Spesifikasi Lengkap Kamera Mirrorless Fujifilm GFX 50S | Blog Banten Kamera

Spesifikasi Lengkap Kamera Mirrorless Fujifilm GFX 50S

Spesifikasi Kamera Mirrorless Fujifilm GFX 50S
Sumber foto: Clifton Cameras

Mirrorless, merupakan salah satu tipe kamera yang tentunya telah memiliki begitu banyak peminat mulai dari yang muda hingga yang tua sekalipun. Kamera mirrorless sendiri hingga saat ini masih menjadi salah satu pesaing terberat kamera DSLR yang kala itu pernah menjadi kamera dengan peminat terbanyak di dunia.

   Lihat juga: Lebih Baik Beli Kamera DSLR atau Mirrorless?

Perlu kamu ketahui, saat ini sudah ada begitu banyak fotografer yang mulai meninggalkan kamera DSLR mereka dan lebih memilih untuk menggunakan kamera mirrorless.

Kenapa? Mulai dari bentuk serta bobot tentunya perbedaan akan nampak begitu signifikan, dimana saat menggunakan kamera mirrorless tentunya beban kamu akan terasa jauh lebih ringan. Selain itu, mirrorless sendiri juga memiliki kemampuan yang sama dengan DSLR dimana kamu dapat mengganti-ganti lensa kameranya.

Meski bila diukur dari segi performa, kamera DSLR memang masih yang terbaik, namun, untuk saat ini, kamera mirrorless telah didesain dengan sistem terbaiknya hingga mampu menyaingi kamera DSLR. Bukankah itu terdengar menarik?

Jika membicarakan tentang kamera mirrorless, mungkin satu brand kamera ternama akan langsung terlintas dipikiran kamu.

Yap, Fujifilm.
Kamera mirrorless fujifilm
Sumber foto: Digital Trends

Fujifilm hingga saat ini telah memproduksi berjuta-juta kamera mirrorless yang tentunya cukup banyak menarik perhatian bukan hanya karena kemampuannya namun juga tampilannya.

Dan kabar baiknya, pada awal tahun 2017 lalu, Fujifilm berhasil merilis sebuah kamera mirrorless medium format pertamanya dengan nama di pasaran Fujifilm GFX 50S.

Ingin tahu bagaimana spesifikasinya? Berikut adalah spesifikasi beserta harga dari Fujifilm GFX 50S.

Spesifikasi Fujifilm GFX 50S
Fujifilm GFX 50S
Sumber foto: Fuji X Secrets

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, kamera Fujifilm GFX 50S merupakan kamera mirrorless pertama produksi fujifilm yang menggunakan medium format layaknya kamera mirrorless dari Hasselblad yang menjadi salah satu pionir kamera digital medium format.

Fujfilim GFX 50S yang rilis pada bulan Februari tahun 2017 lalu, memiliki ukuran sensor 43,8 x 32,99mm dengan resolusi sebesar 51,4 MP CMOS G-sensor. Untuk prosesornya sendiri, Fujifilm GFX 50S menggunakan X Processor Pro, dimana nampaknya sudah memiliki sedikit perbedaan dengan kamera-kamera Fuji yang sebelumnya.

Selain itu, untuk sistem autofocus-nya sendiri, kamera ini memiliki sejumlah 117 titik autofocus. Namun, sayangnya autofocus-nya masih dapat tergolong cukup lambat karena masih menggunakan sistem deteksi kontras sama seperti kamera digital medium format lainnya.

Layar LCD-nya pun sudah menggunakan sistem touchscreen yang tentunya juga dapat kamu artikulasi ke tiga arah yang berbeda. Resolusi layar LCD-nya sendiri sudah cukup mencapai 2,360,000 dots pada layar LCD berukuran 3,2 inchi.
Fujifilm GFX 50S
Sumber foto: Gudang Kamera

Selain layar LCD-nya yang sudah cukup mumpuni, kamera mirrorless ini pun tak mau kalah dengan kamera-kamera DSLR lainnya, karena kamu pun sudah dapat menambahkan jendela bidik tipe elektronik dengan resolusi hingga sebesar 3,690,000 dots.

Hal lainnya yang juga dapat kamu tambahkan sebagai aksesori bermanfaat pada kamera ini merupakan vertical battery grip, yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah proses pengambilan gambar portrait kamu.

Dalam metode pengambilan gambar dengan kamera mirrorless yang satu ini, kamu bisa menggunakan beberapa aspek rasio yang tersedia, berupa 4:3, 1:1, 5:4, serta 3:2. Rentang ISO pun sudah cukup memuaskan dimana kamu dapat menggunakan mulai dari 100-12800 yang tentunya masih dapat di perbesar hingga 102400.
Hasil foto Fujifilm GFX 50S
Sumber foto: The Slanted Lens

Rentang shutter speed mulai dari yang terlambat selama 360 detik hingga yang tercepat berupa 1/4000 detik. Sementara itu untuk shutter speed elektronik maksimumnya dapat mencapai hingga 1/16000 detik. Sudah dapat dianggap sangatlah handal dalam menangani objek yang bergerak cepat.

Kamera mirrorless Fujifilm GFX 50S ini pun telah hadir dengan dudukan lensa G Mount. Untuk fitur tambahan lainnya, seperti halnya port HDMI, USB 3.0, Microphone dan Headphone, serta built-in Wireless untuk mempermudah penggunaan kamu dalam hal kirim-mengirim data hasil potret juga merekam, telah tersedia dengan cukup baik pada kamera mirrorless berikut ini.
Hasil foto Fujifilm GFX 50S
Sumber foto: Outdoor Photographer

Untuk harganya sendiri, mungkin tidak semua dari kamu dapat atau berminat untuk membelinya, ya? Hanya kamu yang berani bermain harga yang mungkin akan langsung bergegas membelinya. Fujifilm GFX 50S dijual di pasaran dengan harga mulai dari 94 jutaan untuk badan kameranya saja.

Cukup tinggi, ya?

Tentu saja harganya yang tinggi ini sengaja diperuntukkan untuk kamu yang sama sekali tidak sedang mencoba untuk bermain-main dengan dunia fotografi maupun videografi. Jadi, mulailah untuk membeli yang sesuai dengan kebutuhan serta budget kamu, ya, Pembaca!

Itulah spesifikasi serta harga dari kamera mirrorless Fujifilm GFX 50S untuk tahun ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: