jenis foto ini banyak dihasilkan oleh fotografer, baik model maupun human interest. Apa itu foto close up? Apakah close up itu sama dengan pas foto yang biasa digunakan untuk dokumen resmi seperti KTP? Kita akan menjelaskan lebih jauh mengenai foto close up untuk memperkaya pengetahuan fotografi kalian.

Close up adalah teknik fotografi yang banyak digunakan untuk memotret manusia, gambar yang diambil yaitu dari ujung kepala hingga bahu. Tujuan dari pengambilan foto close up ini untuk lebih memfokuskan objek sasaran, menjadikan satu – satunya objek yang ada dalam foto tersebut.

Kebanyakan foto jenis ini digunakan oleh orang – orang untuk menjadi foto profil di sosial media. Kebanyakan foto close up diambil melalui eye level, namun kita dapat merubah foto close up menjadi foto yang lebih menarik dari biasanya

Agar foto close up tidak terlalu monoton, seorang fotografer dapat merubah angle/posisi kamera ketika memotret objek sasarannya. Jika biasanya menggunakan eye level saja, hal tersebut bisa kita ganti dengan angle yang lebih menarik, contohnya foto side angle atau objek sedikit miring ke kanan atau kiri. 

Tentunya dengan angle yang berbeda akan memperkaya jenis foto yang kita ambil meskipun  dari objek yang sama. Bagaimana tips mengambil foto close up? Berikut adalah beberapa tips agar menghasilkan foto close up yang bagus:

Gunakan Tripod
Agar foto close up tidak melebihi batas yang sudah ditentukan, maka penggunaan tripod sangat disarankan. Selain itu tripod berguna untuk mengrangi kelelahan tangan fotografer ketika mengatur foto close up

Dengan ruang frame yang terbatas dari ujung kepala hingga bahu membuat fotografer harus fokus dan tepat dalam membidik objek.

Cahaya
Ketika mengambil foto close up, sebaiknya kita tidak menempatkan objek berada di tempat yang terlalu terang, Karena hal tersebut dapat membuat tekstur objek terlihat lebih kasar karena pengambilan foto yang sangat dekat dan penuh. 

Sebaiknya kita menempatkan objek berada ditempat yang tidak terlalu terang dan dengan pencahayaan yang cukup, dengan begitu tekstur wajah dengan jarak yang dekat terlihat lebih halus

Background
Background merupakan hal yang perlu diperhatikan jika ingin memotret close up, hal ini harus diperhatikan mengingat posisi objek yang sangat dekat dengan lensa, sehingga background yang baik akan mempengeruhi foto yang akan kita ambil.

Fokus pada mata
Mengapa harus fokus pada mata? Karena mata merupakan point of interest dalam sebuah foto close up. Mengingat objek yang kita potret hanya sebatas ujung kepala hingga bahu saja sehingga mata menjadi hal penting dan menarik untuk dijadikan fokus utama dalam sebuah foto close up.

Nah, hal diatas adalah penjelasan serta tips agar mendapatkan foto close up yang baik. Mudah bukan? Semoga artikel dari banten kamera kali ini dapat bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk mempraktekkannya ya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: