Kamera Canon atau Nikon, Mana sih yang terbaik? | Blog Banten Kamera

Kamera Canon atau Nikon, Mana sih yang terbaik?

canon dan nikon
Sumber foto : Google
Bagi seorang fotografer, banyak yang harus dipertimbangkan ketika memilih sebuah kamera, mulai dari kualitas, hasil foto hingga sudah keterbiasaan dalam menggunakan merek tertentu membuat fotografer bertahan pada satu merek saja. Ketika aka membeli kamera DSLR, kebanyakan orang atau fotografer profesional lebih mengarahkan pilihannya kepada 2 merek ternama, kalau tidak canon ya nikon.

Hal tersebut terjadi karena 2 merek tersebut merajai dunia fotografi, baik di Indonesia sendiri maupun tingkat internasional. Fotografer yang satu mengatakan bahwa canon merupakan kamera yang terbaik setelah berbagai percobaan dan pencarian selama ini, namun fotografer yang lain tetap bertahan pada pilihannya untuk terus menggunakan kamera nikon karena itulah kamera yang terbaik.

Setiap orang maupun fotografer memiliki pendapatnya masing - masing, tidak sepenuhnya benar namun tidak sepenuhnya salah juga. Kamera canon dan nikon diproduksi oleh 2 perusahaan yang berbeda, dengan begitu pasti setiap hasil barang produksinya memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu jauh, terlebih tingkatan kamera yang diciptakan sama.

Baik canon maupun nikon mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya fotografer yang bertahan untuk menggunakan 2 merek tersebut untuk waktu yang lama, bahkan fotografer bertahan pada satu merek dari awal hingga akhir.

Setiap orang pasti menilai suatu hal juga dengan pandangan yang berbeda, hal itu juga berhubungan dengan selera masing - masing fotografer. Tidak dapat dikatakan benar atau salah jika membicarakan kualitas canon lebih bagus dari nikon, begitupun sebaliknya.

Masing - masing kamera memiliki keunggulan tersendiri yang keduanya mampu menghasilkan gambar yang tetap oke. Namun ada beberapa hal yang sedikit mencolok mengenai perbedaan antara keduanya, namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang besar yang serta merta dapat dikatakan bahwa kamera yang satu memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Baterai dan Autofokus
Sumber foto : Google

Mengenai daya tahan baterai yang lebih mengungguli pada beberapa tipe kamera yaitu nikon berada di posisi yang lebih baik, Bahkan pada beberapa kamera nikon dapat digunakan untuk mengambil foto 2 kali lebih banyak dari pada memotret menggunakan canon dalam satu kali pengisian baterai. Misalnya nikon dapat mengambil foto hingga 2000 foto untuk satu kali pengisian baterai penuh, namun canon hanya mampu mengambil 1000 foto hingga akhirnya daya baterainya habis.

Namun untuk tetap menjaga kualitas baterai kamera yang kalian gunakan, salah satu cara yang dapat kalian gunakan yaitu dengan merawat dan menggunakan baterai dengan baik. Seperti waktu pengisian daya, penggunaan charger baterai hingga penyimpanan baterai ketika tidak digunakan.

Mengenai autofokus, canon berada di posisi yang lebih baik dari nikon. Meskipun nikon juga memiliki autofokus namun kualitas keduanya sedikit berbeda, meskipun perbedaan keduanya bukanlah suatu hal yang sangat besar.

Beberapa orang menganggap canon lebih memiliki auto fokus dengan kinerja yang lebih baik dan lebih cepat. Berbeda dengan nikon yang kinerja auto fokusnya sedikit berada di bawah canon. Beberapa kamera pendahulunya, nikon bahkan belum memberikan fitur autofokus yang dipasang pada kamera atau lensanya.

Berbeda dengan canon yang sudah lebih dahulu mengeluarkan kamera yang dilengkapi dengan autofokus. Namun bagi kalian yang tidak suka atau bahkan jarang menggunakan autofokus ketika proses memotret tentu ini bukanlah suatu hal besar untuk kalian, sehingga tidak masalah jika kalian harus memilih antara keduanya dengan lebih cepat.

Kualitas Video
video
Sumber foto : Google

Masih berbicara mengenai kualitas autofokus pada kamera, kamera canon mengungguli nikon mengenai autofokusnya. Tidak hanya autofokus saat mengambil foto, canon memiliki autofokus yang lebih cepat dari pada nikon.

Bagi para videografer, tentu hal ini sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan merekam video, terlebih kamera yang kalian gunakan merupakan kamera dasar yang memang saat perekaman video tidak dapat menggunakan manual dan hanya bisa menggunakan autofokus.

Kecepatan autofokus juga sangat penting ketika mengambil sebuah video, hal ini akan membuat perekaman dapat selesai dengan waktu yang lebih cepat serta dengan mengunci fokus dengan cepat juga akan mampu menangkap momen secara kesuluruhan dan menghasilkan gambar yang bagus.

Penilaian mana merek yang lebih baik antara canon dan nikon bukanlah sesuatu hal yang perlu diperdebatkan, baik pengguna nikon maupan canon memiliki standar dan pendapatnya masing - masing. Meskipun terdapat perbedaan antara keduanya, hal tersebut merupakan hal yang wajar melihat produsen serta perusahaan masing - masing merek yang berbeda.

Jika salah satunya memiliki kualitas yang jauh lebih baik, sudah tentu merek yang satunya sudah mengalami penurunan daya beli. Namun faktanya kedua merek kamera baik canon dan nikon masih menenpati posisi yang baik hingga saat ini. Untuk dapat menilai dengan baik, yang dapat dilakukan adalah mencoba antara keduanya, dengan begitu kalian akan mendapatkan jawaban yang pasti serta sesuai juga dengan selera kalian.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, menambah informasi mengenai merek kamera serta dapat membantu kalian dalam menentukan merek kamera yang akan kalian pilih kedepannya. Selamat mencoba dan menentukan kamera pilihanmu.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: