Tips Foto dengan Kamera HP | Blog Banten Kamera

Tips Foto dengan Kamera HP

Foto pakai HP
Sumber foto : Google
Fotografi tidak hanya berbicara mengenai kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau mirrorless saja, namun kalian dapat menciptakan sebuah foto yang bagus dan menarik hanya dengan menggunakan handphone saja. Hal ini dapat kalian lakukan ketika kalian harus bepergian ke tempat yang sangat sulit jika harus membawa dan menggunakan kamera digital.

Kamera DSLR ataupun mirrorless tentunya memiliki bobot yang lebih berat dari pada HP, selain itu kamera DSLR dan mirrorless juga membutuhkan tempat khusus yang terkadang membuat kalian harus membawa tas tambahan untuk digunakan oleh kamera.

Biasanya hal tersebut sangat sulit dilakukan ketika kalian sedang lelah untuk membawa terlalu banyak barang keluar. Berbeda dengan handphone yang dapat kalian masukkan ke saku celana tanpa harus membawa tas tambahan serta bobotnya pun lebih ringan dan praktis.

Pada beberapa kondisi dan tempat, terkadang kalian dilarang untuk membawa kamera masuk kedalam. Biasanya hal ini dilakukan ketika kalian masuk kedalam mall atau pusat perbelanjaan, oleh sebab itu satu - satunya cara kalian dapat tetap memotret, yaitu dengan menggunakan HP yang kalian bawa saat itu.

Berbeda dengan kamera, pada era yang semakin maju ini tentu kalian setiap hari selalu membawa HP kemanapun kalian pergi, selain menggunakan HP untuk berkomunikasi, tentu kalian juga dapat memanfaatkan handphone untuk hal lainnya. Selain itu, jangan khawatir bagi kalian yang memang tidak memiliki kamera, kalian tetap bisa menghasilkan foto yang bagus dengan kamera HP yang kalian miliki.

Kalian akan tetap bisa menghasilkan foto yang bagus hanya dengan memaksimalkan kamera HP kalian. Meskipun kamera HP tidak sebagus kamera digital, namun dengan mempelajari dan melakukan beberapa tips berikut kalian akan mampu menghasilkan foto yang menarik dan tentunya tidak kalah dengan kamera digital. Berikut adalah beberapa tips foto dengan kamera HP :

Perhatikan Pencahayaan Sekitar
Meskipun HP memiliki flash, lebih baik kalian menggunakan pencahayaan alami yang terdapat di sekitar kalian. Hal ini sebaiknya dilakukan agar hasil foto kalian lebih soft dan merata. Berbeda jika menggunakan flash yang akan memancarkan cahaya hanya pada bagian objek saja serta area lain diluar objek akan gelap. Kecuali kalian memang bermaksud untuk memotret dengan hasil yang seperti itu.

Jika kalian hanya menggunakan pencahayaan alami saja, kalian dapat berpindah atau mencari tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup. Hal ini lebih baik kalian lakukan dari pada harus menggunakan flash HP.

Lihat juga : 3 Pertimbangan Membeli Lensa Kamera

Dekati Objek Foto
mendekati objek foto
Sumber foto : Google

Kualitas kamera HP dengan kamera DSLR atau mirorrless tentu berbeda, jika kalian menggunakan kamera DSLR atau mirrorless untuk mengambil gambar dari jarak jauh serta menggunakan zoom, tentu hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan.

Berbeda jika kalian menggunakan HP, tentu kualitas gambar yang dihasilkan dengan menggunakan zoom kamera HP akan menurun. Semakin banyak zoom yang digunakan, maka akan semakin pecah hasil gambarnya.

Untuk itu, satu - satunya cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan hasil gambar dengan kualitas terbaik dari kamera HP, kalian hanya bisa mendekat ke objek foto kalian. Hal ini mampu menghasilkan gambar yang lebih bagus tentunya dibanding dengan menggunakan zoom.

Stabilkan Pegangan pada HP
Hasil gambar dapat dikataka bagus salah satunya dengan melihat apakah hasil gambar tersebut tajam atau tidak. Untuk menghasilka foto yang tajam tanpa guncangan dengan menggunakan HP, pastikan kalian memegang HP dengan erat dan gunakan kedua tangan.

Memotret dengan menggunakan satu tangan biasanya menghasilkan foto yang kurang stabil dan akan menghasilkan foto yang kurang tajam karena terjadi guncangan saat proses memfoto.Oleh sebab itu, gunakan kedua tangan dan letakkan siku kalian di meja atau pastikan kedua tangan kalian menempel pada bagian dada dan perut.

Jika kalian masih merasa kurang puas hanya dengan menggunakan tangan saja, kalian dapat menggunakan tripod HP yang natinya dapat kalian letakkan di meja atau kursi sekitar kalian. Dengan begitu, hasil foto kalian tidak blur karena HP kalian sudah diletakkan pada tripod.

Bersihkan Lensa Terlebih Dahulu
lensa hp
Sumber foto : Google

Sebelum kalian memotret, pastikan kalian membersihkan lensa kamera terlebih dahulu. Hal ini dapat kalian lakukan untuk membantu menghasilkan gambar yang lebih bersih serta mendapatkan gambar yang lebih jelas. Berbeda jika kalian tidak membersihkan lensa kamer HP terlebih dahulu, hal tersebut akan membuat hasil foto kalian terhalang oleh kotoran.

Kotoran pada lensa biasanya berupa debu atau bekas sidik jari karena biasanya kalian tidak sengaja untuk memegang lensa kamera HP menelfon atau kotoran yang ikut menempel ketika kalian meletakkan kamera kalian di suatu tempat. Gunakan kain khusus membersihkan lensa agar lensa kamera HP kalian tidak tergores dan tetap mulus.

Tunggu Beberapa Saat Setelah Foto
Kamera hp
Sumber foto : Google

Tentu kamera HP lebih lambat dalam menangkap gambar dibanding kamera DSLR atau kamera mirrorless, oleh sebab itu, setelah kalian memencet untuk mengambil foto pada kamera, sebaiknya kalian menunggu 2 hingga 5 detik sampai foto kalian benar - benar tersimpan ke galeri.

Hal ini kalian lakukan untuk mengurangi hasil foto kalian menjadi blur, sehingga kalian akan lebih mendapatkan gambar yang tajam dan bagus. Berbeda jika ketika kalian setelah memotret langsung bergerak, biasanya hasil foto kalian akan menjadi blur karena tidak memberikan jeda terlebih dahulu setelah menangkap gambar.

Pilihlah Jenis HP yang Memiliki Kamera Baik
Jika kalian mempunyai HP dengan kamera bagus seperti iPhone X, Tentu kalian akan mendapatkan hasil foto yang bagus juga. Karena iPhone X memiliki kamera dengan resolusi sebesar 12MP. Namun jangan khawatir jika kalian tidak memiliki iPhone X, kalian bisa menggunakan HP yang kalian memiliki dengan menerapkan beberapa tips diatas.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan ketika aka foto menggunakan HP, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: