Bagus Kamera Sony atau Fujifilm? | Blog Banten Kamera

Bagus Kamera Sony atau Fujifilm?

sony atau fujifilm
Sumber foto : Google
Setiap merek kamera pasti menyuguhkan keunggulan masing - masing produk yang dimilikinya, tidak terkecuali Sony dan Fujifim. 2 brand besar ini memang lebih banyak mengungguli kamera jenis mirrorless dari pada DSLR yang lebih dikuasai oleh brand besar seperti Canon dan Nikon. Baik fujifilm maupun sony merupakan perusahaan penyedia kamera yang besar, tentu setiap orang merasa bingung apa yang menjadi keunggulan dari masing - masing merek tersebut.

Baik Sony ataupun Fujifilm, menyuguhkan kamera dengan kualitas yang sama - sama bagus, namun keduanya tentu memiliki perbedaan serta keunikan tersendiri. Yang terpenting adalah ketika akan memilih diantara dua kamera ini, sebaiknya perhatikan dan pahami masing - masing kelebihan dan spesifikasi yang dimiliki.

Untuk dapat memilih mana yang terbaik, tentu yang dapat menentukan adalah tetap diri kita sendiri. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing - masing kamera baik sony maupun fujifilm:

Bagaimana dengan Kamera Sony?
sony a5000
Sumber foto : Google

Kamera sony lebih unggul dalam masalah autofokus, meskipun sony bukanlah kamera terbaik dalam menyuguhkan autofokus yang akurat dan cepat, namun sony cukup mengungguli fujifilm dalam masalah autofokus. Tentu autofokus merupapakn hal yang penting serta sering digunakan untuk mengambil berbagai macam gambar yang dilakukan oleh fotografer pemula bahkan fotografer profesional sekalipun.

Tidak ada batasan bahwa fotografer profesional tidak menggunakan autofokus kamera, karena autofokus membantu seseorang untuk mengambil gambar dengan cepat serta fokus yang sudah pasti. Autofokus memang berfungsi untuk memudahkan penggunanya, namun dengan menggunakan autofokus juga terkadang masih menghasilkan gambar yang blur atau biasa disebut dengan salah fokus, biasanya hal ini terjadi ketika lensa lebih mengarahkan fokusnya pada background dari pada ke area objek utamanya.

Kamera sony lebih menghasilkan gambar dengan warna yang lebih kontras dari pada kamera fujifilm, bagi yang lebih menyukai hasil gambar dengan warna yang lebih tajam dan kuat, sony bisa menjadi pilihan kamera yang tepat.

Namun bukan berarti fujifilm menghasilkan gambar yang pucat dan kurang menarik, fujifilm lebih menghasilkan gambar yang alami yaitu sesuai dengan apa yang sebenarnya. Jadi intinya mengenai hasil warna antara kedua kamera ini, sony lebih kuat dan lebih berani memberikan hasil foto dengan warna yang sedikit lebih cerah dibanding fujifilm.

Namun sebenarnya hal ini bukanlah sebuah masalah jika pengguna kamera fujifilm dan kamera sony banyak memberikan sentuhan pada hasil akhir fotonya, seperti melakukan editing menggunakan aplikasi dengan memberikan tambahan kecerahan warna yang dilakukan pada hasil fotonya.
kamera sony
Sumber foto : Google

Selanjutnya yaitu mengenai hasil video dari masing - masing merek kamera tersebut, dalam hal ini memang sony lebih banyak menyuguhkan kamera yang sangat bagus jika digunakan untuk merekam video, salah satunya yang banyak dilakukan saat ini seperti membuat vlog. Banyak yang menjatuhkan pilihannya untuk menggunakan mirrorless merek sony. Banyak para vlogger dan youtuber terkenal yang menggunakan salah satu seri dari merk sony seperti A7S Mark II dan Sony A6300.

Mengenai harga sony kembali mengungguli fujifilm, namun perbedaan harga untuk level dengan spesifikasi yang hampir sama, antara sony dan fujifilm tidak memiliki perbedaan harga yang sangat mencolok. Namun memang sony sedikit lebih terjangkau, namun hal ini bukanalah suatu hal yang dapat menjadi pertimbangan untuk mendapatkan kamera yang benar - benar memiliki kualitas yang baik.

Mengenai ukuran sensor, sony kembali maju kedepan dengan menyediakan dua ukuran sensor yang terdiri dari APS C dan full frame, berbeda dengan fujifilm yang hanya memiliki satu sensor yaitu APS C.

Bagaimana dengan Kamera Fujifilm?
kamera fujifilm
Sumber foto : Google

Keunggulan yang pertama yaitu mengenai desain kamera yang disuguhkan fujifilm, bagi seseorang yang lebih menyukai desain kamera yang unik dan terkesan retro atau vintage, tentu fujifilm maju mengungguli kamera sony. Fujifilm memang memberikan desain yang unik dan vintage namun dengan kemampuan yang modern. Berbeda dengan sony yang memang lebih memberikan desain yang modern.

Terkadang desain yang keren juga menjadi hal yang dipertimbangkan oleh fotografer, meskipun hal ini tidak selalu terjadi, namun desain yang keren memang mampu untuk menarik seseorang untuk memiliki kamera fujifilm yang menonjolkan desain retronya.

Mengenai pilihan lensa, fujifilm mampu untuk membuat sony berada diurutan belakang. Meskipun piliha lensa yang disuguhkan untuk fujifilm tidak terlalu banyak, namun fujifilm tetap dapat mengungguli kamera sony. Bagi seseorang yang sering menggunakan lensa yang berbeda dan bermacam - macam, tentu memiliki kamera fujifilm akan lebih asyik karena pilihan lensanya yang lebih banyak.

Untuk dapat menghasilkan foto atau video yang bagus, tentu tidak benar jika hanya mengukur dari kualitas kamera yang digunakannya, namun hal tersebut juga sangat didukung dengan pengguna kamera atau seperti apa fotografer dan videografer mampu menciptakan karya yang luar biasa bagus.

Sony dan fujifilm hanya 2 dari berbagai kamera yang memiliki kualitas bagus lainnya, untuk lebih dapat memastikan kamera mana yang mampu menghasilkan gambar dan video yang terbaik, langkah yang perlu dilakukan yaitu mencoba dan melihat bagaimana hasil yang mampu didapatkannya.

Bagaimana, dari penjelasan diatas sudah dapat menentukan mana kamera yang sebaiknya untuk dipilih? Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta membantu dalam menentukan kamera pilihan yang mampu memberikan hasil yang terbaik. Selamat menentukan kamera terbaikmu!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: