Pilih Mana, Kamera Mirrorless M3 atau 60D? | Blog Banten Kamera

Pilih Mana, Kamera Mirrorless M3 atau 60D?

canon m3
Sumber foto : Google
Memilih kamera terbaik memang memerlukan beberapa waktu untuk menentukannya, terlebih kamera yang akan dibeli merupakan kamera yang memiliki harga yang relatif tinggi. Tentu kita tidak ingin salah memilih ketika akhirnya sudah menentukan sebuah kamera, untuk menentukan kamera yang terbaik dan sesuai dengan yang dibutuhkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu seperti mencari tahu spesifikasinya, keunggulan, serta kelemahannya.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menentukan kamera yang terbaik, hal tersebut memang perlu dilakukan agar kalian tidak menyesal di kemudian hari karena telah memilih kamera yang salah. Saat ini kamera mirrorless mampu menyaingi eksistensi kamera DSLR, sehingga antara keduanya dapat dibandingkan satu sama lain. Hal ini dapat dilakukan karena mirrorless mulai dapat menyuguhkan kamera yang memiliki kualitas yang sangat baik.

Beberapa orang sering membandingkan kamera mirrorless canon M3 dengan kamera DSLR 60D, mengapa begitu? beberapa faktor yang dapat membuat keduanya dapat disandingkan di level yang sama. Lalu manakah yang sebenernya lebih unggul dan lebih pantas dipilih?

Untuk menentukan mana yang lebih baik untuk dipilih yaitu dengan melihat spesifikasi dari masing - masing kamera, baik mirrorless canon M3 atau kamera DSLR 60D, berikut uraian dari masing - masing spesifikasinya:

Mirrorless Canon M3
Mirrorless Canon M3
Sumber foto : Google

Kamera ini termasuk dalam kamera mirrorless entry level atau yang termasuk dalam kamera mirrorless tipe standar, kamera ini dilengkapi dengan sensor APS-C 24.0MP dengan ISO dari 100 hingga 12.800. Kamera satu ini memiliki bobot yang cukup ringan yaitu hanya sekitar 366 gram, serta kamera ini memiliki prosessor digic 6.

Bagi yang lebih suka untuk membuat vlog, kamera ini cocok untuk dijadikan pilihan karena selain memiliki kualitas video yang bagus, juga memiliki layar flip dan touchscreen yang dapat mendukung kegiatan vlog sehingga menjadi lebih mudah.

Untuk resolusi video kamera mirrorless canon M3 ini yaitu 1920 x 1080, selain itu kamera ini juga dapat menggunakan handphone sebagai alat untuk mengontrol penggunaan kamera atau memberikan perintah kepada kamera, untuk mengontrol atau memberikan perintah melalui handphone, ada aplikasi yang harus diinstall terlebih dahulu.

Karena kamera ini mirrorless, yaitu kamera yang tidak memiliki cermin, sehingga kamera ini tidak memiliki view finder atau jendela bidik yang biasanya tersedia pada kamera DSLR. Dengan menggunakan view finder, baterai kamera akan lebih hemat penggunaanya dibandingkan
membidik objek menggunakan LCD. N

amun kamera kamera mirrorless tidak memiliki jendela bidik, sehingga ketika membidik objek hanya dapat dilakukan melalui LCD saja, hal ini yang membuat baterai kamera menjadi lebih cepat habis. Kamera mirrorless hanya bisa memotret sebanyak 250 foto untuk sekali charge atau dalam keadaan baterai yang penuh.

Shutter speed maksimal yang dapat digunakan oleh kamera ini yaitu 1/4000, sehingga dapat memotret objek meskipun objek sedang bergerak sangat cepat. Mirrorless canon M3 juga dilengkapi dengan Wi-Fi yang semakin memudahkan untuk memindahkan hasil foto dengan waktu yang sangat cepat serta tanpa bantuan media yang lain seperti laptop atau komputer. Harga kamera ini jauh lebih murah, yaitu sekitar 7 juta rupiah. Dengan harga ini kalian sudah mendapatkan kamera yang memiliki kualitas yang bagus serta fitur yang lengkap.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) 60D
Canon 60D
Sumber foto : Google

Berbeda dengan kamera pembandingnya, kamera ini justru termasuk dalam kamera profesional yang memang lebih banyak digunakan oleh fotografer profesional. Kamera ini dilengkapi dengan sensor yang lebih kecil yaitu sebesar 18MP dengan ISO dari 100 hingga 6400.

Kamera DSLR ini memang memiliki bobot yang lebih berat daripada canon M3, yaitu sekitar 755gram, serta kamera ini memiliki prosessor digic 4. Kamera ini memang sedikit sulit digunakan jika harus digunakan untuk membuat vlog sendiri, meskipun memiliki layar putar yang mendukung untuk pembuatan vlog namun mirrorless canon M3 lebih unggul dan bisa menjadi pilihan untuk dijadikan kamera vlog.

Kamera ini memiliki view finder sehingga bisa lebih menghemat baterai kamera, ketika baterai kamera sedang dalam keadaan lemah atau semakin berkurang maka kalian bisa beralih menggunakan view finder dan sementara untuk tidak menggunakan LCD. Berbeda dengan kamera mirrorless yang harus terus menggunakan LCD untuk membidik objeknya karena tidak memiliki pilihan lain.

Dengan penggunaan view finder yang lebih sering, kamera 60D ini akan lebih lama waktu pemakaiannya, jika kamera mirrorless hanya dapat menghasilkan gambar sebanyak 250 foto, kamera ini dapat menghasilkan gambar hingga 1100 foto.

Shutter speed maksimal yang dapat digunakan kamera ini yaitu 1/8000, sehingga dapat menangkap foto dengan objek bergerak yang lebih cepat, bahkan lebih cepat dari kamera mirrorless canon M3. Namun sayangnya kamera ini tidak memiliki Wi-fi yang membuat pemindahan hasil foto atau video menjadi lebih lama dan rumit karena membutuhkan bantuan media lain seperti laptop ataupun komputer. Untuk harga, kamera ini memang jauh lebih mahal dari mirrorless canon M3 yaitu sekitar 16 juta rupiah.

Jika dibandingkan antara keduanya, masing - masing tentu memiliki keunggulan masing - masing yang dapat menarik minat fotografer sesuai dengan kebutuhan seperti apa yang ingin didapatkan.
Berikut beberapa hal yang membuat kamera 60D lebih unggul dari kamera mirrorless canon M3:

Pilihan lensa
Lensa Samyang
Sumber foto : Google

Karean untuk mendapatka hasil yang baik membutuhkan dukungan lensa yang lebih, sehingga mengganti atau menggunakan lensa yang berbeda memang sebaiknya dilakukan, dengan begitu semakin banyak pilihan lensa maka akan semakin beragam pula foto yang dapat dihasilkan. Kamera mirrorless memang tergolong baru dibandingkan kamera DSLR, oleh sebab itu keunggulan yang dimiliki kamera 60D yaitu mengenai ketersediaan lensanya.

LCD Kamera
Kamera ini memiliki LCD yang dapat diputar 180 derajat sehingga lebih memudahkan fotografer ketika akan menggunakan dan memotret gambar ataupun video dari berbagai angle.

Hemat Baterai dengan Menggunakan Jendela Bidik
Jika ingin memotret suatu kegiatan atau acara dengan durasi yang lama, tentunya membutuhkan performa kamera yang lebih lama, oleh karena penghematan baterai dapat disiasati dengan menggunakan jendela bidik sepanjang memotret foto, sehingga baterai akan lebih hemat.

Memotret dengan Cahaya Rendah
low light
Sumber foto : Google

Terkadang beberapa tempat memiliki cahaya yang rendah atau minim, dengan menggunakan kamera ini memotret di cahaya yang rendah tetap mampu mendapatka hasil yang bagus.

Shutter Speed lebih Cepat
Dengan memiliki shutter speed yang lebih cepat, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan foto dengan objek bergerak yang lebih cepat pula.

Tidak hanya kamera 60D saja yang memiliki keunggulan, mirrorless canon M3 juga pantas dipilih dengan berbagai keunggulan dan kelebihan yang dimilikinya, berikut beberapa hal yang membuat kamera canon M3 lebih tepat untuk dipilih:

Bisa Mengontrol Kamera Menggunakan Smartphone
Jika ingin mengontrol atau mengambil gambar melalui smartphone, menggunakan kamera mirrorless canon M3 hal ini dapat dilakukan. dengan memasang aplikasi saja kalian sudah bisa mengontrol penggunaan kamera melalui smartphone.

Lebih Ringan dan Body yang Ramping
Kamera ini memang memiliki bobot yang lebih ringan daripada 60D dan body yang lebih ramping,
sehingga kamera ini cocok untuk membuat vlog sendiri tanpa bantuan orang lain, karena dapat dipegang dengan menggunakan satu tangan. Kamera ini juga tidaka akan menghabiskan tempat
terlalu besar jika dibawa bepergian ke berbagai tempat karena memiliki ukuran yang lebih kecil.

Memiliki Resolusi yang lebih Besar
Kamera ini memiliki resolusi yang lebih besar yaitu 24MP, sehingga lebih menghasilkan ukuran gambar yang lebih besar.

Itulah keunggulan dari kamera DSLR 60D dengan kamera mirrorless canon M3, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menjadi bahan pertimbangan jika sedang bingung untuk memilih kamera dari dua pilihan ini. Selamat menentukan kamera pilihanmu!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: