Fotografi Hanya Sebagai Hobi atau Profesi? | Blog Banten Kamera

Fotografi Hanya Sebagai Hobi atau Profesi?

photographer
Sumber : Shutterstock
Setiap orang memiliki tujuan masing - masing dalam hidupnya. Termasuk memilih sebuah hobi dan pekerjaan. Namun yang lebih menyenangkan adalah dapat menjadikan hobi kita juga sebagai pekerjaan. Untuk menjadikan hobi sebagai sebuah pekerjaan, tentu hal tersebut akan membuat kita senang dalam menjalaninya karena hal tersebut merupakan hal yang kita sukai.

Termasuk ketika membahas mengenai fotografi, bagaimana kalian sebagai pecinta fotografi menempatkannya? Apakah kalian hanya menjadikan fotografi sebagai hobi saja atau sekaligus sebagai sebuah profesi? Beberapa orang menjadikan fotografi hanya untuk sebagai hobi, namun beberapa lainnya menjadi fotografi sebagai hobi sekaligus profesi.

Berbanggalah ketika kalian memilih menjadikan hobi yaitu fotografi sebagai sebuah profesi kalian juga, dengan begitu biasanya seseorang akan lebih mudah dan senang dalam menjalaninya. Hal ini juga menandakan bahwa kalian adalah seseorang yang bisa memanfaatkan peluang dan kelebihan yang kalian miliki menjadi hal yang lebih bermanfaat serta mampu memenuhi kebutuhan kalian.

Meskipun begitu, tidak berarti seseorang yang hanya menjadikan fotografi sebagai hobi saja merupakan termasuk orang yang tidak bisa memanfaatkan kelebihan, tentu hal tersebut menjadi sebuah keputusan masing - masing diri kalian.

Dalam beberapa pertimbangan, biasanya seseorang yang baru menjadikan fotografi sebagai hobi saja mempunyai beberapa alasan, misalnya kalian memang fotografi bukan passion, kalian masih awal dalam dunia fotografi atau mungkin seseorang tersebut merasa fotografi bukanlah sebuah pekerjaan yang menjanjikan.

Meskipun seseorang menyukai fotografi, bukan berarti orang tersebut memilih jalan hidupnya selalu berhubungan dengan fotografi, artinya memilih pekerjaan seputar foto juga. Beberapa orang yang menyukai fotografi memang menentukan pekerjaannya pada bidang lain, mungkin ia lebih suka bekerja di kantor yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dibalik komputer. Berbeda dengan fotografer yang memang menghabiskan waktu dibalik kamera dan banyak bergerak.

Bagi yang masih awal dalam dunia fotografi, memang sebaiknya kalian mempelajari fotografi secara mendalam terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia profesi fotografi. Jika dilihat, saat ini semakin banyak profesi fotografer di Indonesia, hal ini menandakan bahwa semakin banyak orang yang berminat untuk terjun dalam dunia fotografi.

Lihat juga : Tips foto dengan kamera HP

Bagi kalian para pemula yang masih dalam tahap awal, pastikan kalian belajar serta mencari pengalaman tentang fotografi sebelum kalin benar - benar terjun ke dunia profesi fotografi.
photographer
Sumber foto : Google

Hal tersebut sebaiknya kalian lakukan untuk membuat kalian menjadi fotografer yang berkualitas yang tentunya mampu menghasilkan gambar atau karya yang bagus dan menarik, serta layak untuk menjadikan fotografi sebagai sebuah profesi.

Meskipun saat ini semakin banyak fotografer yang mampu menghasilkan karya yang bagus dan menarik, tentu hal tersebut seharusnya tidak menjadi penghalang bagi kalian yang memang
ingin memutuskan menjadikan hobi fotografi kalian sebagai profesi kalian kedepannya.

Hal yang terpenting sebelum memulainya, kalian sebaiknya mampu mempelajari dan berlatih berbagai hal mengenai fotografi untuk meningkatkan kualitas karya kalian.

Kesempatan untuk seseorang yang hanya menjadikan fotografi hanya sebagai hobi juga tidak kalah menarik, kalian tetap bisa mendapatkan kesempatan yang baik. Seperti mengikuti sebuah lomba, bergabung dalam komunitas dan lain sebagainya. Untuk itu, kalian perlu memanfaatkan hobi kalian menjadi hal yang lebih bermanfaat dan baik bagi diri kalian.

Untuk kalian yang memang menentukan profesi kalian menjadi seorang fotografer, jangan khawatir mengenai persaingan yang semakin ketat karena semakin banyaknya fotografer hebat disekitar kalian.

Hal tersebut seharusnya mampu kalian jadikan pelajaran dan motivasi untuk menjadi fotografer yang lebih baik lagi yang mampu menghasilkan ide/konsep yang kreatif untuk menghasilkan hasil foto yang lebih keren.

Namun tentu menjadi seorang fotografer membuat kita menjadikan diri menjadi seseorang yang lebih kreatif dan mampu menghasilkan karya yang berbeda. Hal tersebut yang menjadi perbedaan dan menjadikan fotografer yang satu dengan yang lain menjadi unggul.

Seseorang yang memiliki hobi fotografi dan memilih menjadi seorang fotografer juga tidak selalu berbicara mengenai kemampuan fotografi saja, namun yang perlu kalian persiapkan dan kuasai yaitu bidang bisnis dan memiliki banyak relasi. Terlebih kalian menjadi seorang fotografer dengan membangun bisnis atau usaha sendiri.

Oleh sebab itu keterampilan kalian juga tidak hanya sebatas pandai memotret dan mampu menghasilkan karya yang menarik, disamping itu kalian juga perlu menguasai bidang bisnis yang akan membuat kalian menjadi fotografer yang dikenal oleh banyak orang.

Itulah penjelasan mengenai fotografi sebagai hobi atau sebagai pekerjaan, tentu kalian dapat menentukannya setelah berfikir mengenai minat kalian yang sebenarnya tentang fotografi, apakah kalian hanya menempatkan sebagai hobi atau sebagai profesi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kalian untuk menentukannya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: