3 Alasan Autofocus Lensa Kamera Tidak Berfungsi

Autofocus Lensa Bermasalah
Foto: Digital Trends
Lensa kamera mempunyai teknologi yang canggih, dimana lensa kamera sangat mudah untuk menemukan berbagai objek yang kita inginkan dengan cara otomatis.

Fitur pencari objek otomatis ini diberi nama autofocus, autofocus merupakan fitur lensa yang sudah rata-rata ditanamkan pada beberapa lensa terbaru sekarang ini.

Dengan adanya autofocus sebenarnya menjadi lebih mudah ketika ingin menangkap momen dengan cepat, tanpa memikirkan apakah fokus kamera berjalan dengan baik atau tidak fokus.

Akan tetapi, autofocus pada lensa tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar, karena komponen yang ada di dalam lensa tentu mempunyai masa pakainya tersendiri. Itulah sebabnya terkadang autofocus menjadi mati atau tidak berfungsi.

Sebenarnya banyak alasan penyebab kenapa autofocus pada lensa kamera tidak bisa berjalan dengan normal atau mati, tetapi disini Banten Kamera mencoba membantu dengan alasan-alasan umum yang biasa terjadi pada autofocus lensa.

Autofocus Lensa Bermasalah

Kabel AF Fleksible Putus
Kabel AF Fleksible Putus
Foto: Youtube

Alasan pertama yang menjadi penyebab utama tidak berfungsinya autofocus pada lensa yaitu kabel af fleksible putus, sehingga penghubung autofocusnya dengan kamera tidak berjalan semestinya.

Motor Lensa Bermasalah
Motor Lensa Kamera
Foto: DPReview

Jika kabel af normal dan tersambung tidak ada terputus, maka masalah selanjutnya ada pada bagian motor lensa. Motor ini merupakan penggerak lensa atau mesinnya lensa, kalau lensa susah fokus atau digerakkan, maka bisa jadi masalahnya ada pada motor lensa.

Kurang Rapatnya Pemasangan
Kurang Rapatnya Pemasangan
Foto: Youtube

Jika semua di atas sudah dilakukan dengan benar, dan setelah dicoba ternyata autofocus lensa tetap tidak bisa berjalan. Maka perlu dilihat lagi bagian-bagian af, sikat, range, apakah terpasang dengan benar dan tepat.

Sebenarnya tanpa autofocus, lensa masih bisa digunakan secara manual focus. Memang sedikit ribet dan kesusahan ketika mencari fokusnya. Karena kita sendiri yang mencari fokus, dan itu pastinya membutuhkan ketelitian dan waktu.

Lihat juga: Hasil Foto Keren Menggunakan Lensa Kit 18-55mm.

Maka itulah kenapa orang lebih menggunakan autofocus, yang mudah digunakan dan tidak perlu memerlukan waktu yang lama.

Tapi, akan berbeda ketika kamu mengambil objek pemandangan atau untuk foto-foto yang objeknya tidak bergerak dan tidak membutuhkan waktu yang cepat, maka manual focus bisa menjadi solusi yang pas.

Dengan mengetahui alasan autofocus lensa tidak berfungsi di atas, tentunya kamu sedikit paham masalah teknis yang ada pada lensa, memang kamu tidak perlu untuk membuka sendiri, tetapi ketika dibawa ke tempat service, kamu sedikit paham apa yang dibicarakan teknisinya.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: