Tips Fotografi Jalanan atau Street Photography | Blog Banten Kamera

Tips Fotografi Jalanan atau Street Photography

Tips Fotografi Jalanan atau Street Photography
Sumber foto: Ming Thein

Saat ini, sudah ada begitu banyak teknik pengambilan foto yang dapat kamu pelajari juga kuasai dalam dunia fotografi, dan hadirnya teknik-teknik seperti halnya berikut ini pun, dipengaruhi oleh semakin meningkatnya daya kekreatifitasan para fotografer di luar sana.

Jadi, tentunya, kamu perlu merasa bangga telah menjadi salah seorang fotografer yang dapat semakin memajukan serta mengembangkan dunia kefotografian saat ini.

Akan tetapi, untuk kamu yang tentunya masih ingin belajar, kamu tidak perlu harus selalu menciptakan sebuah teknik yang baru. Pelajari saja terlebih dahulu teknik yang saat ini sudah tersedia untuk kamu aplikasikan dalam kegiatan memotret kamu, kemudian bisa kamu kembangkan kembali hingga dapat menciptakan sebuah teknik foto terbaru ciptaan kamu sendiri.

   Lihat juga: Cara Mudah Menguasai Teknik Foto Long Exposure

Selain teknik fotografi sendiri, kamu juga bisa memilih serta mempelajari aliran foto mana yang akan cocok dengan selera juga kepribadian kamu. Mungkin untuk kamu yang memang senang travelling, aliran foto landscape akan sangat cocok untuk kamu.

Atau bila kamu tertarik dengan dunia jurnalistik, kamu bisa memilih aliran foto journalism. Aliran Food Photography pun akan sangat cocok untuk kamu yang senang melakukan jelajah makanan di kota hingga di luar kota kamu.
Street photography atau fotografi jalanan
Sumber foto: PhotolisticLife

Dan kabar baiknya, untuk kamu yang ingin menjadi salah satu penganut aliran foto jalanan atau street photography, kali ini kami akan membagikan beberapa tips untuk kamu supaya dapat menghasilkan foto yang luar biasa baik.

Berikut adalah tips Fotografi Jalanan atau Street Photography.

Gunakan Lensa Fix 50mm
Lensa fix 50mm
Sumber foto: Plazakamera

Kenapa harus menggunakan lensa fix 50mm? Apa kamu harus selalu menggunakannya saat akan memotret foto jalanan?

Tidak sepenuhnya benar. Karena untuk yang satu ini, kami hanya akan sangat menyarankan untuk kamu dalam memilih lensa yang tepat. Lalu, kenapa memilih lensa fix 50mm?

   Lihat juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Lensa Fix 50mm

Lensa fix, seperti yang kamu ketahui, merupakan salah satu jenis lensa yang memiliki tingkat focal length yang tidak dapat lagi diubah-ubah seperti halnya jenis lensa pada umumnya. Tingkat focal length yang tidak dapat kamu ubah-ubah inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Lensa fix 50mm cocok digunakan untuk memotret street photography.

Street photography dengan lensa 50mm
Sumber foto: Flickr

Dengan menggunakan lensa 50mm, kamu akan jauh lebih bisa merasakan bagaimana suasana yang terjadi di tempat kamu akan memotret. Intinya, kamu bisa mendapatkan 'feel-nya' secara langsung untuk bisa memperlancar ide foto kamu.

Selain itu, orang-orang yang akan melihat hasil foto kamu pun juga bisa merasakan bahwa kamu memang benar-benar berada disana, sehingga dapat mengajak mereka untuk terbawa suasana.

Pastikan Kamera Kamu Selalu Siap
Mode Aperture priority
Sumber foto: The Backdrop Store

Siap disini, mengartikan bahwa kamu perlu untuk terlebih dahulu mengatur segala pengaturan yang ada kamera kamu hingga sedemikian rupa, supaya nantinya saat kegiatan memotret kamu dimulai, kamu tidak perlu lagi harus repot-repot mengatur kamera.

Untuk bisa mendapatkan fotografi jalanan, kami akan menyarankan kamu untuk menggunakan Aperture Priority (P), dibandingkan dengan manual mode.

Menggunakan mode manual pada kamera kamu, juga akan semakin merepotkan, mengingat street photography bisa dianggap sebagai salah satu momen yang datang secara mendadak juga dapat hilang dengan cepat.

Selalu Gunakan Strap Kamera
Strap kamera
Sumber foto: Photo Blog Daily

Menggunakan strap pada kamera, tentunya akan sangat membantu kamu untuk tetap menjaga agar kamera kamu dapat terus aman selama kegiatan kamu memotret.

Street photography, pastinya akan mewajibkan kamu untuk terjun langsung ke jalanan, yang tentunya kamu perlu memilih jalanan yang ramai dilalui oleh orang-orang. Berada di tempat yang ramai seperti inilah, yang menjadi salah satu alasan mengapa kamu perlu selalu mengalungkan kamera di leher kamu dengan strap.

Berpakaianlah yang Rapi
fotografer jalanan
Sumber foto: chaserjarvis.com

Berpakaian yang rapi dalam hal memotret? Apa sangat diperlukan?

Yap, justru akan sangat diwajibkan untuk kamu dapat berpakaian dengan rapi saat akan mengambil foto street photography.

Seperti yang kamu ketahui, street photography, tentu akan sangat berhubungan dengan orang asing yang sedang beraktifitas di jalanan. Bila kamu berpakaian dengan rapi sambil membawa-bawa kamera kamu, setidaknya kamu hanya akan dianggap sebagai salah seorang fotografer.

Tetapi, apa yang akan kamu pikirkan bila kamu melihat seseorang berpakaian tidak rapi atau tampak sangat misterius, membawa-bawa kamera dan akan memotret orang asing yang berlalu-lalang di sekitarnya? Kamu bisa saja dianggap sebagai seorang penguntit.

Jadi, hindari saja berapakaian mencurigakan saat akan mengambil foto street photography, ya!

Bersabar
Street photography
Sumber foto: FokkoMuller

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, momen street photography, datang secara mendadak, juga dapat berlalu dengan cepat. Tentu saja, momen yang datang secara mendadak ini, tidak selalu datang setiap saat.

Jadi, kamu tentunya perlu bersabar untuk bisa menemukan momen foto yang tepat, sambil sesekali berjalan-jalan untuk menemukan spot lainnya yang lebih baik.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk memotret foto jalanan atau street photography. Jadi, untuk kamu yang baru saja memilih aliran street photography seperti berikut ini, banyak-banyaklah belajar untuk bisa semakin memperluas ilmu pengetahuan kamu.

Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: