Tips Membeli Kamera 600D Bekas | Blog Banten Kamera

Tips Membeli Kamera 600D Bekas

kamera DSLR 600D
Sumber foto : Google
Bagi para pecinta fotografi dan videografi, memiliki kamera merupakan suatu keharusan. Memiliki kamera berguna untuk membuat seseorang dapat belajar lebih banyak dan lebih sering. Dengan begitu, maka kemampuan fotografi dan videografi dapat berkembang dengan cepat. Berbeda jika tidak memiliki kamera, maka biasanya seseorang akan merasa kesulitan jika ingin belajar atau melatih kemampuan fotografi.

Kamera DSLR juga saat ini dimiliki oleh banyak orang, baik seorang fotografer maupun masyarakat yang memang tidak memiliki ketertarikan lebih terhadap fotografi. Biasanya mereka memiliki kamera untuk menunjang kebutuhan jika sewaktu - waktu terdapat kegiatan atau acara yang perlu didokumentasikan.

Meskipun fotografi dan videografi saat ini semakin banyak diminati serta eksistensi kegiatannya semakin tinggi, namun tidak semua orang memiliki kamera DSLR. Beberapa diantaranya berfikit bahwa kamera DSLR merupakan kamera dengan harga yang sangat tinggi sehingga sungkan untuk membelinya. Harga yang berjuta - juta tak mampu membuat seseorang mampu untuk memiliki kamera DSLR.

Namun jangan khawatir jika kalian merupakan seseorang dengan budget minim namun menginginkan kamera DSLR yang memiliki kualitas yang bagus, salah satu tipe kamera yang dapat direkomendasikan untuk kalian para pemula yang memnginginkan kamera dengan kualitas yang tidak terlalu standar salah satunya yaitu kamera DSLR 600D.

Ketika kalian hanya memiliki budget yang minim, tentu kalian akan kesulitan mendapatkan kamera yang baru. Salah satu cara yang dapa kalian lakukan yaitu dengan membeli sebuah kamera yang bekas/second.

Dalam membeli kamera second kalian tidak perlu khawatir akan kualitasnya, yang perlu kalian lakukan yaitu dengan mengecek beberapa hal agar kalian mendapatkan kamera 600D bekas/second dengan keadaan yang normal dan bagus. Berikut beberapa tipsnya :

Mengecek Layar
layar kamera DSLR 600D
Sumber foto : Google

Layar pada kamera 600D merupakan layar putar yang dapat diatur sedekimian rupa sesuai dengan kebutuhan, bagi kalian yang memang akan membeli kamera ini dalam keadaan bekas. Salah satu hal yang perlu kalian lakukan yaitu dengan mengecek layarnya, apakah dapat diputar dengan baik dan pastikan layar tidak sulit ketika diputar. Jika layar sulit diputar sebaiknya kalian tidak memilih kamera tersebut karena hal tersebut akan merugikan kalian serta sulit ketika digunakan.

Selain layar yang sulit diputar, pastikan kalian juga mengecek apakah layarnya dalam keadaan normal seperti layar tidak vignet serta LCD tidak retak atau mengalami kerusakan lain. Meskipun vignet tidak berpengaruh terhadap hasil namun tentu saja layar yang normal tetap terbaik untuk menjadi pilihan utama.
Lihat juga : Foto keren dengan kamera smartphone

Kabel USB dan Mic
Konektor DSLR
Sumber foto : Google

Bagi para videografer yang sering menggunakan rode video mic pro, tentu salah satu hal yang harus kalian lakukan untuk membeli kamera 600D bekas/second yaitu mengecek konektor USB atau konektor mic yang nantinya akan kalian gunakan. Meskipun hal ini terlihat sepela, namun hal ini merupakan salah satu hal yang penting yang dapat memudahkan kalian ketika menggunakan kamera.

Jangan sampai hal ini terlupakan oleh kalian karena akan membuat kalian merugi yang pada akhirnya kalian tidak dapat menggunakan konektor USB dan mic. Selain itu, kalian juga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki konektor USB dan video mic pro jika ternyata kalian membeli kamera dengan keadaan konektor rusak. 

Hasil Foto dan Video
foto
Sumber foto : Google

Selanjutnya, kalian juga sebaiknya mencoba untuk mengambil gambar dan video sebelum membeli kamera 600D. Hal ini perlu kalian lakukan untuk melihat seperti apakah hasil foto dan video yang dapat dihasilkan dari kamera yang akan kalian beli.

Dengan mencoba memotret dan merekam video kalian dapat melihat apakah di bagian lensa terdapat jamur atau di bagian sensor kamera terdapat debu atau kotoran yang akan membuat hasil foto muncul bintik putih atau hitam.

Untuk membeli kamera bekas, pastikan kalian teliti dan mengecek segala sesuatunya untuk mendapatkan kamera bekas terbaik, dimana kamera tersebut masih memiliki kualitas yang bagus dan mampu menghasilkan foto dan video yang bagus. Tentu hal ini juga akan mengurangi pengeluaran kalian karena harus memperbaiki bagian yang rusak jika kalian tidak mengecek kamera dengan baik.

Itulah beberapa tips yang perlu kalian lakukan ketika akan membeli kamera canon 600D bekas, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta mampu memberikan informasi bagi kalian yang sedang ingin membeli kamera 600D bekas. Selamat melakukan beberapa tips diatas.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: