Penyebab Utama LCD Vignet Hitam Sudut Layar | Blog Banten Kamera

Penyebab Utama LCD Vignet Hitam Sudut Layar

Penyebab Utama LCD Vignet Hitam Sudut Layar
Penyebab Utama LCD Vignet Hitam Sudut Layar. Dapat merawat kamera dengan baik adalah salah satu hal terpenting yang perlu kamu ketahui sebelum membeli sebuah kamera. Bila kamu bertanya mengapa, maka kami akan bertanya balik, untuk apa kamu membeli sebuah kamera namun tak tahu cara merawatnya? Kecuali jika kamu sama sekali tak merasa keberatan untuk membuang uang milikmu yang terasa berlebih.

Apa kamu tahu komponen kamera apa saja yang sering mengalami kerusakan bila tidak mendapatkan perawatan dengan baik? Hampir di setiap komponen yang ada pada kamera kamu dapat mengalami kerusakan, terutama pada layar LCD-nya yang memang merupakan salah satu komponen paling sering dipakai setiap insan pengguna kamera.

Lalu apa kamu tahu masalah paling mengganggu di layar LCD kamera?

Yap, Vignet. Vignet merupakan sisi gelap yang dapat muncul di setiap bagian sudut layar LCD kamera kamu. Tentu saja kemunculan hal berikut dapat menghalangi pandangan kamu saat menggunakan layar LCD.

Untuk dapat menghindari permasalahan berikut, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui beberapa penyebab utama layar LCD kamu dapat mengalami vignet.

Menggunakan Layar LCD Tidak Resmi
Siapa diantara kamu yang menggunakan layar LCD namun bukan berasal dari distributor asli?

Kamu perlu sangat berhati-hati, nih, bila menggunakan layar LCD tidak resmi seperti itu. Karena faktanya, layar LCD yang tidak resmi seperti halnya demikian akan lebih cepat mengalami kemuculan vignet di setiap sudut-sudut layarnya.

Lho, kenapa? Memang apa bedanya?

Layar LCD resmi dan tidak resmi tentu memiliki perbedaan yang sangat besar pada proses pembuatannya. Layar LCD yang tidak resmi terkadang menggunakan sistem yang berbeda dengan harga murah, sehingga membuat sistem yang ada pada kamera kamu tidak dapat sejalan dengan sistem pada layar LCD. Hal ini pula yang dapat menyebabkan vignet pada layar.

Memang, bahkan LCD resmi sekalipun juga dapat mengalami permasalahan seperti halnya berikut ini. Namun, seperti yang kamu ketahui, LCD resmi dan tidak resmi memiliki perbedaan umur yang cukup signifikan saat digunakan.

Jadi, hindarilah penggunaan LCD tidak resmi untuk kamera kesayangan kamu.

Tidak Melepas Baterai saat Tidak Digunakan
Baterai kamera kamu juga bisa, lho, menjadi salah satu penyebab layar LCD kamu muncul vignet! Bagaimana bisa?

Menyimpan baterai secara terus menerus di dalam kamera, terutama saat kamu tidak menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, selain dapat menyebabkan daya tahan baterai kamera kamu yang menjadi lebih buruk, hal ini pula yang dapat menyebabkan layar LCD kamera dapat muncul vignet.

Oleh karena itu, segera lepas baterai kamera kamu bila dirasa kamu tidak akan menggunakan kamera dalam waktu lebih dari satu minggu. Usahakan juga untuk langsung menyimpan baterai kamera kamu di tempat yang aman dan kering, ya, Pembaca!

Penggunaan Shutter Count di atas 50 Ribu
Untuk kamu yang memang memiliki hobi yang baik berupa memotret, kamu tentunya perlu memiliki kekhawatiran akan kemunculan vignet pada layar kamera kamu. Kenapa?

Karena layar vignet dapat muncul pada saat kamu telah menggunakan shutter count pada kamera kamu hingga lebih dari 50 ribuan ke atas. Hal ini dapat kamu hindari dengan tidak terlalu sering menggunakan kamera.

Namun, bila kamu memang sedang berada di tahap dimana kamu tidak bisa berhenti memotret setiap momen yang terjadi di depan kamu, maka sebaiknya bersiap-siaplah untuk dapat mengatasi munculnya vignet pada layar LCD kamera kamu.

Lihat juga: Tips Membeli Kamera 600D Bekas.

Usia Kamera yang Sudah Tua
Kamera saja dapat mengalami penuaan, ya, Pembaca?

Terdengar aneh memang. Namun, walau bagaimana pun juga setiap barang yang kamu gunakan tetap memiliki umur masing-masing. Secanggih apapun alat elektronik yang kamu miliki, bila memang sudah hidup terlalu lama, masalah satu persatu akan terus bermunculan.

Seperti halnya layar vignet yang satu ini. Jika kamu memiliki kamera dengan umur yang sudah cukup tua, mulailah untuk berwaspada dengan munculnya vignet pada layar LCD kamera kamu. Dan satu-satunya cara untuk kamu dapat menghindarinya hanyalah dengan melakukan perawatan yang baik atau membeli kamera dengan umur yang jauh lebih muda.

Terdapat Kotoran pada Soket LCD
Untuk penyebab yang satu ini, mungkin kamu tidak dapat memeriksanya tanpa bantuan orang lain yang lebih handal di bidangnya.

Soket LCD yang kotor tentu dapat membuat layar LCD kamera kamu kedatangan vignet, karena dapat mengganggu proses peraliran listrik yang ada pada kamera kamu. Mungkin untuk penyebab yang satu ini, satu-satunya cara untuk menghindari atau memperbaikinya hanyalah dengan segera membawa kamera kamu ke tempat servis, nih, Pembaca!

Dan untuk kamu yang memang sudah terlanjur mengalami permasalahan berikut pada layar LCD kamera kamu, Banten Kamera akan dengan senang hati membantu kamu untuk memperbaiki layar vignet di setiap sudut pada kamera kamu.

Soal harga kamu tidak perlu khawatir, Banten Kamera akan memberikan harga terbaik mulai dari 400-600 ribuan tergantung dari jenis kamera yang kamu gunakan. Selain itu, kami juga akan memberikan garansi selama 60 hari untuk jaminan dengan hasil terbaik untuk kamera kamu.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: