Cara Membersihkan Kamera Mirrorless | Blog Banten Kamera

Cara Membersihkan Kamera Mirrorless

Cara Membersihkan Kamera Mirrorless
Sumber foto: Sam Hurd

Dalam menjadi seorang fotografer, kamu tentu perlu tahu cara perawatan kamera dengan benar agar kamera kamu juga nantinya dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Apapun merk kamera kamu, apapun tipe kamera kamu, kamu tetap perlu memberi perawatan lebih terhadapnya agar bisa terus kamu gunakan sebaik mungkin. Kamera yang berdebu atau kamera yang kotor, akan memberikan hasil foto kamu menjadi tidak maksimal.

Untuk itu kami akan memberikan sebuah tips kepada kamu, dalam cara membersihkan kamera mirrorless kamu dengan baik dan benar.

Sebenarnya tidak banyak perbedaan yang perlu kamu lakukan dalam membersihkan kamera mirrorless maupun kamera DSLR karena mereka sama-sama menggunakan lensa, juga sama-sama memiliki sensor pada kamera tempat dimana biasa debu sering menempel.

   Lihat juga: Cara Menghilangkan Debu pada Viewfinder DSLR

Kali ini, kami akan berbagi ilmu pengetahuan kepada kamu dalam membersihkan dua komponen kamera mirrorless tersebut.

Membersihkan Lensa Kamera Mirrorless
Lensa kamera mirrorless
Sumber foto: Wirecutter

Bila kamu memiliki sebuah kamera, sebaiknya kamu juga perlu memiliki cleaning kit khusus untuk membersihkan kamera kamu. Karena nantinya ini akan sangat berguna untuk membantu kamu dalam membersihkan debu atau kotoran lainnya yang menempel pada kamera kamu.

Sebelum kamu memulai, kamu perlu mengingat bahwa melakukan pembersihan terhadap kamera sebaiknya dilakukan di tempat yang bersih dan kering. Serta dalam membersihkan sesuatu yang sangat sensitif, usahakan saja untuk tidak menyentuh layar lensa kamera kamu atau lebih baik gunakan sarung tangan.
Cleaning kit untuk kamera
Sumber foto: eBay

Alat pertama pada cleaning kit yang dapat kamu gunakan dalam melakukan pembersihan terhadap lensa kamera adalah air blower. Gunakan air blower ini untuk meniup debu dan kotoran pergi dari lensa kamera kamu.

Jika cara itu masih tetap membuat debu atau kotoran tertinggal, selanjutnya gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan debu dari lensa kamera kamu.

Namun, bila hal inipun masih kurang tepat untuk membersihkannya, gunakan cairan pembersih lensa, kemudian teteskan pada kain mikrofiber kamu dan mulailah untuk kembali menyapu bersih lensa kamera kamu. Ingatlah untuk tidak meneteskan cairan ini langsung pada lensa kamera kamu.

Lakukan hal yang sama pada sisi belakang lensa.

Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless
Sensor kamera mirrorless
Sumber foto: YouTube

Selain pada lensa, sensor kamera juga merupakan salah satu tempat debu atau kotoran biasa berkumpul. Mungkin kamu perlu banget untuk mencurigai sensor kamera kamu jika setelah membersihkan lensa kamera, ternyata masih ada saja gangguan berupa bayangan hitam pada hasil foto kamu.

Untuk membersihkan sebuah sensor pada kamera mirrorless, mungkin akan lebih terdengar sulit daripada membersihkan lensa kamu, mengingat sensor kamera adalah komponen yang sangat sensitif dan mudah sekali tergores.

Sebelum kamu mencoba membersihkan sensor kamera kamu secara manual, cobalah untuk terlebih dahulu membersihkan sensor kamera kamu secara otomatis dengan memilih opsi 'Cleaning mode' pada kamera kamu lalu tunggu hingga getaran berhenti.
Membersihkan sensor kamera mirrorless
Sumber foto: Lens Rentals

Bila kamu masih merasa bahwa pembersihan otomatis ini masih kurang, sekarang mulailah untuk membuka lensa kamera kamu, kemudian gunakanlah air blower (lagi). Untuk informasi saja, alat ini akan sangat berguna untuk kamu dalam melakukan pembersihan pada kamera secara umum.

Saat kamu menggunakan air blower, biarkan kamera kamu menghadap ke arah bawah, agar pada saat  air blower meniup pergi debu dan kotoran, partikel itu akan langsung jatuh ke bawah. Jangan menggunakan air blower terlalu dekat dengan sensor kamera kamu, ya. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak menggores sensor kamera kamu.

Namun, jika masih ada debu yang tertinggal coba gunakan alat khusus lainnya atau bila kamu tidak memilikinya gunakan saja cotton bud yang telah diberi cairan pembersih untuk membersihkan sisa-sisa partikel asing di sensor kamera kamu.

Untuk lebih jelasnya, kami akan menyantumkan kedua video tata caranya untuk kamu.

Jadi, itulah cara membersihkan kamera mirrorless kamu agar dapat terus awet sera dapat terus menghasilkan foto yang lebih berkualitas untuk kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya, Pembaca!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: