5 Penyebab Kamera Bisa Mati Total | Blog Banten Kamera

5 Penyebab Kamera Bisa Mati Total

Kamera DSLR
Sumber foto : Google
Pecinta fotografi yang sering menggunakan kamera DSLR tentu terkadang mengalami beberapa masalah pada kameranya. Biasanya masalah yang sering terjadi adalah lensa berjamur, sensor kotor oleh debu, autofokus mati atau flash tidak menyala. Namun permasalahn tersebut bukanlah suatu permasalahan yang sangat buruk, karena selain itu terdapat beberapa permasalahan lain pada kamera yang sangat buruk.

Biasanya permasalah kamera yang terburuk adalah kamera DSLR kalian mati total. Tentu hal ini terkadang menimbulkan kepanikan bagi pemiliknya. Terlebih kamera DSLR yang kalian miliki sedang ingin digunakan serta berharga tinggi.

Tentunya ketika kamera DSLR kalian mati total, pasti ada penyebab dibaliknya. Beberapa penyebab yang membuat kamera kalian bisa mati total diantaranya adalah sebagai berikut :

Kamera terkena air atau jatuh ke air
Air merupakan salah satu musuh barang elektronik, hal tersebut mungkin tidak berlaku bagi barang elektronik water resistant, namun berbeda dengan kamera yang pasti akan langsung mati total jika terkena banyak air apalagi hingga jatuh ke dalam air dan terendam.

Jika air yang terkena pada kamera kalian hanya sedikit, tentu tidak akan menyebabkan kamera langsung mati total. Kalian bisa langsung mengelap kamera DSLR yang kalian miliki agar tidak menimbulka masalah yang lebih parah. Namun jika air yang mengenai kamera cukup banyak, biasanya kamera bisa langsung rusak dan mati.

Oleh sebab itu, untuk mencegah kamera kalian mati total karena air, sebaiknya jauhkan kamera kalian dari air atau pastikan kalian memegang erat kamera kalian jika sedang berada di tempat yang dikelilingi oleh air, misalnya kolam renang atau pantai.

Kamera Terjatuh
Ini menjadi salah satu penyebab kamera kalian bisa mati total, terlebih bahan kamera yang terbuat dari bahan yang kurang kuat sehingga meskipun hanya dengan satu kali jatuh saja bisa langsung menyebabkan kamera kalian mati total.

Untuk itu, pastikan kalian memegang kamera dengan baik. Agar kamera kalian tidak mudah jatuh ketika digunakan, kalian bisa memanfaatkan tali strap kamera dengan menggulungnya ke tangan kalian sehingga kamera tidak mudah jatuh.

Atau cara lain yang dapat kalian lakukan agar kamera tidak mudah jatuh yaitu dengan memasukkan kamera ke dalam tas kamera lalu menggendong atau mengaitkan tali tas ke pundak atau ke leher kalian. Dengan begitu kemungkinan kamera kalian terjatuh sangat kecil.

Namun kasus kamera terjatuh sangat jarang, lebih banyak kamera lembab karena terkena air atau kamera terkena panas berlebih.

Lihat juga : Potensi Bisnis Bidang Fotografi

Kerusakan Pada Slot Baterai dan Baterai
Sumber foto : Google

Baterai merupakan satu - satunya sumber kehidupan kamera, oleh karena itu jika kamera tanpa baterai maka kamera tidak akan bisa menyala. Pada beberapa kondisi, slot baterai dan baterai kamera biasanya mengalami kerusakan. Pada kondisi tersebut berdampak kepada kamera, sehingga kamera tidak dapat menyala.

Untuk mencegah kerusakan pada slot baterai, sebaiknya perhatikan ketika kalian mengambil atau memasangkan baterai. Sebaiknya lepas dan pasang bateerai denga hati - hati dan lembut.

Jangan paksa ketika akan mengambil baterai dengan benda lain ketika baterai sulit dilepaskan. Untuk mencegah kerusakan baterai kamera juga biasanya dengan merawat dan menggunaka baterai dengan baik.

Simpan baterai di tempat yang aman, serta sebaiknya jangan simpan baterai di tempat yang terlalu panas. Selain itu, perhatikan ketika kalian sedang mengisi daya baterai, pastikan kalian tidak mengisi baterai dengan waktu yang terlalu lama (over charge). Karena hal tersebut dapat menurunkan kualitas baterai bahkan bisa merusak baterai kamera.

Kerusakan pada tombol power/on off
Kamera DSLR
Sumber foto : Google

Tombol power merupakan satu - satunya tombol yang dapat membuat kamera menyala. Namun, pada beberapa kondisi tombol power kamera kalian dapat rusak serta tidak mampu membuat kamera menyala. Hal ini biasanya disebabkan oleh air yang masuk ke sela - sela tombol power yang membuat tombol power menjadi rusak serta tidak dapat berfungsi.

Untuk itu agar tombol power kalian tetap dalam keadaan normal serta tidak mudah mengalami kerusakan, sebaiknya pastikan ketika kalian memegang kamera, pastikan tangan atau jari kalian tidak dalam kondisi basah. Hal ini mampu mencegah kerusakan yang terjadi pada tombol power. Keringkan tangan terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan pada kamera kalian.

Salah Menempatkan Bagian dalam Kamera
Sewaktu - waktu kamera bisa rusak yang disebabkan oleh beberapa hal, biasanya beberapa orang mencoba untuk membetulkan sendiri. Namun dengan membetulkan sendiri, terkadang seseorang yang masih baru salah dalam memperbaiki kerusakan. Jika sesorang belum pernah membetulkan kamera sebelumnya, biasanya pada beberapa kondisi, hal tersebut dapat memperparah keadaan. Sehingga membuat kamera menjadi semakin rusak.

Oleh sebab itu, untuk mengindari kemungkinan terburuk dari kerusakan kamera, sebaiknya jika kamera kalian rusak, klaian tidak mencoba untuk membetulkan sendiri terlebih kalian hanya mencoba - coba saja. Salah satu cara yang dapat kalian tempuh yaitu dengan membawakamera kalian ke tempat service, sehingga kerusakan parah dari kamera dapat terhindarkan.

Itulah 5 penyebab kamera kalian menjadi mati total. Semoga dengan beberapa penjelasan diatas, kalian dapat menghindarkan kerusakan pada kamer kalian dan Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: