Arti Kode Error Kamera DSLR Canon dan Cara Mengatasinya | Blog Banten Kamera

Arti Kode Error Kamera DSLR Canon dan Cara Mengatasinya

Arti Kode Error Kamera DSLR Canon dan Cara Mengatasinya
Sumber: LensProToGo
Arti Kode Error Kamera DSLR Canon dan Cara Mengatasinya. Kamera DSLR Canon memang telah diakui memiliki kualitas foto serta video yang baik saat digunakan. Namun, kamu tetap tidak dapat menghindari fakta bahwa kamera DSLR dengan brand ternama sekalipun dapat mengalami beragam masalah yang pastinya akan sangat mengganggu kamu.

Salah satu masalah yang memang umum sekali dapat terjadi pada kamera DSLR kamu adalah munculnya tanda error yang tentunya dapat disebabkan oleh beragam alasan. Dan berikut adalah beberapa arti, penyebab serta cara mengatasi kode error pada kamera DSLR Canon kamu.

Error 01
Kode error yang pertama ini dapat berarti bahwa terjadi kesalahan komunikasi antara kamera serta lensa kamera kamu. Maksud dari kesalahan komunikasi itu apa?

Bila kamu melihat bagian berwarna emas di belakang lensa kamera kamu atau pada badan kamera kamu dekat ring tempat mounting lensa, bagian tersebut merupakan kontak elektrik yang dapat menghubungkan komunikasi antara lensa serta kamera kamu.

Dan bila kode error ini muncul pada kamera kamu, maka kontak elektrik tersebut-lah yang bermasalah. Penyebabnya yang paling umum adalah debu atau kotoran. Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu perlu membersihkan bagian ini dengan menggunakan alat yang baik.

Error 02
Untuk kode yang satu ini, seperti yang dapat kamu lihat, masalahnya terdapat pada kartu memori kamera. Entah karena memang kartu memori kamu yang tidak cocok atau telah terjadi kerusakan pada kartunya sehingga kamu perlu mem-format-nya.

Selain pada kartu memorinya, kode error ini juga dapat disebabkan oleh slot kartu memori di kamera kamu. Mungkin juga telah terjadi kerusakan atau terdapat kotoran yang mengakibatkan kartu memori kamu tidak bisa terbaca oleh kamera.

Bila permasalahan kamu terdapat pada slot kartu memori-nya, maka Banten Kamera dapat membantu kamu untuk memperbaiki hal berikut secara baik dengan biaya sebesar Rp 650,000 saja.

Error 05
Bila kamu mendapatkan kode error seperti yang berikut ini, maka kamu perlu mengkhawatirkan keselamatan flash pada kamera kamu, nih. Kode error ini akan muncul pada saat kamera kamu mengalami masalah dimana built-in flash-nya tidak dapat melakukan pop-up sehingga tidak dapat digunakan.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa masalah, seperti misalnya terdapat sesuatu yang menghalangi flash kamu untuk melakukan pop-up, terdapat beberapa komponen yang patah, hingga terjadi korslet yang parah sehingga membuat flash kamera kamu tidak dapat berfungsi kembali.

Soal mengatasi permasalahan kode error 05 ini, Banten Kamera akan memberikan layanan terbaik untuk kamu dengan biaya perbaikan sebesar Rp 350,000.

Error 06
Kode berikut dapat muncul pada saat pembersih sensor otomatis kamu tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini umum terjadi pada beberapa kamera yang pernah dimodifikasi menjadi versi IR (Infrared) atau False Colour dan pada akhirnya berakibat pada rusaknya beberapa komponen yang ada pada kamera.

Saat masalah ini terjadi, maka kamu hanya dapat melakukan pembersihan terhadap sensor kamera secara manual saja. Selain melakukan perbaikan, Banten Kamera juga dapat melayani kamera kamu dalam hal membersihkan sensor kamera dengan biaya sebesar Rp 150,000 saja.

Error 20
Untuk kode error yang berikut ini, biasanya disebabkan oleh masalah mekanis yang meliputi, shutter, mirror, serta mekanisme aperture pada kamera kamu. Sayangnya, untuk kode yang satu ini, tidak akan memberikan secara spesifik dimana letak kerusakannya, namun kamu masih dapat mencari tahunya dengan mengecek ketiga komponen tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu perlu terlebih dahulu mencoba langkah awal berupa melakukan lepas-pasang baterai kamera. Namun, bila hal ini masih belum dapat teratasi, segera bawa kamera kamu ke tempat servis terdekat di kota kamu.

Dan kabar baiknya, untuk kamu yang tinggal di sekitar Serang, Cilegon, Pandeglang, serta Lebak, Banten Kamera lagi-lagi akan memberikan layanan terbaik untuk permasalahan khusus terhadap shutter blade dengan biaya sebesar Rp 650,000 saja.

Error 30
Hampir sama dengan error 20, yang satu ini juga merupakan salah satu kode error yang muncul karena terjadi kerusakan pada salah satu komponen kamera kamu. Bedanya, untuk yang satu ini menunjukkan dimana letak kerusakan terjadi, yakni pada shutter kamera kamu.

Kerusakan yang terjadi pun dapat berupa kerusakan pada sektor mekanis maupun kesalahan yang terjadi pada komponen elektroniknya. Cara mengatasinya sendiri pun masih sama seperti pada kode error 20.

Banten Kamera akan memberikan biaya perbaikan sebesar Rp 650,000 untuk memperbaiki kode error berikut.

Error 40
Untuk permasalahan yang satu ini, disebabkan oleh baterai atau sumber daya yang ada pada kamera kamu. Kerusakan dapat terjadi dengan alasan baterai kamera kamu yang sudah terlalu lemah sehingga tidak dapat digunakan. Untuk mengatasi hal berikut kamu perlu membeli baterai kamera yang lebih baru.

Namun, bila kamu sudah melakukannya tetapi masih menemukan kode error seperti berikut, maka telah terjadi kerusakan pada modul mainboard power supply kamera kamu, yang mengharuskan kamu untuk membawanya ke tempat servis.

Lihat juga: Penyebab Kamera DSLR Tidak Bisa Memotret.

Error 50
Bagi kamu yang menemukan kode error bernomor 50 ini, maka kamu perlu mengkhawatirkan kondisi elektronik atau komunikasi internal yang ada pada kamera kamu. Kode ini sendiri juga tidak memberikan detail secara lengkap untuk letak terjadi kerusakannya.

Untuk dapat memperbaiki kerusakan berikut, mungkin pertama-tama kamu perlu melakukan lepas-pasang baterai dan bila masih belum berfungsi dengan baik, segera bawa kamera ke tempat servis.

Error 99
Untuk jenis kode yang berikut ini, sayangnya jalan satu-satunya untuk dapat memperbaiki kamera kamu hanya dengan mengganti yang baru atau segera tangani dengan pergi ke tempat servis. Kode error yang berikut ini, tidak memberikan kejelasan lengkap dimana letak atau penyebab terjadinya kerusakan pada kamera.

Jadi, itulah arti kode error pada kamera DSLR dan cara mengatasinya. Dan bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan seperti berikut ini, segera bawa kamera kamu ke Banten Kamera, untuk hasil perbaikan yang lebih memuaskan dengan garansi servis selama 30 hari sebagai jaminan kamera terbaik.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: