Cara Mengatasi Kode Error Pada Kamera Nikon | Blog Banten Kamera

Cara Mengatasi Kode Error Pada Kamera Nikon

Cara Mengatasi Kode Error Pada Kamera Nikon

Cara Mengatasi Kode Error Pada Kamera Nikon. Terasa menyebalkan memang, bila kamu menjumpai sejumlah masalah pada saat sedang asyik-asyiknya memotret berbagai momen baik yang ada di hadapan kamu. Terutama jika yang muncul adalah beberapa kode error yang bahkan tak dapat kamu mengerti apa maunya.

Oleh karena itu, kamu perlu banget untuk mengetahui beberapa arti kode error serta cara dalam mengatasinya pada kamera Nikon kamu.

Arti Kode Err
Tidak seperti kamera DSLR Canon, Nikon justru mendesain kameranya dengan tidak menjelaskan secara detail permasalahan error yang terjadi pada kamera DSLR kamu. Namun sebagai gantinya, Nikon sendiri sudah memberi saran yang baik saat kamu menemukan kode 'Err' yang muncul pada layar LCD mini yang terletak di atas badan kamera.

Berikut adalah hal yang perlu kamu lakukan saat menemukan kode Err pada kamera kamu.

Melepaskan segala aksesori yang ada pada kamera
Menggunakan baterai kamera yang telah full-charged,
Serta membersihkan kontak elektrik (bagian berwarna emas) yang terdapat pada lensa serta badan kamera kamu.

Dan bila hal ini masih berlanjut, coba segera bawa kamera kamu ke tempat servis terdekat atau bila kamu ingin hasil perbaikan yang jauh lebih baik lagi segera bawa kamera kamu ke Banten Kamera!

Selain kode Err tersebut, masih ada banyak lagi kode-kode error lainnya yang dapat menjadi pengganggu kamu dalam hal memotret serta merekam video dengan kamera Nikon kamu.

Arti Kode F-−

Hampir sama dengan arti kode Err yang sebelumnya, kode error yang satu ini mengartikan bahwa terdapat missed komunikasi antara lensa serta kamera kamu. Entah karena kamu menggunakan jenis lensa yang salah atau memang kamu hanya kurang tepat memasangkannya pada kamera kamu.

Namun, bila kode error ini masih tetap berlanjut setelah kamu merasa sudah mencoba memasangkannya dengan benar, coba ganti lensa yang kamu gunakan dengan lensa yang lainnya. Jika kode error masih tetap muncul, mungkin kamu perlu mencurigai permasalahannya berasal dari kamera kamu.

Tentu saja, untuk dapat memperbaikinya mungkin kamu perlu mendatangi tempat servis terdekat di kota kamu.

Arti Kode FEE
Untuk kode yang satu ini, muncul pada saat kamu memilih nilai aperture yang tidak tepat sehingga kamera kamu menolak untuk menggunakannya. Umumnya, hal ini terjadi saat kamu secara tidak sengaja memutarnya ke angka yang jauh lebih kecil.

Untuk memperbaiki kode error berikut ini, kamu hanya perlu mengatur aperture kamu ke angka yang lebih besar, kemudian jika kamu ingin menguncinya agar kamu tidak mengulang ketidaksengajaan kamu memutar nilai aperture yang salah, kamu bisa saja menggunakan aperture ring lock. 

Arti Kode -E-
Mungkin bila kamu menemukan kode error yang satu ini, kamu tidak perlu terlalu panik karena kode -E- hanya menandakan bahwa kamera kamu tidak membaca adanya kartu memori di dalam slot memory card kamera kamu.

Namun, bila kamu merasa begitu yakin sudah memasukkan kartu memori ke dalam kamera kamu dan kode error ini tetap muncul, cobalah untuk mem-format kartu memori kamu (setelah kamu menyalin semua datanya ke komputer), dan lakukanlah secara langsung pada kamera kamu. Ingatlah untuk tidak melakukan formatting di komputer.

Dan jika kode error masih muncul setelah kamu mem-format kartu memori kamu, maka sumber masalahnya bisa jadi berasal dari slot kartu memori kamu yang sudah rusak, nih, Pembaca!

Namun, untuk hal ini kamu tidak perlu merasa khawatir, karena Banten Kamera akan memberikan pelayanan terbaik untuk memperbaiki permasalahan slot kartu memori kamu cukup dengan harga 650 ribu rupiah saja.

Arti Kode 'Information'
Bila kamu melihat sebuah kode error berupa huruf 'i' di dalam sebuah lingkaran, maka kamu memiliki 3 kemungkinan yang terjadi pada kamera kamu. Pertama, baterai kamu haus dan perlu segera dilakukan pengisian ulang.

Kedua, kartu memori kamu penuh atau bisa jadi kartu memori kamu telah terkunci. Dan yang terakhir, kamera canggih kamu baru saja mendeteksi, salah satu subjek dalam foto kamu sedang mengedip saat kamu mengambil gambar dan kamu mungkin perlu memotret ulang foto kamu.

Arti Kode F0
Untuk kode error yang satu ini, kamu dapat mengartikannya sebagai salah satu pertanda bahwa lensa kamera kamu belum terpasang secara sempurna pada badan kamera kamu. Mungkin untuk beberapa tipe lensa 'G' saat ini, kamu akan terus mendapatkan kode berikut hingga kamu dapat mendengar bunyi 'klik' yang menandakan lensa kamu telah terpasang dengan baik pada badan kamera kamu.

Sementara itu untuk tipe lensa 'F', kamu bisa melihat kala kamu memutar lensa kamu pada proses pemasangan lensa, angka yang berada di dekat kode F ini perlahan akan bergerak naik hingga kamu berhasil memasangkan lensa kamu dengan tepat dan mendengar bunyi 'klik'.

Arti Kode CHA/CHR
Hampir sama dengan kode -E- yang muncul karena permasalahan kartu memori. Karena kode yang satu ini juga akan muncul saat kartu memori kamu kena masalah.

Untuk mengatasinya sendiri kamu juga perlu melakukan formatting langsung pada kamera kamu, dan lakukan lepas-pasang kartu memori pada slot-nya. Dan bila permasalahan ini masih berlanjut, permasalahan mungkin datang pada slot kamera kamu sendiri.

Jadi, itulah arti serta tata cara mengatasi kode Err yang dapat kamu temui pada kamera Nikon kamu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan bila kamu menemukan permasalahan yang berkaitan dengan kode error seperti di atas, segera cantumkan email, nama, serta pesan yang ingin kamu berikan pada Banten Kamera.

Lihat juga: Solusi Servis Kamera dan Lensa
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: