Solusi Servis Kamera dan Lensa | Blog Banten Kamera

Solusi Servis Kamera dan Lensa

Solusi Servis Kamera dan Lensa
Sumber foto: Pick and Place

Bila kamu melihat dari begitu banyaknya pengguna kamera digital di sekitar kamu, pengguna bukan hanya datang dari kaum profesional, tapi juga dari para non-profesional yang menggunakan sebuah kamera hanya sekedar sebagai pemuas hobi ataupun kebutuhan.

Tentunya, perlu kamu ketahui bahwa pada saat kamu menggunakan sebuah kamera, kamu tidak hanya wajib tahu bagaimana cara menggunakannya, akan tetapi, juga bagaimana cara perawatannya. Kecuali bila kamu memang membeli sebuah kamera hanya bertujuan untuk dijadikan sebuah pajangan.

Karena bila kamu tidak dapat melakukan perawatan terhadap kamera beserta lensanya dengan tepat, maka dampak yang akan kamu dapatkan, ya tak akan jauh-jauh dari sebuah kerusakan, yang entah itu ringan atau bahkan bisa masuk ke tingkat kerusakan berat.

   Lihat juga: Cara Merawat Lensa Kamera dengan Baik

Dalam melakukan perawatannya sendiri, kamu tentu tidak bisa dengan hanya membersihkan debu atau kotoran yang dapat terlihat oleh mata kamu pada badan kameranya saja. Karena debu serta kotoran bukan hanya menempel di luar badan kameranya saja.

Debu pun bisa menempel pada komponen-komponen yang terletak di dalam kamera kamu. Seperti misalnya, jendela bidik, sensor, lensa, dan lain sebagainya. Beberapa kotoran yang menempel pada beberapa komponen tersebut ini, tentunya bukan hanya nampak mengganggu, tapi juga akan memperburuk hasil foto kamu.

Selain perawatan dalam hal pembersihan, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghindari kamera kamu dari segala kerusakan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk kamu bisa menghindari beberapa kerusakan pada kamera kamu.

Hindari Dari Musuh Alat Elektronik
Kamera basah
Sumber foto: DPReview

Siapa itu musuh terbesar alat elektronik? Yap, siapa lagi bila bukan air.

Tentunya air merupakan salah satu hal yang perlu kamu jauh-jauhkan dari kamera kamu, bila kamera kamu tidak di desain sedemikian rupa untuk tahan terhadap air.

Namun, bila memang kamu sedang sangat membutuhkan kamera untuk kegiatan memotret atau merekam di sekitar sumber air, sebaiknya gunakan saja pelindung khusus pada kamera kamu supaya tidak menimbulkan kerusakan berupa korosi pada elemen-elemen penting di dalam kamera kamu.

Pakai Strap saat Menggunakan Kamera
Strap kamera
Sumber foto: (sorta) Old Life

Kamu tahu strap, 'kan?

Aksesori tambahan pada kamera ini tentunya didesain bukan hanya sekedar sebagai aksesori biasa untuk kamera kamu. Strap tentunya akan menjaga kamera kamu supaya kamu tidak melakukan hal yang tidak disengaja berupa menjatuhkan kamera saat menggunakannya.

Jadi, pembaca, saat menggunakan kamera, jangan lupa untuk selalu mengalungkan strap pada leher kamu, jika kamu hanya memegangnya dengan tangan. Selain strap, sebenarnya pada kamera-kamera digital biasa, umumnya telah disediakan sebuah tali kecil untuk dililitkan di pergelangan tangan kamu.

Hal ini tentunya dapat menghindari dari segala hal yang tak kamu inginkan pada saat menggunakan kamera.

Simpan Kamera di Tempat yang Benar
Tempat menyimpan kamera dengan aman
Sumber foto: Pinterest

Menyimpan kamera di tempat yang benar, merupakan salah satu hal terpenting yang perlu kamu lakukan dalam proses perawatan terhadap kamera digital.

Kamera tentunya perlu disimpan di tempat yang aman dan kering, seperti misalnya dalam sebuah drybox atau jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa meletakkannya di dalam sebuah lemari atau dimanapun tempat yang cukup aman dan tidak lembap.

Namun, bila memang kamu sudah melakukan beberapa hal di atas dengan maksimal, terkadang memang kamera bisa saja tetap mengalami kerusakan yang bisa saja disebabkan oleh umur kamera kamu atau shutter count yang sudah mencapai limitnya.

   Lihat juga: Berapa Batasan SC (shutter count) Kamera?

Bila memang kamera kamu sudah mengalami kerusakan, tentunya satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan hanyalah dengan membawa kamera kamu untuk dikonsultasikan pada orang yang lebih berpengalaman atau ke tempat servis terdekat di kota kamu.

Kabar baiknya, kali ini Banten Kamera akan memberikan solusi servis untuk kamera serta lensa kamu supaya dapat kembali bisa digunakan seperti sedia kala. Kemana? Tentunya, hanya ke Nyervis.com.

Nyervis.com

Nyervis.com, akan memberikan pelayanan terbaik terhadap kamera serta lensa kamera kamu yang akan dilakukan oleh tangan orang yang lebih berpengalaman dan profesional. Nyervis.com juga akan memberikan jaminan terbaik berupa garansi selama 60 hari penuh setelah proses perbaikan.

Bahkan untuk kamu yang merasa bahwa Nyervis.com berada cukup jauh dari tempat kamu tinggal, Nyervis.com akan dengan senang hati menerima sistem ekspedisi dari kamu via Tiki, JNE, J&T, maupun POS.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera bawa kamera serta lensa kamera kamu hanya ke tempat servis kamera terpercaya, Nyervis.com!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: