Mengubah atau Membuat Kamera HP Jadi Seperti DSLR | Blog Banten Kamera

Mengubah atau Membuat Kamera HP Jadi Seperti DSLR

kamera handphone
Sumber foto : Google
Menghasilkan foto saat ini tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kamera DSLR atau kamera mirrorless saja, namun kehadiran handphone mampu menjadi salah satu pengganti dari penggunaan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) dan mirorless ketika mungkin kalian tidak dapat menggunakan 2 jenis dari kamera tersebut.

Biasanya seseorang hanya menggunakan kamera handphone untuk foto karena beberapa alasan, alasan pertama yaitu orang tersebut tidak memiliki kamera DSLR atau mirrorless, atau alasan selanjutnya yaitu terkadang pada beberapa kondisi akan sulit untuk membawa kamera DSLR yang memiliki bobot lumayan berat dengan ukuran kamera yang cukup besar. Dengan alasan tersebut sehingga seseorang lebih memilih untuk menggunakan kamera handphone untuk memotet.

Beberapa orang menganggap kamera handphone merupakan kamera dengan kualitas yang standar yang hanya bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang biasa pula. Namun, saat ini semakin canggih sebuah teknologi yang tersedia serta dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk keperluan memotret dengan menggunakan kamera handphone. Saat ini semakin banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk membuat kamera handphone kalian menjadi kamera layaknya DSLR.

Berikut beberapa cara beserta penjelasannya agar kamera handphone kalian dapat diubah seperti layaknya kamera DSLR :

Menggunakan Aplikasi pada Handphone
Sumber foto : Google

Saai ini semakin banyak orang yang berkreatifitas menciptakan berbagai aplikasi yang dapat diunduh dan dimanfaatkan untuk memperbanyak pilihan fitur pada handphone. Dari sekian banyak aplikasi yang diciptakan, salah satu yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan fotografi yaitu aplikasi FV-5. Apa itu aplikasi fv-5?

Aplikasi FV-5 merupakan sebuah aplikasi untuk kebutuhan fotografi yang mampu menyediakan pilihan fitur yang baik. Sesuai seperti apa yang dijelaskan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi kamera profesional yang membuat handphone kamera kalian dapat di setting secara manual layaknya kamera DSLR. Hal ini merupakan kabar yang menggembiran bagi orang yang sangat menyukai fotografi namun hanya bisa mengandalkan kamera handphone.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian dapat mengambil gambar dengan 2 pilihan format gambar, PNG dengan JPG. Selain itu aplikasi ini menawarkan diafragma sebesar f/2.8 dengan ISO minimal 100 da maksimal 1600. Kalian dapat merubah ISO ketika akan mengambil foto atau kalian juga mengatur ISO menjadi auto.

Selanjutnya aplikasi ini juga menyediakan beberapa mode yang dapat dipilih sesuai dengan apa yang akan kita foto. Meski tidak lengkap seperti mode yang terdapat pada kamera DSLR, namun mode pada aplikasi ini cukup bisa dijadikan pilihan ketika akan memotret.

Beberapa mode yang tersedia aplikasi ini yaitu Focus mode, portrait, flower, P dan S. Selain itu, aplikasi ini memiliki exposure compensation yang berfungsi untuk menyesuaikan kecerahan cahaya pada foto yang ditangkap. Dengan menggunakan exposure compensation maka hasil foto kalian normal, tidak terlalu terang jura tidak terlalu gelap karena kesalahan yang kamera lakukan.

Kalian juga dapat mnegatur kualitas atau ukuran foto yang akan kalian ambil, dari mulai kualitas yang paling rendah hingga kualitas foto yang tertinggi. Namun hal ini juga di sesuaikan dengann kualitas kamera handphone kalian. Dengan menggunakan aplikasi ini bukan berarti hasil foto kalian memiliki kualitas yang bagus, namun dengan menggunakan aplikasi ini kalian dapat mengatur kamera secara manual.

Faktor utama hasil foto yang bagus tetap pada siapa yang mengambil foto tersebut, yaitu kalian yang menggunakan aplikasi ini. Untuk menggunakan aplikasi ini, kalian dapat mengunduhnya secara gratis melalui playstore.

Menggunakan Lensa Tambahan
Kata siapa lensa tambahan hanya untuk kamera DSLR atau mirrorless saja? Saat ini sudah tersedia lensa khusus yang dapat digunakan untuk kamera handphone. Meskipun kamera handphone berukuran sangat kecil, namun tidak membuat kamera handphone tidak dapat dipasangi lensa tambahan. Beberapa lensa khusus untuk kamera handphone dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai macam foto yang berbeda, diantaranya yaitu lensa tele zoom dan lensa fisheye.
Lihat juga : 8 tips foto model indoor dan outdoor
Lensa Tele Zoom
lensa tele kamera handphone
Sumber foto : Google

Lensa tele zoom ini merupakan lensa yang dapat berfungsi untuk zoom lebih besar. Dengan lensa in, kalian dapat zoom objek foto kalian sebanyak 8 kali lebih dekat, harga yang ditawarka untuk mendapatkan lensa ini yaitu 100 ribu rupiah. Harga yang sangat terjangkau untuk kalian yang memiliki budget tipis namun membutuhkan fitur kamera yang lebih baik.

Ketika membeli lensa ini, biasanya kalian akan mendaptkan sekaligus satu paket beserta dengan hoder, fungsi dari holder ini yaitu untuk menopang handphone kalian agar pas dan sesuai ketika memasangkan lensa ini pada handpone kalian.

Meskipun hasilnya tidak terlalu bagus, namun lensa ini cukup membantu kalian untuk menangkap foto dengan jarak yang jauh yang biasanya dengan hanya menggunakan kamera handphone objek yang ditangkap tidak terlihat dengan jelas.

Lensa Fisheye
lensa fisheye
Sumber foto : Google

Beberapa waktu lalu mulai muncul lensa fisheye di kalangan masyarakat, tidak hanya kamera DSLR saja yang dapat menggunakan lensa fisheye, namun handphone pun saat ini sudah dapat menggunakan lensa dengan jenis fisheye.

Lensa ini dapat memberikan efek dengan distorsi cembung untuk hasil fotonya, biasanya lensa ini digunakan untuk menangkap gambar dengan area yang luas sehingga banyak bagian yang dapat terekam atau masuk dalam frame.

Berbeda dengan lensa biasa yang hanya menangkap dengan luas area yang lebih sempit, harga yang ditawarkan untuk mendapatkan lensa ini yaitu sangat terjangkau. Bahkan pada beberapa toko online memberikan harga yang sangat rendah yaitu hanya 10 ribu rupiah. Berbeda dengan lensa tele foto diatas, lensa ini tidak membutuhkan holder ketika akan dipasang pada kamera handphone kalian, lensa ini berukuran lebih kecil dari tele foto.

Untuk memasang lensa ini caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menjepitkan lensa fisheye pada kamera kalian, setelah itu kalian dapat langsung menggunakannya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kamera handphone kalian serta dapat meningkatkan kamera handphone kalian layaknya kamera DSLR. Hal yang penting selain beberapa cara diatas, kalian sebaiknya menggunakan handphone dengan kualitas kamera yang baik juga. Hal ini dapat membantu untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus juga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: