Tahukah Kalian Apa Itu Long Shoot?

Seorang fotografer pasti sudah paham jika berbicara mengenai teknik pengambilan gambar, kita yang akan di foto hanya mengatakan nama tekniknya saja, maka fotografer dengan cepat mengerti bagian mana saja yang perlu dipotret atau masuk frame.

Berbagai macam teknik pengambilan gambar tentunya mempunyai fungsi yang berbeda - beda, ada yang lebih menonjolkan wajah, latar/background, atau seluruh tubuh. Artikel ini akan menjelaskan teknik pengambilan gambar long shoot, dimana jenis pengambilan gambar ini lebih banyak memotret seluruh bagian tubuh lengkap beserta backgroundnya.

Tahukah kamu apa itu long shoot dalam fotografi? Long shoot merupakan teknik pengambilan gambar dengan area frame yang lebar, artinya selain objek utama background juga tertangkap oleh kamera dengan luas yang cukup besar. Berbeda dengan jenis foto close up yang lebih menonjolkan area wajah, dengan frame yang sempit dan mengabaikan background

Long shoot memiliki 3 jenis yang masing - masing memiliki perbedaan batas pengambilan gambar atau luas gambar yang harus tertangkap oleh kamera. Berikut adalah jenis - jenis dan penjelasannya :

Medium Long Shoot 
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Jenis pengambilan gambar satu ini merupakan yang tersempit dan hanya memotret sebagian tubuh saja. Jika menggunakan objek manusia, medium long shoot hanya mengambil gambar dengan batas lutut hingga kepala serta dilebihkan sedikit ruang diatas kepala.

Meskipun dengan ruang yang lebih sempit, medium long shoot masih mendapatkan background yang lumayan lebar dengan ruang kanan dan kiri masih terlihat dengan baik. Tentunya jenis pengambilan gambar ini tidak memotret kaki/alas kaki

Long Shot
Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Jenis pengambilan gambar ini, objek utama dari foto masih menonjol dibandingkan background. Batas pengambilan gambar untuk objek manusia adalah ujung kaki hingga kepala. Namun kita masih harus memberikan ruang dibawah kaki dan ruang diatas kepala. Sehingga frame tidak berakhir di ujung kaki dan ujung kepala.

Extreme long shoot

Sumber foto : Nurkhikmah yuliastuti

Terakhir adalah extreme long shoot, dimana jenis pengambilan gambar ini lebih lebar mengambil background, dengan begitu membuat objek terlihat lebih kecil. Untuk mengambil extreme long shoot biasanya ketika kita akan foto dengan beberapa orang, karena untuk mengambil jenis gambar ini posisi fotografer/kamera harus jauh dengan objek.

Jarak yang baik untuk extreme long shoot adalah 3 meter, dengan begitu maka objek akan terlihat lebih kecil dan background yang masuk ke dalam frame akan semakin luas. Extreme long shoot cocok digunakan ketika berada di tempat bagus, ketika liburan misalnya.

Itulah 3 tipe long shoot yang perlu kalian ketahui, dengan begitu kalian tidak perlu repot menjelaskan selebar apa gambar yang fotografer harus tangkap ketika memotret kalian dan sebaliknya, kalian tidak perlu meminta menjelaskan panjang lebar ketika anda memotret orang lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: