Menentukan Tarif untuk Jasa Fotografi dan Videografi | Blog Banten Kamera

Menentukan Tarif untuk Jasa Fotografi dan Videografi

jasa foto dan video wedding
Sumber foto : Google
Penyedia jasa foto dan video saat ini semakin berkembang dan semakin banyak bermunculan, hal ini dikarenakan semakin banyak juga masyarakat yang membutuhkan jasa mereka untuk mengabadikan kegiatan penting dan bahagia mereka. Tak hanya kegiatan formal atau sakral saja, saat ini orang - orang menggunakan jasa foto dan video untuk kegiatan non formal atau sekedar seru -seruan saja.

Di era yang semakin modern dan maju, masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengabadikan sebuah momen, meski hanya momen sederhana masyarakat tetap butuh untuk mengabadikannya, baik melalui sebuah foto maupun video. Tak ayal semakin banyak penyedia jasa foto dan video hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang setiap harinya ada membutuhkan jasa tersebut.

Penyedia jasa foto dan video banyak macamnya, ada yang hanya khusus melakukan pemotretan di studio miliknya, ada penyedia jasa foto yang bahkan tidak memiliki sebuah studio dan hanya melakukan pemotretan di luar ruangan atau memang mereka para penyedia jasa foto dan video yang melakukan keduanya yaitu memiliki studio foto dan melakukan pemotretan di luar ruangan juga.

Penyedia jasa foto biasanya memiliki kebijakan, keunikan dan peraturannya masing - masing. Selain mengenai sebuah kebijakan, keunikan dan peraturan, setiap jasa foto memiliki tarif yang berbeda - beda. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor hingga akhirnya mereka menentukan sebuah tarif yang ditetapkan jika ingin menggunakan jasa mereka.

Lalu bagaimana sebaiknya menentukan tarif jika ingin membuka jasa foto dan video? Berikut beberapa cara serta pertimbangannya :

Waktu Pemotretan & shooting
videografer wedding
Sumber foto : Google

Ini menjadi salah satu hal yang perlu kalian pertimbangkan jika ingin membuka sebuah jasa foto atau video, biasanya jika dalam sebuah foto studio pemotretan yang dilakukan akan memiliki batas waktu tertentu.

Rata - rata sebuah studio foto hanya memberikan waktu tidak lebih dari 40 menit untuk melakukan pemotretan pada satu sesinya. Hal ini perlu kalian pertimbangkan karena jika semakin lama pemotretan maka akan semakin banyak juga memakan biaya produksi.

Seperti penggunaan listrik, persiapan pengaturan properti serta pembongkaran kembali properti. Selain itu, jika semakin lama kalian memberikan waktu untuk satu sesi pemotretan maka akan semakin kecil juga kesempatan kalian untuk menerima konsumen yang lain.

Misalnya jika kalian hanya memberikan waktu maksimal pemotretan selama 30 menit, kalian akan bisa menerima konsumen sebanyak 8 (baik grup, perorangan dan lainnya).

Tentunya hal tersebut belum termasuk pada persiapan pemotretan, pelaksanaan pemotretan hingga tahap akhir yaitu seperti editing hasil foto hingga proses cetak. Biasanya sebuah foto studio akan langsung memberikan pelayanan cetak foto hanya dengan menunggu 10 hingga 20 menit saja.

Namun berbeda jika jasa foto dan video kalian khusus untuk melakukan pemotretan dan shooting video di luar paket foto studio. Misalnya foto wedding, prewedding, ulang tahun, bridal shower dan lain sebainya. Jika kalian melakuka foto dan video untuk wedding, biasanya tidak dihitung per satu jam, namun lebih kepada pemilihan paket wedding.

Biasanya ketika melakukan pemotretan sebuah acara, seperti pernikahan, ulang tahuan dan lainnya kegiatan dokumentasinya berlangsung selama acara tersebut dilaksanakan. Sehingga tidak dihitung per jam nya dan tidak memiliki batasan waktu.

Jumlah Crew dalam Tim
photographer
Sumber foto : Google

Jumlah crew dalam sebuah tim pemotretan dan shooting video juga menjadi salah satu pertimbangan kalian untuk menentukan tarif jasa ini. Semakin banyak crew yang terjun dalam kegiatan dokumentasi, maka akan semakin tinggi juga tarifnya. Hal ini ditetapkan karena semakin banyak crew yang bertugas maka akan semakin banyak juga biaya yang dikeluarkan, misalnya pendapatan setiap fotografer.

Jika kalian ingin membuka sebuah jasa foto dan video, pastikan kalian sudah menentukan berapa banyak fotografer dan videografer yang akan bertugas dalam satu tim. Hal ini dapat kalian pertimbangkan untuk menentukan tarif yang kalian tetapkan agar kalian tidak merugi karena terlalu banyak crew yang bertugas namun tarif yang kalian tetapkan sangat minim.
Lihat juga : Tips memilih kamera dengan budget pas - pasan
Jumlah Paket yang Digunakan
Biasanya semakin banyak paket yang dipilih dan akan digunakan oleh konsumen, maka akan semakin murah biayanya. Artinya kalian memberikan tarif khusus jika satu konsumen sekaligus akan memilih beberapa paket yang kalian sediakan.

Misalnya konsumen akan meggunakan 3 paket sekaligus, seperti dokumentasi siraman pernikahan, dokumentasi prewedding dan wedding. Dari penggunaan paket sekaligus, kalian bisa memberikan diskon atau potongan harga untuk konsumen tersebut.

Berbeda jika konsumen hanya menggunakan satu paket saja, kalian sebaiknya memberikan harga yang sudah ditetapkan serta tidak menguranginya lagi. Hal tersebut tentunya untuk mengurangi tingkat kerugian karena pastinya kalian telah menentukan tarif yang sudah tetap dan tidak dapat diubah kembali.

Material Hasil Foto & Video
hasil foto
Sumber foto : Google

Ini menjadi salah satu masalah kualitas yang dapat kalian tawarkan kepada konsumen, semakin tinggi kualitasnya maka akan semakin tinggi pula tarifnya. Biasanya ketika kalian menyediakan sebuah jasa foto dan video, tentu tidak hanya menghasilkan sebuah foto dan video dengan hasil tanpa cetak. Hampir semua penyedia jasa foto dan video memberikan hasil foto berupa foto yang telah di cetak atau video dalam bentuk CD.

Untuk menghasilkan itu semua, tentunya memerlukan biaya lebih dibandingkan hanya melakukan proses dokumentasi tanpa hasil cetak. Misalnya kalian menginginkan kertas foto yang terbaik, tidak mudah luntur warnanya atau kertasnya yang lebih tahan lama dibanding yang lain. Maka untuk membeli material tersebut membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding membeli kertas foto yang biasa saja.

Hal ini juga berpengaruh seberapa banyak hasil foto yang kalian cetak dan berikan, biasanya untuk foto wedding dan prewedding akan mendapatkan foto yang telah dicetak berikut bingkai fotonya. Semakin banyak cetakan foto dan bingkai yang kalian berikan maka akan semakin banyak biaya produksi yang kalian keluarkan. Oleh karena itu pastikan kalian untuk memikirkan dan mempertimbangkan hal ini sebelum menentukan tarif secara pasti.

Keunikan Tema & Konsep
prewedding
Sumber foto : Google

Semakin kreatif seseorang, maka akan semakin tinggi tarif dari hasil karyanya. Jika kalian menyediakan tema yang lebih beragam dan konsep yang lebih menarik, tentu kalian juga berhak untuk memasang tarif yang sedikit lebih tinggi dibanding tema dan konsep yang biasa.

Dalam menemukan sebuah tema baru, konsep yang bagus dan original tentu tidak mudah, biasanya seseorang memerlukan proses panjang hingga akhirnya dapat menemukan atau menentukan suatu
hal. Oleh sebab itu, jika kalian akan menggunakan konsep yang berbeda, unik dan beragam, pastikan kalian memasang tarif yang sedikit lebih tinggi.

Selain itu, jika tema atau konsep yang digunakan oleh konsumen lebih banyak dari biasanya, atau konsumen menginginkan tema tambahan, tentu kalian juga harus menambah tarifnya juga. Karena pastinya tema yang satu dengan yang lain akan membutuhkan properti, pengarahan gaya serta tempat yang berbeda - beda. Semakin beragam hal tersebut maka akan semakin tinggi biaya produksi, serta semakin tinggi juga tarifnya.

Jumlah Kostum Pemotretan
Sumber foto : Google

Biasanya memang jumlah kostum juga menjadi salah satu pertimbangan penentuan tarif jasa foto dan video, hal ini dapat dilakukan karena setiap kostum memiliki tema yang berbeda serta tempat pemotretan dan shooting video yang berbeda pula. Agar hasil foto dan videonya maksimal dan sesuai tentu hal tersebut harus dilakukan.

Pergantian kostum dengan tema juga menjadi faktor pendukung dari bagusnya hasil foto dan video. Untuk itu, untuk mendapatkan hasil foto dan video yang bagus dan beragam, pastikan kalian memberikan harga yang sesuai dengan biaya produksi atau biaya yang kalian keluarkan.

Itulah beberapa cara untuk menentukan tarif jasa foto dan video, hal ini perlu kalian pertimbangkan dengan baik agar tidak lebih besar pasak dari pada tiang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat membantu kalian untuk menentukan tarif jasa foto dan video yang aka kalian jalani.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: