Lebih Baik Beli Kamera DSLR atau Mirrorless? | Blog Banten Kamera

Lebih Baik Beli Kamera DSLR atau Mirrorless?

mirrorless dan DSLR
Sumber foto : Google
Apakah kalian sedang bingung untuk menentukan kamera apa yang sebaiknya kalian beli? wajar saja kalian merasa bingung untuk menentukan jenis kamera apa yang akan kalian beli. Terlebih kalian adalah pemula yang baru pertama kali akan membeli kamera. Setiap orang ingin memiliki kamera karena beberapa hal, bisa karena orang tersebut ingin mempelajari fotografi atau mengganti kamera yang lama dengan yang baru.

Pilihan kamera DSLR (Digital Single Lensa Reflex) dan mirrorless karena keduanya merupakan dua jenis kamera yang memangsaat ini banyak dicari oleh masyarakat. Kepopuleran DSLR yang tetap bersinar bertahun - tahun lamanya serta munculnya mirrorless yang semakin menduduki posisi setara dengan DSLR. Kedua jenis kamera tersebut saat ini menjadi primadona bagi para pecintanya.

Baik DSLR ataupun mirrorless memiliki pecintanya masing - masing serta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Masalah memilih kamera DSLR atau mirrorless, hal tersebut kembali lagi kepada kalian, yaitu tergantung dari bagaimana kebutuhan kalian.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pilihan kamera Mirrorless dan DSLR, sebaiknya kalian mengetahui mengenai kamera DSLR dan mirrorless.

Kamera mirrorless merupakan sebuah kamera tanpa cermin yang tidak memiliki jendela bidik, namun mengenai kualitas hasil gambar atau sensor, antara mirrorless dengan DSLR memiliki kualitas yang hampir sama. bahkan pada beberapa type mirrorless mampu mengungguli kamera DSLR. Hal tersebut tergantung dari masing - masing type kameranya.

Bagi kalian yang akan membeli sebuah kamera namun masih bingung memilih jenis kamera yang mana, pastikan kalian mempertimbangkannya dengan beberapa hal dibawah ini :

Memiliki Budget Minim
budget kamera
Sumber foto : Google

Ketika seseorang akan membeli sebuah kamera, salah satu pertimbangannya yaitu mengenai harga serta budget yang dimiliki. Biasanya ini terjadi kepada pemula yang memang sedang semangat mempelajari fotografi namun belum memiliki kamera, akhirnya mereka memiliki keinginan untuk membeli kamera namun hanya memiliki budget yang minim.

Dengan budget yang minim tentu kalian akan mendapatkan kamera dengan jenis yang dasar pula. Saat ini kamera dasar atau kamera pemula DSLR memiliki harga yang lebih murah dari pada mirrorless. Untuk itu bagi kalian yang memang hanya memiliki budget yang minim, pilihan tepat untuk kalian tentukan adalah dengan membeli kamera DSLR. Harga kamera DSLR dasar saat ini dapat kalian beli dengan harga 2 jutaan saja untuk kamera DSLR Dasar second.

Namun untuk harga kamera DSLR dasar yang baru, harga yang ditawarkan sekitar 4 jutaan. Berbeda dengan mirrorless yang memiliki harga second yang masih lebih tinggi sedikit dari DSLR. Namun untuk harga baru, beberapa merek kamera mirrorless menawarkan kamera mirrorless dengan harga yang ekonomis. Dari mulai 3 jutaan saja kalian sudah bisa membeli kamera mirrorless baru.

Meskipun begitu, pengecualian bagi kalian yang memiliki budget yang tinggi, kalian tentu dapat mempertimbangkan keduanya, baik DSLR ataupun mirrorless, yang perlu kalian pertimbangkan hanya masalah kebutuhan serta kualitas dan spesifikasinya saja.

Lihat juga : Berapakah penghasilan fotografer?
Bobot dan Ukuran Kamera
Sumber foto : Google

Bobot kamera DSLR dan mirrorless tentu memiliki perbedaan yang lumayan besar. Dalam hal ini, bobot kamera DSLR lebih berat dari pada kamera mirrorless. Bagi kalian yang tidak dapat membawa beban yang terlalu berat, maka kalian dapat menentukan pilihan untuk membeli kamera mirrorless. Berbeda dengan DSLR yang memiliki bobot paling ringan sekitar 500 gram, mirrorless memiliki bobot terendah sekitar 300 gram.

Namun tidak semua kamera mirrorless memiliki bobot yang ringan, pada beberapa merek dan type terkadang memiliki bobot yang hampir sama dengan kamera DSLR. Meskipun begitu yang dominannya kamera mirrorless memang lebih ringan dari kamera DSLR.

Hal ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai fotografi serta membawa kamera kemanapun kalian pergi, bagi kalian lebih menyukai kamera dengan bobot yang lebih ringan agar lebih mudah dibawa maka pilihan tepat dapat kalian tentukan untuk membeli kamera mirrorless. Dengan kalian membawa serta menggunakan kamera mirrorless untuk waktu yang lama, kalian tidak akan mudah kelelahan dan kegiatan memotret atau merekam video dapat berjalan lebih lama.

Mengenai ukuran kamera, tentu kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada DSLR. Bagi kalian yang lebih menyukai kamera yang lebih kecil, pilihan terbaik dapat kalian tentukan untuk membeli kamera mirrorless. Ukuran kamera yang kecil memang menjadi salah satu faktor yang memudahkan ketika harus membawa kamera dengan waktu yang lama dan intensitas yang sering.

Kekuatan Baterai Kamera
baterai kamera mirrorless
Sumber foto : Google

Setiap orang menginginkan daya tahan baterai yang awet dan tahan lama, hal ini tentu untuk membuat kegiatan memotret atau merekam video dapat berlangsung lebih lama. Berbeda dengan baterai yang memiliki daya tahan yang rendah yang membuat kegiatan memotret dan merekam video menjadi lebih singkat atau terpotong - potong.

Kalian dapat lebih menghemat penggunaan baterai kamera jika menggunakan DSLR, dengan melakukan beberapa langkah baterai kamera DSLR kalian akan menjadi lebih hemat. Misalnya menggunakan view finder dengan mematikan live view. Penggunaan view finder untuk memotret akan memiliki dampak yang baik untuk mengurangi kecepatan penggunaan daya baterai sehingga membuat baterai menjadi lebih hemat.

Namun berbeda dengan kamera mirrorless yang tidak memiliki view finder, sehingga untuk setiap pemakaian baik foto ataupun video selalu melihat dan membidik objek melalui live view atau layar LCD. Penggunaan layar LCD yang terus - menerus akan membuat daya baterai cepat terkuras sehingga pemakaian kamera mirrorless menjadi lebih singkat.

Bagi kalian yang lebih menyukai kamera dengan daya tahan baterai yang lebih tinggi atau lebih sering menggunakan kamera untuk waktu yang lama, sebaiknya kamera DSLR patut untuk menjadi pilihan kamera yang utama. Dengan begitu, kalian akan bisa mengatur penggunaan baterai serta dapat melakukan beberapa cara untuk menghemat baterai kamera.

Itulah beberapa pertimbangan yang dapat kalian jadikan acuan jika masih bingung dalam memilih kamera antara 2 pilihan yaitu mirrorless dan DSLR. Setiap jenis kamera baik DSLR atau mirrorless memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing.

Hal yang perlu kalian fokuskan yaitu dengan melihat seberapa besar kelebihan dan kelemahan pada masing - masing kamera. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi bagi kalian semua.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: