Macam - Macam Tas kamera dan Memilih Tas yang Tepat | Blog Banten Kamera

Macam - Macam Tas kamera dan Memilih Tas yang Tepat

tas kamera
Sumber foto : Google
Tas memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda - beda, sama seperti halnya tas kamera yang juga memiliki bentuk dan jenis yang bermacam - macam. Kamera membutuhkan perlindungan dan harus disimpan di tempat yang tepat ketika dibawa pergi.

Hal tersebut dilakukan agar kamera dapat terus terlindungi sehingga tidak mudah rusak dibandingkan ketika kamera hanya dibawa tanpa menggunakan tas, dengan begitu maka tas kamera termasuk dalam perlengkapan kamera yang wajib untu dapat dimiliki oleh seseorang yang memiliki kamera.

Karena kamera juga memiliki bentuk dan merek yang berbeda - beda, maka dibutuhkan tas kamera yang berbeda pula, dengan begitu kamera yang kita punya atau yang akan kita bawa akan cocok untuk dimasukkan ke dalam tas kameranya. Selain untuk melindungi kamera ketika berada di luar ruangan atau ketika kamera dibawa pergi, tas juga memudahkan fotografer ketika membawa kamera dari satu tempat ke tempat lain.

Biasanya ketika fotografer ingin pergi untuk hunting foto, akan ada beberapa kamera serta lensa yang akan dibawanya. Tentu untuk membawa beberapa kamera ditambah berbagai macam lensa, akan dibutuhkan tas kamera yang lebih besar mengingat kamera dan lensa yang dibawa lebih dari satu pasang, atau cara lain yang dapat digunakan yaitu dengan membawa beberapa tas kamera. Namun memang dengan membawa beberapa tas kamera hal ini cukup merepotkan, yang lebih praktis dan mudah adalah memasukkan beberapa kamera dan lensa sekaligus ke satu tas kamera yang berukuran besar.

Bagi beberapa orang, terlebih yang hanya memiliki satu kamera dan satu lensa, akan selalu menggunakan tas kamera yang berukuran kecil dan hanya dapat digunakan untuk membawa satu lensa dan satu kamera saja, namun sebenarnya tas kamera tidak hanya memiliki 1 atau 2 jenis saja, tas kamera memiliki beberapa jenis.

Jenis - jenis tas kamera yang ada meliputi tas kamera yang cara penggunaannya bermacam - macam serta ukuran yang bermacam - macam pula. Berikut beberapa jenis tas kamera yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunanya :

Tas Ransel
backpack camera
Sumber foto : Google

Jenis tas kamera satu ini dapat dikatakan tas kamera yang memiliki ukuran yang sangat besar, dengan menggunakan tas ini maka 2 hingga 3 kamera dapat dibawa sekaligus. Tas ini lebih banyak digunakan oleh fotografer profesional yang akan hunting foto ke berbagai tempat dengan menangkap beberapa objek dan genre, dengan menangkap beberapa genre maka dibutuhkan lensa yang lebih dari satu jenis. Selain itu tas ini juga biasa digunakan oleh fotografer yang akan mendokumentasikan sebuah acara dengan hasil berupa foto serta video.

Dengan begitu biasanya fotografer akan membutuhkan lebih dari satu jenis kamera dan satu jenis lensa, sehingga untuk memudahkan ketika membawanya dibutuhkan tas yang dapat membawa beberapa kamera dan beberapa lensa sekaligus. Meskipun tas ini memiliki nama ransel, bukan berarti di dalam tas ini memiliki komponen yang sama dengan tas ransel yang digunakan untuk kegiatan sehari - hari.

Tentu tas ransel untuk kegiatan sehari - hari berbeda dengan tas ransel yang digunakan khusus untuk kamera, tas ransel khusus kamera tentunya lebih aman digunakan untuk menyimpan dan membawa kamera, karena tas ini deilengkapi dengan busa yang cukup tebal sehingga membuat lensa dan kamera menjadi lebih aman untuk dibawa. Berbeda dengan tas ransel biasa yang tidak memiliki busa yang tebal sehingga fungsinya berbeda dengan tas ransel kamera.

Ketika membawa tas ransel kamera ini, fotografer akan lebih merasa nyaman karena tas ransel ini digunakan dengan topangan 2 bahu. Sehingga fotografer tidak merasakan kesulitan atau merasa beban yang dibawa terasa berat karena dengan membawa tas ransel berat barang yang dibawa akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan membawa kamera dengan menggunakan tas selempang.

Bagi fotografer yang akan memotret di area luar ruang seperti memotret alam atau landscape sangat cocok untuk menggunakan tas ini. Tas ini biasanya dijual dengan kisaran harga 170 ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari kualitas, ukuran dan maksimal beban yang dapat ditanggungnya.

Pouch atau Tas Kecil
pouch camera
Sumber foto : Google

Dapat terlihat dari namanya, tas ini digunakan untuk membawa kamera yang memiliki ukuran sangat kecil, seperti kamera saku atau pocket. Tas ini juga biasanya tidak menggunakan tali samping atau selempang, sehingga untuk membawanya hanya perlu menjijing ujung talinya saja.

Pouch saat ini memang sudah jarang untuk digunakan karena lebih banyak menggunakan tas kamera jenis yang lain. Selain itu, pouch sudah jarang digunakan karena memang penggunaan dari kamera poket atau kamera saku saat ini yang sudah sangat jarang digunakan.

Bagi yang masih memiliki pouch ini namun sudah tidak memiliki kamera saku atau pocket, tas ini dapat dmanfaatkan untuk menyimpan dan membawa perlengkapan kamera seperti charger, baterai dan mungkin cadangan baterai kamera.
Lihat juga : Rekomendasi kamera untuk traveling
Tas Selempang
tas selempang
Sumber foto : Google

Tas ini mungkin yang lebih banyak digunakan serta diketahui oleh fotografer khususnya pemula, karena tas ini yang memang hanya dapat membawa 1 kamera dan hanya 1 lensa saja. Jenis kameranya pun yang dapat masuk ke dalam tas selempang ini yaitu jenis kamera kecil atau lensa yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, seperti lensa fix, KIT, fisheye dan lain sebagainya.

Bagi yang hanya akan membawa satu kamera dan satu lensa saja, tas ini memang sangat cocok untuk menjadi pilihan. Meskipun tas ini memiliki ukuran yang kecil, namun tas ini memiliki kelebihan. Kelebihan yang dimiliki yaitu tas ini dapat diputar ke depan sehingga ketika akan menggunakan kamera, yang perllu dilakukan hanya memutar tas tanpa harus mencopot tas ini.

Berbeda dengan tas ransel, ketika akan menggunakan kamera maka tidak bisa hanya memindahkan tas ke depan atau ke area dada saja, namun harus melepas tas ransel dan meletakkannya dibawah.

Tas ini biasanya memiliki bentuk yang bermacam - macam, dari bentuk segitiga hingga bentuk segiempat. Jika kalian ingin memotret dengan mengeluarkan kamera dengan cepat, maka tas ini bisa menjadi pilihan untuk digunakan. Ketika membeli sebuah kamera baru, tas ini selalu menjadi perlengkapan kamera yang diberikan secara gratis, karena memang sudak satu paket dengan kamera yang dibeli.

Tidak hanya ketika membeli kamera baru saja yang akan mendapatkan tas ini dari penjualnya, ketika membeli kamera bekas juga biasanya dilengkapi dengan tas kamera ini, meskipun tidak semuanya demikian karena beberapa penjual kamera bebas memang tidak memberikan tas selempang ini sebagai perlatan kamera yang dijualnya. Harga jual tas ini berkisar antara 60 hingga ratusan ribu rupiah berdasarkan ukuran, serta kualitasnya.

Tas Pinggang
Tas ini memang memiliki bentuk yang hampir sama dengan tas selempang, namun bedanya tas selempang mengaitkan talinya dibahu sedangkan tas pinggang mengaitkan tasnya di pinggang. Tas pinggang ini juga memiliki ukuran yang relatif tidak terlalu besar, sehingga hanya muat untuk membawa 1 kamera beserta lensanya saja.

Ketika menggunakan tas ini untuk membawa kamera, biasanya seseorang akan lebih dimudahkan untuk mengambil kamera dalam keadaan dan kondisi yang sangat cepat, tanpa harus mencopot tasnya dari pinggang terlebih dahulu maka kamera dapat langsung dikeluarkan sehingga ketika menggunakan tas ini mengambil kamera dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Tas ini juga cocok digunakan untuk membawa peralatan fotografi seperti flash, triger atau lensa yang memiliki ukuran yang kecil seperti lensa fix.

Agar lebih aman dan mudah membawa kamera, pemilihan tas juga perlu diperhatikan. Selain itu pertimbangkan juga jumlah kamera dan peralatan yang akan dibawa dengan ukuran dan jenis tas yang akan digunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, menambah informasi serta membantu menentukan jenis tas kamera yang akan digunakan.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: