Penyebab Kamera DSLR Mati yang Bisa Saja Terjadi

Penyebab Kamera DSLR Mati
Sumber foto: Fstoppers
Berbagai macam yang bisa terjadi pada kamera yang sedang kamu gunakan, bisa saja terjatuh, tersenggol, atau terkena cairan. Itulah hal umum yang biasanya terjadi pada kamera sehingga harus membuat kamu mengasingkan kameramu.

Kamera rusak atau mati total biasa terjadi pada kamera-kamera yang sudah berumur tua, tapi tidak menutup kemungkinan untuk kamera yang masih baru kamu beli dan langsung mati begitu saja.

Dan pastinya kamera mati total tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kena cairan, jatuh dari ketinggian, salah penggunaan, dan masih banyak lagi. 

Dengan berbagai macam faktor tersebut, bisa menyebabkan kamera kamu menjadi rusak dan mati, kerusakan tersebut bisa terjadi pada konektor, layar lcd, slot memory, dan bagian mesin kamera.

Lebih parahnya lagi, kamera kamu mati total secara tiba-tiba begitu saja. Tentu ini akan sedikit membuat kamu sok atau bingung saat kamera seperti ini.

Untuk mengatasi kamera yang mati, tentu kita harus memahami terlebih dahulu penyebab dari matinya kamera tersebut, dengan begitu menjadi lebih mudah ketika akan service atau memperbaiki kameranya.

Penyebab Kamera Mati

Kamera Terjatuh
Sumber foto: Maniado

Hal pertama yang menjadi faktor penyebab kamera mati yaitu kamera terjatuh, kamera terjatuh bisa menjadi masalah utama yang sering terjadi, dan ini tentu kita sudah tahu bahwa ketika ada barang yang jatuh, pada bagian dalamnya akan mendapatkan goncangan.

Dengan adanya goncangan tersebut, maka akan ada pergesaran, lepas, atau bahkan patah, sehingga tidak bisa menyala seperti normal.

Kerusakan pada Bagian Baterai
Baterai Kamera
Sumber foto: Lifewire

Ketika kamu sudah mencoba charger baterai hingga full, dan sudah mencoba baterai dengan yang lainnya, tetapi kamera kamu tetap mati dan tidak bisa menyala. Maka besar kemungkinan masalahnya ada pada bagian alur baterainya.

Kerusakan ini terjadi disebabkan karena besarnya tegangan pada baterai, pemakaian baterai yang kurang benar, dan adanya putus atau terlepas pada bagian dalam tempat baterai.

Terkena Cairan
Kamera Terendam
Sumber foto: cinema5D

Tentu kita sudah tahu bahwa hampir semua peralatan elektronik sangat mudah sekali bermasalah ketika terkena cairan, baik air tawar atau pun air laut. Cairan dapat merusak bagian-bagian board dan saluran elektronik atau kamera, sehingga terjadilah mati.

Lihat juga: Tips Agar Kamera dan Lensa Tidak Berjamur.

Maka saat kameramu terkena air hujan atau cairan yang tidak disengaja, bisa saja itulah penyebab utama kamera mati dan tidak bisa menyala.

Konsleting Kartu Memori
Kartu Memori Kamera
Sumber foto: Camera Memory Speed

Banyak yang menyepelekan kartu memori bahkan tidak tahu bahwa hanya dengan sekeping kartu memori, bisa membuat kamera menjadi mati. Slot memori mempunyai cara untuk membaca berbagai macam data yang ada pada memori, jika ada terjadi error atau masalah pada memori, bisa langsung menyebar ke bagian mesin kamera.

Misal penggunaan kartu memori dengan adapter, jenis memori ini membuat kamera membaca data yang ada pada kemera lebih panjang yaitu dua proses, dengan begitu bisa saja terjadi konsleting saat pembacaan kartu memori.

Dengan terjadinya konsleting, maka kamera kamu bisa langsung mati total. Maka Banten Kamera menyarankan untuk kamu menggunakan memori yang langsung bukan adapter, memang sedikit ribet ketika kamera tersebut belum ada fitur wifi/bluetooth, sehingga cukup susah untuk proses pengiriman.

Dibanding dengan memori adapter yang bisa di pindahkan datanya ke perangkat Android. Tetapi tetap ada kelebihan dan kekurangan saat menggunakan memori adapter.

Tombol Power Bermasalah
Power Kamera
Sumber foto: Youtube

Ketika kamu memasukan memori ke kamera, dan lampu indikator berkedip merah atau menyala, itu artinya kamera kamu normal.

Akan tetapi ketika kamu on/off dan tidak ada respon apapun, maka bisa jadi masalah kamera kamu mati ada pada tombol powernya. Dan yang bisa kamu lakukan yaitu membawa kamera kamu ke teknisi yang berpengalaman.

Banyak sekali masalah yang bisa saja terjadi pada kamera, sehingga membuat kamera menjadi mati total. Tetapi dengan mengetahui penyebab kamera mati, bisa membuat kamu paham hal-hal apa saja yang seharusnya tidak dilakukan dan yang harus dilakukan.

Dengan begitu kamera kamu menjadi lebih awet dan pastinya setia untuk selalu menemani kamu dalam berpetualangan mengambil berbagai macam momen yang ingin kamu abadikan.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: