Siapa yang dapat Dikatakan Sebagai Fotografer Profesional? | Blog Banten Kamera

Siapa yang dapat Dikatakan Sebagai Fotografer Profesional?

photographer
Sumber foto : Google
Ketika seseorang baru memasuki dunia fotografi, biasanya dapat dikatakan orang tersebut adalah seorang fotografer pemula. Hal ini terjadi karena seseorang yang baru memasuki dunia fotografi merupakan seseorang yang belum banyak memiliki atau mengetahui informasi serta pengetahuan tentang fotografi.

Sejalan dengan jenis kamera yang tersedia hingga saat ini, kamera juga memiliki sebuah tingkatan tertentu. Sebagai contoh kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) memiliki tingkatan dari mulai tingkat kamera terendah yaitu DLSR level standar/entry, DSLR level medium hingga yang paling tertinggi yaitu level pro. Setiap level kamera memiliki beberapa seri kamera yang dapat dipilih.

Apa itu fotografer profesional ?
Fotografer profesional merupakan seseorang yang menekuni dunia fotografi dengan waktu yang lama yang mampu menghasilkan karya yang spektakuler dan biasanya menjadikan fotografi sebagai profesinya. Untuk menjadi seseorang yang menguasai suatu bidang tertentu, fotografi misalnya maka membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Butuh beberapa waktu agar kalian bisa menjadi seorang yang dapat disebut fotografer profesional.

Lalu kriteria apa saja yang membuat seseorang dapat dikatakan seorang fotografer profesional? Berikut beberapa penjelasan mengenai fotografer profesional :

Menjadikan Fotografi sebagai Profesi
photographer wedding
Sumber foto : Google

Hal ini menjadi salah satu faktor, seseorang dapat dikatakan sebagai fotografer profesional, meskipun hal ini bukanlah faktor utama mengapa seseorang dapat dikatakan sebagai fotografer profesional. Meskipun terlihat sekilas yang menjadikan fotografi sebagai profesi berorientasi pada uang, namun hal tersebut bukanlah hal yang dapat dibenarkan.

Disamping menghasilkan materi, fotografer juga menghasilkan karya yang bagus. Menjadi seorang fotografer yang banyak menerima tawaran pekerjaan tentu bukanlah hal yang mudah, ia perlu menunjukkan dan memberikan bukti bahwa ia layak dijadikan fotografer pilihan untuk mengabadikan momen kalian. Cara yang dapat membuat konsumen percaya yaitu dengan menunjukkan seberapa banyak dan bagus karya fotonya serta seberapa sering ia pernah melakukan sebuah pekerjaan.

Tentu hal tersebut membutuhkan jam terbang yang tinggi hingga akhirnya kalian dapat dikatakan sebagai fotografer profesional, sebelum memiliki karya foto yang banyak dan keren, tentu ada hal yang juga harus dilakukan oleh seorang fotografer. Salah satunya yaitu berlatih dengan giat dan terus memperbaiki kekurangan serta kesalahannya.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, seseorang perlu untuk berlatih secara terus menerus dalam waktu yang lama, mengingat fotografi memiliki beberapa hal yang harus dipahami dengan baik agar foto yang dihasilkan bagus dan menarik, seperti memahami teknik fotografi, penggunaan kamera, genre dan lain sebagainya.

Pekerjaan dalam bidang fotografi banyak macamnya, tidak hanya seorang fotografer yang bertugas mengambil gambar, namun dalam dunia fotografi terdapat beberapa pekerjaan yang mampu menghasilkan materi.

Salah satu contohnya adalah pengajar/tutor fotografi, menjadi seorang tutor tentu memerlukan pengetahuan yang lebih banyak dan telah mempraktekkan kegiatan fotografi lebih sering juga, oleh karena itu menjadi seorang fotografer tidak dapat dikatakan orientasi utamanya adalah pada materi.
Lihat juga : panduan dasar penggunaan DSLR 1300D

Mampu Berbagi Pengetahuan dengan Baik
workshop photography
Sumber foto : Google

Apakah setiap orang yang berbagi pengetahuan tentang fotografi langsung dapat dikatakan sebagi fotografer profesional? tentu jawabnya tidak. Setiap orang memiliki kesempatan untuk memberikan informasi atau pengetahuan mengenai fotografi kepada sesamanya, namun yang membedakan adalah tingkat pengetahuan yang dibagikannya dan sudah sejauh apa fotografer tersebut melakukan atau mempraktekkannya.

Pada beberapa kesempatan, seminar atau workshop tentang fotografi dilakukan guna memberikan tambahan informasi serta pengetahuan mengenai fotografi kepada seseorang. Biasanya dalam sebuah seminar fotografi, dihadirkan seorang fotografer yang sudah lama berada di bidang ini, memiliki banyak pengetahuan, karya, usaha, ataupun penghargaan yang membanggakan.

Tentu hal ini menjadi pertimbangan agar materi atau informasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan baik dan pertanyaan dapat terjawab dengan baik juga. Berbeda jika narasumber dalam suatu seminar atau workshop tidak memiliki pengetathuan, pengalaman serta informasi yang cukup, maka akan sulit menjelaskan secara menyeluruh mengenai bahasan fotografi serta ilnformasi dan pengetahuan yang disampaikan pun menjadi kurang lengkap.

Sebagai contoh fotografer profesional yang sering mengisi materi untuk seminar atau workshop yaitu Arbain Rambey, seorang fotografer yang sudah puluhan tahun menekuni dunia fotografi dan menghasilkan karya yang luar biasa keren dan patut dicontoh.

Rela Berkorban dan Bersusah Payah
photographer wild
Sumber foto : Google

Setiap melakukan suatu hal untuk hasil yang bagus dan berbeda tentu seseorang harus mendapatkannya dengan bersusah payah dan rela berkorban, inilah yang dimiliki da dilakukan oleh seorang fotografer profesional. Biasanya seorang fotografer profesional selalu menekankan dirinya menjadi seseorang yang dapat menghasilkan karya yang konsisten bagus dan menariknya.

Sehingga berbagai rintangan serta medan yang berat harus ditempuh agar menghasilkan foto yang bagus dann keren, hal ini biasanya lebih dirasakan pada seorang fotografer yang banyak menghasilkan foto di alam liar.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dari objek yang berada di alam liar, tentu seorang fotografer harus rela menempuh perjalanan yang sulit dan memkan waktu yang lama, namun seorang fotografer profesional memiliki tekad dan kemampuan untuk terus maju guna untuk mneghasilkan foto yang selalu bagus meskipun harus rela menunggu atau melakukan perjalanan yang tidak mudah.

Memiliki Karya yang Bagus
Tentu hal ini menjadi salah satu faktor utama mengapa seseorang dapat dikatakan sebagai fotografer profesional, menjadi seorang fotografer profesional tentu mampu menghasilkan foto yang bagus dan karya yang tidak sedikit. Hal ini dapat dilakukan untuk menjadi salah satu bukti bahwa menjadi seorang fotografer profesional bukanlah perkara yang mudah dan membutuhkan waktu yang singkat.

Untuk menghasilkan karya yang bagus memerlukan pemahaman yang baik tentang fotografi dan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki hingga kahirnya mampu menghasilkan karya yang spektakuler.

Untuk menjadi seorang fotografer profesional hal yeng terpenting yaitu terus berlatih meskipun sudah memahami fotografi dengan baik, selalu menghasilkan sebuah karya yang konsisten, memiliki sebuah ciri atau kekhasan dan selalu memperbaiki kesalahan dalam hasil karyanya.

Bagi kalian yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang fotografer profesional, sebaiknya kalian memahami da mencoba untuk melakukan beberapa hal diatas.

Itulah penjelasan mengenai fotografer profesional yang selama ini banyak dibahas dan menjadi perdebatan, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi dan pengetahuan tentang fotografi dann selamat berlatih untuk menjadi fotografer profesional seperti yang kalian impikan.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: