Cara Membersihkan Sensor Kamera dengan Profesional | Blog Banten Kamera

Cara Membersihkan Sensor Kamera dengan Profesional

Cara Membersihkan Sensor Kamera
Foto: Lens Rentals
Debu merupakan musuh terbesar masalah kamera, karena kita tahu bahwa kamera memiliki komponen yang cukup rumit dan sensitif terhadap berbagai masalah seperti benda-benda halus seperti debu.

Dan debu sendiri mudah sekali masuk ke bagian-bagian kecil yang berada pada kamera, oleh karena itu perlunya cara khusus perawatan kamera, tidak sembarangan begitu saja.

Seperti saat penyimpanan memerlukan tempat khusus seperti dry box, sehingga kelembaban atau debu sulit untuk masuk ke dalam bagian kamera. Apa lagi ketika saat mencoba membersihkan bagian kamera dan lensa, bisa saja bertambah parah atau bukannya menjadi lebih bersih.

Tentu hal ini bisa terhindari ketika kamu paham cara membersihkan bagian-bagian kamera atau lensa dengan benar. Seperti bagian sensor kamera, sensor kamera bagian terpenting yang ada di kamera.

Dengan adanya sensor yang bersih, tentu bisa menghasilkan foto yang begitu jernih pula. Apa lagi kamu orangnya kurang teliti terhadap suatu barang, maka hendaknya hati-hati dalam membuka atau melihat bagian sensor, apa lagi untuk membersihkannya.

Tidak sembarangan orang bisa membersihkan sensor kamera, jika sedikit saja ada kesalahan, maka kamera kamu tidak akan bisa digunakan lagi, saat pengambilan gambar tidak akan terlihat jelas, ketika sensornya bermasalah.

Penyebab Sensor Kotor atau Berdebu

Sensor kamera bisa kotor atau berdebu disebabkan oleh proses penggantian lensa dengan lensa yang lainnya, sehingga debu atau kotoran bisa masuk dengan mudah.

Tetapi jika tidak pernah mengganti lensa, maka kemungkinan sensor kotor dikarenakan proses zooming lensa atau putaran lensa, sehingga debu atau kotoran yang ada pada lensa jatuh ke bagian sensor kamera.

Lihat juga: Penyebab Kamera DSLR Mati yang Bisa Saja Terjadi.

Kotoran yang ada pada lensa tidak begitu menggangu ketika kamera digunakan, tetapi saat menggunakan live view, mode video, atau aperture kecil, maka akan terlihat jelas kotoran pada sensor.

Itulah mengapa pentingnya menjaga dan merawat kamera agar tetap bersih, sebenarnya bukan saja pada sensor, tetapi pada elemen-elemen kamera lainnya seperti view finder, mirrorr, dan lensa.

Membersihkan Sensor Kamera

  1. Pertama pastikan terlebih dahulu letak kotoran yang ada pada sensor dengan cara foto ke bagian langit saat siang hari atau ke bagian-bagian yang putih dan bersih.
      
  2. Setelah mengetahui letak kotoran yang akan di bersihkan, sediakan tempat yang bersih dan terhindar dari berbagai macam kotoran atau debu disekitar tempat cleaning.
      
  3. Gunakan alat pembersih yang resmi seperti VSGO APS-C Sensor Cleaning Kit.
      
  4. Usapkan perlahan dengan menggunakan swap (alat cleaning sensor) yang sudah diberi sedikit cairan khusus.
      
  5. Untuk 1 swap bisa digunakan bolak balik, dan kemudian jangan gunakan lagi, karena normalnya swap cleaning hanya untuk sekali pakai.
       
  6. Pembersihan menggunakan cotton bud normal-normal saja, hanya saja ada beberapa bagian yang pastinya tidak akan sesempurna dengan menggunakan swap.
Dengan menggunakan cara membersihkan sensor kamera di atas, pastinya tidak perlu lagi bingung cara membersihkannya bagaimana, memang sedikit perlu kesabaran, karena jika tidak akan menjadi lebih mahal biaya yang kamu keluarkan untuk biaya service kamera kamu.

Merawat kamera memang perlu ketelatenan khusus, tidak begitu saja seperti alat yang dipakai dengan mudah, karena kamera khususnya untuk DSLR atau Mirrorless peru perawatan khusus tidak seperti kamera pocket atau prosumer. 
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: