Rekomendasi 5 Lensa Kamera yang Cocok untuk Travelling | Blog Banten Kamera

Rekomendasi 5 Lensa Kamera yang Cocok untuk Travelling

Rekomendasi 5 Lensa Kamera yang Cocok untuk Travelling
Sumber foto: Stephanie Clairmont

Saat kamu akan pergi travelling, entah itu hanya pergi ke luar kota atau bahkan hingga ke luar negri, salah satu hal paling penting yang wajib kamu bawa pastinya adalah kamera kamu sendiri.

Namun, selain harus membawa sebuah kamera, kamu juga perlu banget untuk memilih sebuah lensa yang cocok dengan objek foto kamu nantinya.

Dan jika kamu bingung untuk memilih lensa mana yang cocok untuk kamu bawa serta, lebih baik pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal-hal ini :

1. Bobotnya
Lensa DSLR
Sumber foto: DPReview

Saat kamu sedang pergi travelling, tentu kamu tidak mau, 'kan, jika harus membawa barang yang terlalu berat?

Memilih sebuah lensa yang sesuai pun harus demikian. Bobot sebuah lensa bisa mencapai hingga lebih dari 500 gram. Belum lagi jika ditambah dengan barang-barang perlengkapan kamu yang lainnya. Kamu tentu tidak mau, dong, perjalanan kamu menjadi sangat melelahkan hanya karena membawa banyak barang bawaan?

Namun, jika kamu benar-benar ingin membawa lensa kamera kamu yang berbobot besar, mungkin kamu perlu meminimalisir barang bawaan kamu yang lainnya agar tidak memberatkan kamu selama perjalanan.

2. Pilih Sesuai Objek Foto Kamu
Lensa wide untuk pemandangan alam
Sumber foto: Photo Jeepers

Memilih lensa dengan mempertimbangkan objek apa yang akan kamu abadikan, akan semakin mempermudah perjalanan kamu nantinya.

Mungkin jika kamu akan pergi ke beberapa tempat wisata alam, lensa yang cocok untuk kamu bawa adalah jenis lensa wide. Lensa wide memiliki jarak pandang yang luas sehingga akan memudahkan kamu untuk memotret momen indah di hadapan kamu.

   Lihat juga: Macam-macam Lensa Kamera DSLR

Lain lagi jika kamu akan pergi ke kota-kota yang menyajikan beragam jenis budaya khas yang akan menarik perhatian kamu, ada baiknya jika kamu menggunakan lensa fix untuk kamu bawa serta dengan kamera DSLR kamu. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang semakin seru saat menggunakan lensa fix.

3. Aperture pada Lensa

Memilih lensa dengan nilai aperture yang tepat, juga akan semakin membuat hasil foto kamu menjadi lebih baik.

Semakin lebar aperture pada lensa kamu, akan semakin menimalisir kamu dalam penggunaan ISO pada kamera kamu. Hal ini juga akan mengurangi efek noise pada foto kamu nantinya. Menggunakan bukaan lensa yang lebar pun juga lebih baik digunakan pada keadaan pencahayaan yang minim, terutama pada malam hari.

4. Focal Length pada Lensa
Grafik focal length
Sumber foto: Nikonites

Selain nilai aperture, kamu juga perlu mempertimbangkan jarak Focal Length pada lensa kamu. Semakin besar angka focal length maka akan semakin mempermudah kamu dalam memotret pada jarak jauh tanpa harus membuat kamu berjalan mendekat. Hal sebaliknya berlaku pada angka focal length yang semakin kecil.

Namun jika kamu menggunakan lensa dengan focal legth yang kecil kamu bisa mendapatkan sudut pandang foto yang semakin lebar.

Setelah kamu mempertimbangkan keempat hal tersebut, maka kami akan mulai merekomendasikan kepada kamu 5 lensa kamera yang cocok digunakan saat travelling.

Tokina 11-16mm f/2.8
Tokina 11-16mm f/2.8
Sumber foto: JuzaPhoto

Untuk kamu yang ingin menggunakan lensa wide, yang satu ini mungkin akan sangat cocok untuk kamu bawa dan gunakan saat akan memotret keindahan alam.

Angka f/2.8 yang tertera akan sangat berguna sekali saat kamu akan pergi jalan-jalan pada malam hari dan ingin memotret beberapa momen baik yang terjadi. Selain itu lensa ini memiliki angka aperture konstan, yang akan memungkinkan kamu untuk tetap mendapatkan lebar bukaan lensa yang sama walaupun kamu memperbesar gambar hingga focal length maksimalnya.
Hasil foto dengan menggunakan Tokina 11-16mm f/2.8
Sumber foto: Scott Scheetz

Lensa Tokina merupakan lensa super wide, sehingga akan menimbulkan efek distorsi yang cukup mudah terlihat pada fotonya. Mungkin dalam hal ini kamu perlu memanfaatkannya dengan sangat baik agar tidak menghasilkan foto yang kurang sedap dipandang.

Canon 55-250mm f/4-5.6
Canon 55-250mm f/4-5.6
Sumber foto: eGlobal Center

Lensa ini selain memiliki nilai focal maksimumnya yang cukup tinggi, kamu juga bisa mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang baik dengan harga yang cukup murah.

Dengan menggunakan lensa tele ini kamu bisa memotret objek yang cukup jauh seperti memotret bulan pada malam hari misalnya. Jadi kamu tidak perlu mencari spot memotret yang tinggi untuk mendapatkan foto bulan yang baik.
Hasil foto lensa Canon 55-250mm f/4-5.6
Sumber foto: DPReview

Untuk kamu yang senang dengan foto dengan efek bokeh juga akan sangat cocok menggunakan lensa kamera yang satu ini.

Nikkor AFS 70-300mm f/4-5.6
Nikkor AFS 70-300mm f/4-5.6
Sumber foto: Gumtree

Satu lagi lensa tele yang cocok untuk kamu gunakan saat travelling adalah lensa yang satu ini, nih, Pembaca!

Lensa ini akan sangat cocok jika kamu memiliki kamera Nikon yang belum tersedia motor fokus seperti D3100 atau jenis yang lainnya.
Hasil foto lensa Nikkor AFS 70-300mm f/4-5.6
Sumber foto: Pixalo

Selain itu focal legth maksimalnya yang cukup tinggi sebesar 300 mm, membuat kamu dapat memfokuskan satu objek yang cukup jauh disaat kamu tidak bisa mendekati objek tersebut.

Canon 50mm f/1.4
Canon 50mm f/1.4
Sumber foto: ePHOTOzine

Jika kamu ingin menggunakan sebuah lensa fix, lensa yang satu ini mungkin akan sangat cocok digunakan oleh kamu.

Lensa ini sudah dilengkapi dengan USM atau Ultra Sonic Motor yang bekerja pada auto focus, sehingga kamu bisa menggunakannya jika kamu tengah mencari lensa dengan auto focus yang cepat. Selain itu bentuknya yang mungil akan sangat mudah kamu bawa kemanapun saat sedang melakukan perjalanan yang cukup jauh.
Hasil foto lensa Canon 50mm f/1.4
Sumber foto: Photography on the net

Efek bokeh lembut yang akan dihasilkannya pun pastinya dapat langsung membuat kamu jatuh hati.

Yongnuo 50mm f/1.8
Yongnuo 50mm f/1.8
Sumber foto: AliExpress.com

Lensa fix lainnya yang akan cocok digunakan untuk menemani perjalanan kamu adalah, lensa Yongnuo, Pembaca.

   Lihat juga: Spesifikasi dan Review Kualitas Lensa Yongnuo

Banyak yang bilang, bahwa lensa Yongnuo yang satu ini cukup mirip dengan lensa Canon 50mm f/1.8. Bedanya saja mungkin kamu akan dengan mudah mendapatkan lensa yongnuo karena harganya yang cukup murah, yaitu berkisar Rp 750.000 saja.
Hasil foto lensa Yongnuo 50mm f/1.8
Sumber foto: Kelasfotografi.com

Namun walaupun harganya cukup murah, kualitas yang diberikan juga jangan dipandang sebelah mata. Lensa ini memiliki jarak fokus minimum sebesar 45mm, jarak umum yang bisa kamu dapatkan dari lensa fix lainnya.

Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang cukup tajam saat menggunakan lensa ini pada aperture f/4.

Jadi, itulah rekomendasi 5 lensa kamera dari kami yang cocok untuk kamu gunakan saat travelling. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta tidak lagi membuat kamu bingung untuk memilih lensa mana saat akan pergi jalan-jalan, ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: