Kamera yang Cocok untuk Pelajar atau Mahasiswa | Blog Banten Kamera

Kamera yang Cocok untuk Pelajar atau Mahasiswa

photography
Sumber foto : Google
Terkadang muncul sebuah pertanyaan yang diajukan oleh seorang pelajar dan mahasiswa tentang kamera apa yang sebaiknya mereka gunakan. Hal ini biasanya dilakukan karena masih minimnya
pengetahuan mereka mengenai jenis kamera sebab mereka baru saja mulai memasuki dunia fotografi. Dunia fotografi semakin merambah ke berbagai kalangan, beberapa diantaranya yaitu merambah dalam dunia pelajar dan mahasiwa.

Hal ini tentu memang baik untuk dipertanyakan karena dengan begitu maka aka semakin banyak kaum millenials yang memiliki keterampilan, khususnya dalam bidang fotografi dan videografi. Semakin banyak kalian mempelajari hal baru maka semakin bertambah juga kemampuan serta kualitas diri. Terlebih fotografi dan videografi menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai positif. Semakin banyak kalian berlatih, maka akan semakin banyak karya yang kalian ciptakan.

Beberapa pelajar dan mahasiswa yang baru mengenal dunia fotografi terkadang masih merasa bingung harus memilih kamera mana yang harus dipilih. Biasanya mereka juga khawatir mengenai kualitas, ketahanan serta harga dari sebuah kamera yang aka dibeli. Namun bagi kalian pelajar dan mahasiswa yang sedang dalam posisi ini, kalian tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Artikel ini memberikan beberapa rekomendasi kamera DSLR dan mirrorless yang dapat kalian pilih. Tidak hanya harganya yang ekonomis dan tidak membuat kantong jebol, namun kualitas juga menjadi salah satu pertimbangan utama. Berikut beberapa daftar rekomendasi kamera serta penjelasannya :

Panasonic Lumix DMC-GF8
Panasonic Lumix DMC-GF8
Sumber foto : Google

Kalian pecinta kamera model vintage? Nah kamera ini cocok untuk kalian pelajar dan mahasiwa yang juga mencintai barang vintage, kalian dapat menemukan kedua kesukaan kalian dalam satu benda. Meskipun memiliki body yang vintage, namun kamera ini merupakan kategori kamera mirrorless.

Kamera ini memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang lumayan terjangkau, panasonic Lumix DMC-GF8 memiliki resolusi gambar sebesar 18MP serta dilengkapi dengan CMOS (complementary metal oxide semiconductor) sensor.

Dengan menggunakan CMOS sensor, kamera ini mampu untuk mengambil gambar dengan cepat dan banyak hanya dengan satu detik. Bagi kalian yang sangat suka foto, tentu hal ini membantu kalian untuk mendapatkan hasil foto yang lebih banyak.

Kelebihan lain yang didapatkan dengan menggunakan CMOS sensor yaitu penggunaan baterai kamera yang lebih awet, berbeda dengan kamera yang masih menggunakan sensor CCD (charge coupled device).

Kamera ini dilengkapi dengan ISO minimal 200 hingga 25600, bagi yang suka membuat video seperti film, video pendek atau vlog kalia dapat menggunakan kamera ini. Kamera ini kualitas video full HD 1920x1080. Untuk kalian yang berminat untuk membeli kamera ini, harga yang ditawarkan yaitu 5,7 juta rupiah.

Fujifilm X-A10
Fujifilm X-A10
Sumber foto : Google

Mampu menghadirkan kualitas kamera yang tidak kalah keren, fujifilm X-A10 memberikan harga yang lebih murah dari kamera diatas, namun begitu fujifillm tetap memberikan kualitas kamera serta yang keren serta mampu menghasilkan gambar yang bagus. Kamera ini memiliki resolusi sebesar 16.3MP dengan sensor yang sama dengan panasonic Lumix DMC-GF8 yaitu sensor CMOS.

Dilengkapi dengan LCD flip yang memudahkan kalian ketika swafoto atau membuat vlog. Ditambah dengan resolusi video full HD yang membuat hasil video kalian menjadi lebih kece, selain itu kamera ini dilengkapi dengan lensa 16-50mm dengan aperture terkecil f/3.5-5.6.

Aperture dengan angka tersebut memang kurang baik ketika akan mengambil foto bokeh. Desain yang ramping membuat kamera ini lebih mudah untuk dibawa serta kemanapun tanpa harus memerlukan tempat yang terlalu besar. Namun kelemahan pada kamera ini, kalian tidak akan bisa menggunakan lampu eksternal karena fujifillm X-A10 tidak memiliki hot shoe yang biasanya digunakan untuk menjadi dudukan flash eksternal.

Sebagai penggantinya, kalian bisa menggunakan flash internal yang telah disediakan oleh kamera ini. Jika berminat untuk memiliki kamera ini, biaya yang harus kalian keluarkan yaitu sebesar 5,1 juta rupiah. Tentu lebih murah dari kamera mirrorless diatas.

Canon 1300D
Canon 1300D
Sumber foto : Google

Selanjutnya beralih ke kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex), kamera ini merupakan kamera entry level atau level dasar yang biasaya banyak digunakan untuk pemula. Untuk itu kamera ini sangat cocok bagi kalian pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan kamera DSLR untuk kegiatan fotografi. Kamera DSLR 1300D merupakan kamera level dasar terbaru, dibandingkan dengan pendahulunya 1100 dan 1200D yang sudah memasuki 1 dekade sejak saat perilisan.

Kamera ini memiliki nama yang berbeda di daerah asal pembuatannya, di Amerika kamera ini dinamakan dengan Rebel T6. Meskipun memiliki nama yang berbeda, baik Rebel T6 dan 1300D
memiliki bentuk fisik yang sama.

Resolusi kamera ini yaitu 18MP ditambah dengan titik fokus sebanyak 9 titik, hal ini tidak mengalami perubahan titik fokus dari kamera pendahulunya. Rentang ISO pada kamera ini yaitu 100 hingga 6400. Harga baru dari kamera ini yaitu 5 juta rupiah, harga yang ekonomis untuk pelajar dan mahasiswa.

Nikon D3300
Nikon D3300
Sumber foto : Google

Bagi para pelajar pecinta Nikon, kamera ini cocok bagi kalian pelajar dan mahasiswa pemula. Selain memiliki harga yang murah Nikon D3300 juga menyuguhkan kualitas foto dan video yang bagus. Kamera DSLR ini memiliki resolusi gambar 24.2MP serta memiliki shutter speed tercepat hingga 1/4000.

Kamera ini memiliki resolusi maksimal 6016 x 4000 dengan menggunakan sensor CMOS. Bagi kalian yang akan sering menggunakan kamera DSLR untuk waktu yang lama, seperti hunting foto dengan waktu ber jam - jam lamanya, cocok bagi kalian untuk menggunakan kamera ini karena bobot kamera ini tidak terlalu berat. Bobot kamera ini yaitu 439 gram, cukup ringan bagi kalian yang akan membawa kamera ini dengan intensitas yang sering dan dipegang dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa rekomendasi kamera baik DSLR maupun mirrorless yang dapat kalian pilih sebagai pelajar dan mahasiswa yang masih dalam tahap pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta membantu kalian dalam menentukan kamera terbaik.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: