Tips Memilih Kamera dengan Budget Pas-Pasan | Blog Banten Kamera

Tips Memilih Kamera dengan Budget Pas-Pasan

canon 1100d
Sumber foto : Google
Kamera merupakan salah satu alat yang saat ini wajib untuk dimiliki, setiap orang menginginkan memiliki kamera karena saat ini foto merupakan salah satu hal wajib ketika kalian sedang liburan, melaksanakan sebuah acara atau berkumpul bersama teman - teman.

Dengan semakin banyaknya orang yang berminat untuk memiliki kamera, maka semakin banyak juga perusahaan dan produk yang dihasilkan guna memenuhi permintaan.Berbagai perusahaan berlomba - lomba menciptakan serta menyuguhkan berbagai macam kamera.

Mulai dari kamera yang memiliki kualitas super keren, kualitas sedang dan kualitas kamera yang standar. Masing - masing dibuat untuk memenuhi kebutuhan serta permintaan masyarakat yang membutuhkan kamera.

Berbicara mengenai kualitas sebuah kamera, tentu kamera dengan kualitas dan spesifikasi yang tinggi akan menelan biaya produksi yang tinggi, hal tersebut berdampak pada harga jual dari sebuah kamera. Dengan begitu, biaya produksi yang tinggi akan memiliki harga jual yang tinggi pula.

Namun jangan khawatir, bagi kalian pemula atau kalian yang hanya memiliki budget pas - pasan untuk membeli sebuah kamera, kalian tetap bisa membeli kamera dengan kualitas yang bagus asalkan teliti dalam menentukan jenis kamera serta mempertimbangkan beberapa hal.

Berikut tips yang perlu kalian ketahui dan mungkin dapat kalian terapkan untuk mendapatkan sebuah kamera dengan budget yang pas - pasan :

Pilih Kamera Keluaran Lama
canon 1100d
Sumber foto : Google

Berbagai perusahaan dengan merek kamera ternama sudah banyak mengeluarkan berbagai macam dan seri kamera. Mulai dari jenis kamera dasar/standar, menengah hingga kamera profesional.
Biasanya kamera keluaran lama memang sudah tidak ada lagi yang baru, atau dengan kata lain barang sudah habis terjual. Biasanya yang tersisa hanya kamera lama dalam kondisi second.

Namun pada beberapa tempat biasanya masih menyediakan beberapa kamera lama yang belum terjual habis, kalian dapat mencari kamera keluaran lama ini. Namun pastikan kalian tidak memilih kamera dengan keluaran yang terlalu lama, seperti lebih dari 7 tahun sejak tahun rilis. Kalian bisa memilih kamera keluaran 4 atau 5 tahun lalu.

Kualitas dan Spesifikasi yang Standar
Banyak yang mengatakan "harga menentukan kualitas" oleh sebab itu, jika kalian hanya memiliki budget yang minim, jangan memilih untuk membeli kamera dengan kualitas dan spesifikasi yang tinggi, karena kalian tidak akan mendapatkan kamera yang kalian inginkan jika budget yang kalian miliki sangat jauh dengan kamera tersebut.

Pilihlah untuk membeli kamera yang standar atau dasar saja. Misalnya kalian ingin membeli kamera DSLR, karena setiap perusahaan pembat kamera banyak menyediakan kamera dasar, maka kalian bisa memilih untuk membeli kamera dasar atau standar saja. Seperti canon, kamera standar yang dimiliki canon yaitu 1100D atau 1200D.

Dua kamera tersebut pada tahun ini harga jualnya sudah lumayan turun yaitu berada di angka 2 hingga 3 juta rupiah saja. Meskipun memiliki spesifikasi standar dan tergolong dalam kamera dasar dan pemula, kamera ini dapat menghasilkan kualitas gambar ataupun video yang lumayan bagus.
Lihat juga : Kamera canon atau nikon, mana sih yang terbaik
Beli Langsung kepada Pemilik yang Ingin Jual Cepat
Biasanya harga jual kamera akan berbeda antara toko dengan pemiliknya langsung, beberapa toko lebih banyak menjual kamera second atau bekas dengan harga jual yang lebih tinggi dari pada pemilik kameranya langsung. Hal ini terjadi karena toko akan mengambil keuntungan lagi dari penjual kamera.

Berbeda dengan kamera yang dijual langsung oleh pemiliknya, oleh karena itu untuk menekan budget, kalian bisa langsung membeli kamera kepada pemiliknya. Ditambah pilihlah penjual kamera yang sedang membutuhkan dana serta ingin menjual cepat kameranya. Hal ini dapat kalian pilih karena biasanya seseorang yang sedang ingin menjual cepat kameranya akan memberikan harga yang lebih rendah dibanding yang lain.
Lihat juga : Kamera pemula terbaik tahun 2018
Jangan Lupa Menawar
Nah ini menjadi salah satu cara ampuh kalian mendapatkan harga yang murah, tawar menawar merupakan hal biasa ketika melaksanakan proses jual beli. Pastikan kalian adalah seseorang yang pintar menawar untuk mendapatkan harga yang oke. Dengan kalian menawar, biasanya harga yang diberikan akan semakin turun.

Berbeda jika kalian tidak bisa atau memang sengaja tidak menawar, kalian akan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Salah satu hal yang panting, tawarlah sewajarnya kamera yang akan kalian beli.

Membeli Kamera di Toko Online
tokopedia
Sumber foto : Google

Saat ini semakin berkembang dunia digital dan media daring (dalam jaringan), kalian bisa memanfaatkan kondisi ini untuk hal yang lebih positif salah satunya berbelanja online. Memang lebih banyak barang online yang memiliki harga jual yang lebih murah dibandingkan harus membeli langsung ke toko.

Hal ini disebabkan karena ketika berjualan secara online, mereka tidak perlu untuk menyewa tempat atau toko yang harga sewanya sangat tinggi.

Jika kalian memang berminat untuk membeli kamera secara online, kalian bisa memilih beberapa situs penjualan yang sudah tersedia. Karena dunia daring semakin menguasai keseharian masyarakat, maka semakin banyak juga bermunculan situs penjualan yang mampu menawarkan jenis serta type kamera yang lengkap.

Jangan takut untuk tertipu atau barang kalian tidak sampai, karena kalian dapat menggunakan pembayaran berjamin yang dapat refund jika barang tidak kunjung datang. Pilih juga situs online yang terpercaya dan memiliki review yang bagus.

Itulah beberapa tips dalam membeli kamera dengan budget pas - pasan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian serta dapat membantu kalian untuk membeli kamera dengan budget yang minim. Selamat menentukan kamera pilihanmu.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: