Cara yang Benar Membuka Lensa Kamera

Cara Membuka Lensa Kamera
Foto: Photo Insomnia
Setiap merk kamera mempunyai cara penggunaan yang berbeda-beda, inilah yang harus dipahami ketika kamu menggunakan kamera tersebut.

Sebagai contoh merk canon dan nikon, 2 merk ini terkenal sekali dalam jenis kamera DSLR, tetapi dalam penggunan atau mengoperasikannya jauh berbeda sekali, ada orang yang kesulitan menggunakan kamera nikon ada juga kamera canon malah lebih sulit.

Sebenarnya perbedaan ini pasti menjadi nilai kelebihan di setiap tipe atau merk, tapi masalahnya terkadang dengan adanya cara yang berbeda ini menjadi lebih susah ketika mengganti-ganti kamera atau lensa.

Misal saja untuk mengganti lensa, maka berbeda merk berbeda pula cara penggunaanya.

Adapun cara yang benar atau tepat ketika ingin mengganti lensa maka dibutuhkan ketepatan saat mencocokan ring, karena dengan begitu saat memasang lensa tidak asal atau sembarangan saja.

Cara Membuka Lensa Kamera

Lensa Canon
Lensa Canon
Foto: Wirecutter

Saat akan membuka lensa canon, cukup diputar ke arah kiri atau berlawan arah jarum jam, sebenarnya ini sudah umum karena hampir di setiap membuka baut selalu putar ke arah kiri. Maka di lensa canon cara itu berlaku juga.

Lihat juga: Mengenal Perbedaan Lensa EF dan EF-S.

Pertama tekan dahulu tombol di sebelah kiri lensa atau di depan body kamera, di tekan dan tahan terus dan putar lensa ke kiri hingga terlepas.

Lensa Nikon
Foto: Wirecutter

Sedangkan untuk merk nikon maka cukup berbeda. Caranya berlawanan dari merk canon, pertama tekan tombol di body kamera samping lensa, setelah itu putar ke arah kanan, maka lensa akan terlepas.

Lensa Fujifilm
Lensa Fujifilm
Foto: Wirecutter

Untuk kamera merk fujifilm sama dengan kamera canon, saat melepaskan lensa cukup tekan tombol sebelah kiri atau di depan body kamera, selanjutnya putar lensa secara perlahan dengan ditekan terus tombol pada kamera.

Dengan begitu lensa akan terlepas, perlu diingat saat melepaskan lensa harus perlu hati-hati, jangan dipaksa lepaskan ketika lensa keras tidak bisa diputar, bisa jadi kamu belum menekan tombol yang ada di samping lensa atau di depan body kamera.

Tapi, dengan cara yang benar melepas lensa kamera pastinya kamu bisa paham, bahwa untuk setiap kamera mempunyai cara sendiri untuk melepaskan lensa dari body kamera.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: