3 Alasan Lensa Kamera Tidak Dapat Dipasang | Blog Banten Kamera

3 Alasan Lensa Kamera Tidak Dapat Dipasang

3 Alasan Lensa Kamera Tidak Dapat Dipasang
Sumber foto: B&H

Saat kamu mencoba menjadi seorang fotografer, mengalami beberapa hambatan merupakan hal yang umum dapat terjadi. Hambatan ini pun bisa saja datang dari mana saja dan kapan saja. Jadi kamu perlu banyak-banyak bersabar dalam menghadapinya.

   Lihat juga: Beberapa Hambatan yang Dialami Oleh Fotografer

Sabar dan dapat berpikir jernih merupakan sifat yang sangat-sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang fotografer. Apalagi jika hambatan itu sendiri datang dari kamera kesayangan kamu. Mungkin kebanyakan dari kamu akan langsung panik jika terjadi hal yang tak diinginkan pada kamera kamu, bukan?

Sekali lagi, kamu perlu terlebih dahulu untuk dapat berpikir jernih saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti ini. Tenangkan diri kamu, kemudian periksa kembali kondisi kamera atau lensa kamu secara baik-baik. Jika terjadi kerusakan yang tampaknya sangat buruk, sebaiknya segera bawa kamera atau lensa kamu ke tempat servis terdekat di kota kamu.

   Lihat juga: Nyervis.com Layanan Service Kamera di Serang, Cilegon, Pandeglang

Namun, bila kamu merasa kondisinya tidak seburuk itu dan kamu cukup yakin untuk tidak perlu membawanya ke tempat servis, ada baiknya untuk kamu tetap melanjutkan membaca artikel ini untuk mencari solusinya.

Berikut adalah 3 alasan lensa kamera tidak dapat dipasang:

Kotor
Mount lensa
Sumber foto: Canon Community

Salah satu alasan paling umum yang dapat terjadi pada lensa kamera kamu saat ini adalah, terdapat kotoran atau debu yang menempel di kontak elektrik pada lensa atau kamera kamu. Untuk hal yang satu ini, kamu tidak perlu panik berlebihan, karena hal yang harus kamu lakukan hanyalah membersihkannya saja.

Dalam membersihkannya sendiri cukup gunakan kain mikrofiber, kemudian usapkan secara hati-hati dan perlahan pada area berwarna emas di sisi belakang lensa kamu. Jangan lupa untuk melakukan hal yang sama pada kontak elektrik yang ada pada kamera kamu juga, ya, Pembaca.

Lagi-lagi sebagai pengingat, jangan gunakan penghapus pensil untuk membersihkan area berwarna emas tersebut ya, Pembaca. Karena jika kamu melakukannya, kamu bisa saja menemukan kontak antara lensa dengan kamera kamu menjadi tergores atau lebih parahnya lagi rusak sehingga tak dapat lagi digunakan.

Kontak Antara Kamera dengan Lensa Rusak

Tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya sebenarnya, yang satu ini juga bersumber pada kontak elektrik pada kamera atau lensa kamu. Namun, bila yang sebelumnya dikarenakan kotoran atau debu, yang satu ini agak lebih buruk kondisinya, yaitu rusak, Pembaca.

Bagaimana mana kamu tahu kontak elektrik tersebut rusak?

Mudah. Bila kamu sudah membersihkan area berwarna emas tersebut dengan baik seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, dan lensa kamera kamu masih belum dapat terbaca oleh kamera, maka bisa jadi telah terjadi kerusakan di area sana.
Error pada kamera
Sumber foto: ProToGo Blog

Kerusakan dapat terjadi pada kontak di lensa kamu atau kontak pada kamera kamu sendiri. Untuk mengetahui hal ini, coba ganti lensa kamu dengan lensa yang lainnya. Jika lensa yang baru dapat terbaca oleh kamera dan tidak menimbulkan Err 01 pada layar kamera kamu, maka kerusakan telah terjadi pada kontak elektrik di lensa kamu yang sebelumnya.

Namun bila lensa yang baru pun masih belum bisa terbaca juga, maka kerusakan terjadi pada kamera kamu.

Sayangnya, untuk mengatasi hal yang satu ini, satu-satunya jalan adalah hanya dengan membawa kamera atau lensa kamu ke tempat servis di kota kamu.

Terdapat Komponen yang Patah
Komponen rusak pada Mount Lensa
Sumber foto: photo.net

Penyebab lainnya yang mungkin bisa menjadi penyebab lensa kamu tidak dapat dipasang pada kamera kamu adalah karena terdapat komponen yang patah di lensa atau kamera kamu sehingga menghalangi jalan masuk lensa kamu ke kamera.

Komponen yang patah atau rusak bisa saja terjadi karena benturan keras, atau kamu secara tidak sengaja pernah menjatuhkan kamera atau lensa kamu. Jika hal ini pernah terjadi, mungkin kamu perlu mengkhawatirkan adanya komponen yang patah di lensa atau kamera kamu.

Hal seperti ini mungkin dapat kamu cari tahu dengan memperhatikan baik-baik kondisi lensa kamu dan mencari bagian yang tidak biasa atau jika memang kamu tidak dapat menemukannya coba periksa baik-baik area sekitar ring kamera kamu.
Ring kamera
Sumber foto: No Film School

Namun, kamu perlu mengetahui bahwa kerusakan atau patah pada komponen bisa jadi bukan pada bagian yang mudah di lihat oleh kamu sendiri. Bisa saja terjadi di bagian dalam sehingga membuat kamu tidak menyadari bahwa lensa atau kamera kamu sedang rusak.

Lagi-lagi sayangnya, untuk memperbaiki komponen pada kamera atau lensa yang patah mungkin solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa ke tempat servis, nih, Pembaca. Memperbaiki sendiri komponen pada kamera saat kamu bukan seorang profesional, justru bisa membuat rusaknya bertambah parah.

Jadi hindari mencoba memperbaiki sendiri, ya!

Itulah 3 alasan lensa kamera tidak dapat dipasang untuk kamu yang sedang bingung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan kamu, ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: