Cara Merawat Lensa Kamera dengan Baik | Blog Banten Kamera

Cara Merawat Lensa Kamera dengan Baik

Cara Merawat Lensa Kamera dengan Baik
Sumber foto: Myfavouritelens.com

Dalam menjadi seorang fotografer yang baik, kamu tentu perlu banget mengetahui cara perawatan yang benar terhadap kamera kamu sendiri. Entah itu cara dalam melakukan pembersihannya atau tata cara yang benar saat kamu sedang tidak menggunakannya.

Hal yang perlu kamu tahu, kamera DSLR atau mirrorless itu dalam proses perawatannya perlu dilakukan dengan penuh ketelitian juga kehati-hatian. Karena kamu juga perlu mengingat bahwa kamera-kamera tersebut memiliki harga yang tak dapat dikatakan murah. Bahkan biaya ganti untuk salah satu komponennya saja bisa mencapai harga satu buah kamera, lho!

Kamu tentu tak mau salah satu komponen kamera kamu rusak hanya karena ketidaktahuan kamu dalam cara perawatannya, bukan?

Sama halnya dengan kamu merawat lensa kamera kamu sendiri. Bagian terpenting dari kamera yang satu ini, bisa dikatakan agak sensitif. Bukan hanya karena layarnya yang mudah berdebu atau tergores, harganya yang cukup mahal juga bisa menarik perhatian kamu secara berlebih.

Saat kamu merawat kamera dan lensa kamu dengan baik, maka kamu juga akan menghindari perbaikan komponennya yang bisa jadi sangat mahal, menambah umur kamera dan lensa kamu, serta kamu akan menggunakannya dengan lebih berhati-hati di waktu berikutnya.

Untuk itu, kamu perlu tahu cara yang benar dalam melakukan perawatan terhadap lensa kamera kamu!

1. Selalu Jaga Kebersihan Lensa
Jaga kebersihan lensa
Sumber foto: thetechrun.com

Hal terpenting yang perlu kamu tahu dalam perawatan lensa kamera, yaitu tata cara dalam melakukan pembersihannya.

Kotoran, pasir, debu, dan asap dapat merusak lensa kamu dengan mudah jika kamu tidak dapat membersihkannya dengan baik. Bukanlah menjadi hal yang sulit jika kamu ingin membersihkan lensa kamera kamu. Kamu hanya memerlukan beberapa cleaning kit khusus yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko online atau toko kamera terdekat.

Tata cara pembersihannya pun cukup mudah. Bila kamu ingin membersihkan debu, pasir, atau partikel kotoran lainnya yang tidak membandel, cukup gunakan air blower untuk meniup kotoran-kotoran itu pergi.

Namun, bila kotorannya masih belum kunjung pergi, kamu bisa menggunakan kain mikrofiber dengan meneteskan cairan pembersih khusus pada kain. Jangan meneteskan secara langsung ke lensa kamera kamu, ya! Setelah itu bersihkan lensa kamera kamu dengan gerakan melingkar mulai dari bagian tengah.

Jangan lupa untuk melakukan hal yang sama pada sisi belakang kamera kamu, Pembaca.

Perlu kamu tahu, bahwa menjaga kebersihan lensa kamera kamu juga banyak manfaatnya. Kamu bisa menghindar dari hasil foto yang blur, missed komunikasi antara lensa dengan kamera, serta lensa kamera kamu juga dapat bekerja secara maksimal.

2. Jangan Membersihkan Lensa dengan Alat Pembersih Rumahan

Kamu perlu benar-benar menghindari hal yang satu ini. Membersihkan lensa kamera tidak bisa menggunakan alat seadanya, selain mungkin karena situasi yang mendesak. Apalagi jika kamu justru menggunakan alat pembersih yang biasa kamu gunakan untuk kebersihan rumah.
Jangan membersihkan lensa dengan penghapus
Sumber foto: Lens Rentals

Alat pembersih rumahan disini, ditujukan untuk kertas tisu berbahan kasar, penghapus pensil yang 'katanya' dapat membersihkan kontak elektrik yang menghubungkan antara kamera dengan lensa, walaupun sebenarnya hal ini perlu kamu hindari karena dapat menggores bagian penting tersebut. Serta membersihkan lensa dengan air juga bukanlah hal yang baik untuk digunakan.

3. Hindari Lensa dari Air
Kamera dan lensa basah
Sumber foto: Contrastly

Beberapa lensa mungkin telah memiliki weather seal tersendiri, atau kamu mungkin memiliki waterproof khusus yang didesain untuk lensa kamu. Itu merupakan hal yang baik dilakukan. Sangat baik malah.

Namun, bila lensa kamu belum memiliki weather seal ataupun waterproof, kamu perlu berhati-hati jika sedang memotret didekat sumber air karena hal ini dapat berakibat buruk terhadap lensa kamera kamu. Lensa kamu bisa berjamur atau yang lebih parahnya lagi lensa kamera kamu dapat korslet dan tidak dapat digunakan kembali.

   Lihat juga: Tips Agar Kamera dan Lensa Tidak Berjamur

4. Biarkan Lensa Menyesuaikan Diri pada Suhu yang Berubah Secara Drastis
Lensa berembun
Sumber foto: DPReview

Saat kamu pergi ke daerah yang sangat dingin atau mungkin tempat yang sangat panas dengan membawa kamera kamu langsung dari tempat dengan suhu berbeda jauh, hal ini dapat mengakibatkan lensa kamera kamu menjadi berembun. Lensa yang berembun dapat mengakibatkan hasil foto kamu menjadi buram atau blur.

Untuk menghindari hal ini, kamu perlu mengingat untuk jangan langsung menyingkirkan embun pada lensa kamu dengan tisu atau baju kamu, karena hal ini bisa saja dapat mengakibatkan tergoresnya lensa kamu atau komponen lainnya. 

Hal yang harus kamu lakukan untuk menghindari hal ini terjadi, kamu hanya perlu membiarkan lensa kamu untuk menyesuaikan diri dengan suhu yang mendadak berubah. Biarkan saja selama 5 menit atau lebih sampai embun pada lensa kamera kamu menghilang. Kemudian kamu baru bisa menggunakannya.

5. Jangan Memaksa Lensa Jika tidak Dapat Dipasang pada Kamera

Hal lainnya, yang perlu kamu lakukan untuk merawat lensa kamu dengan baik adalah jika kamu mengalami kesulitan dalam memasang lensa kamu pada ring kamera, jangan terlalu memaksakan lensa kamu untuk dapat terpasang dengan baik karena dapat merusak kedua benda kesayangan kamu ini.

Coba periksalah terlebih dahulu apakah ada yang menghalangi jalan masuk lensa kamu. Atau mungkin jika bukan itu masalahnya, coba kamu perhatikan baik-baik apakah cara kamu memasangnya sudah benar atau tidak.

6. Simpan di Tempat yang Kering
Tempat menyimpan kamera dan lensa
Sumber foto: newenglandonthefly.com

Selain itu, kamu juga perlu menyimpan lensa kamu di tempat yang benar jika sudah tidak kamu gunakan. Hal yang sama juga perlu kamu lakukan pada kamera kamu. Simpanlah lensa dan kamera kamu di tempat yang kering juga tidak lembap.

Tidak berbeda jauh juga jika kamu ingin membawa kamera serta lensa kamu bepergian. Gunakanlah tas kamera yang tepat agar tidak mudah merusak kamera serta lensa kamu selama perjalanan. 

   Lihat juga: Macam-macam Tas Kamera dan Memilih Tas yang Tepat

Itulah beberapa tips dalam merawat lensa kamera kamu dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kamu, ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: