Tahukah Apa Magic Lantern Itu? | Blog Banten Kamera

Tahukah Apa Magic Lantern Itu?

Tahukah Apa Magic Lantern Itu?
Sumber foto : Google
Pecinta videografi yang banyak menggunakan kamera DSLR canon untuk mengambil video tentu membutuhkan fitur lebih dari kamera DSLR pada umumnya, tentu hal tersebut untuk menunjang hasil video yang kalian ambil, dengan begitu hasil video akan semakin baik.

Bagi para videografer dan fotografer mungkin tidak asing dengan magic lantern, namun jika kalian masih belum tahu apa itu magic lantern, fungsi dan kelemahannya, artikel ini akan menjelaskan informasi tersebut :

Magic lantern adalah software tambahan yang digunakan untuk DSLR Canon, sampai saat ini belum semua tipe DSLR canon bisa menggunakan magic lantern, hanya beberapa tipe saja diantaranya 600D, 550D, 60D, 50D dan 5D.
Tahukah Apa Magic Lantern Itu?
Sumber foto : Google

Namun yang perlu anda perhatikan bahwa, magic lantern merupakan software tidak resmi. Sehingga yang membuat software ini bukan dari perusahaan canon, hal tersebut yang harus kalian waspadai jika ingin menggunakan software tambahan ini untuk kamera anda.

Lihat juga: Cara yang Benar Mengambil Foto di Kamera DSLR.

Bagaimanapun kamera kalian sewaktu - waktu dapat mangalami kerusakan, tetapi itu semua menjadi keputusan kalian. Jika memang kalian sangat membutuhkan beberapa fitur tambahan dalam kamera kalian, kalian dapat menginstall software ini. Tetapi jika kalian tidak ingin menanggaung resikonya, sebaiknya urungkan niat kalian untuk memasang software ini.

Apa yang akan kaian dapatkan jika menggunakan software ini? Banyak fitur dari magic latern ini diantaranya :

Setting video 30,40,50p yang membuat gambar yang klaian ambil menjadi lebih halus
Manual exposure, jika biasanya video menggunakan auto exposure dengan software ini kalian mendapatkan manual exposure
Bagi yang biasa menggunakan timer untuk memotret gambar, dengan fitur ini kalian bisa memberikan perintah kepada kamera untuk memotret gambar dengan suara kita
Motion detect, kalian tidak perlu memencet tombol shutter, dengan gerakan kamera sudah langsung mengambil gambar
Memberikan mode video, karena 50D merupakan kamera tanpa mode video maka dengan menggunakan software ini akan tersedia mode video
Menyediakan bulb timer untuk waktu yang lebih lama dari biasanya
Whitebalance hingga kelvin
Operasi crop foto langsung di LCD

itulah beberapa fitur dan penjelasan mengenai magic lantern, Bagaimana, apakah kalian sudah menentukan untuk menginstall software ini atau tetap bertahan dengan fitur bawaan kamera kalian?

Hal terpenting jika kalian ingin menggunakan software ini, tentu kalian harus siap dengan resiko yang sewaktu - waktu akan berdampak pada kamera kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang ingin membutuhkan magic lantern!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: