Potensi Bisnis di Bidang Fotografi | Blog Banten Kamera

Potensi Bisnis di Bidang Fotografi

Photography
Sumber foto : Google
Saat ini fotografi merupakan salah satu bidang yang banyak digemari oleh orang - orang, selain menjadi salah satu hobi, fotografi juga menjadi salah satu ladang bisnis yang dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan besar. Hal tersebut dipengaruhi karena semakin banyaknya orang yang suka mengabadikan momen pada acara penting dalam hidupnya ke dalam sebuah foto.

Dengan semakin banyaknya orang yang menyukai bidang ini, maka semakin lebsar juga terbuka potensi bisnis dalam bidang fotografi. Bagi yang menyukai bidang fotografi dan sudah lama menggeluti bidang ini, kalian patut bergembira karena fotografi tidak hanya menjadi hobi bagi kalian, tetapi bisa kalian jadika ladang bisnis. Beberapa potensi bisnis pada bidang fotografi diantaranya :

Membuka Studio Foto
studio foto
Sumber foto : Google

Foto studio merupakan salah satu hal yang banyak diincar oleh masyarakat, salah satunya adalah anak muda yang sedang merayakan sebuah momen tertentu. Biasanya seseorang memilih untuk foto di studio karena beberapa pertimbangan. Diantaranya lebih enak karena pemotretan dilakukan didalam ruangan, harga yang relatif murah, tema yang beragam dan unik, serta kualitas foto yang bagus.

Foto studio biasanya dilakukan bersama teman - teman satu grup, bersama keluarga, foto wisuda, foto formal untuk berkas atau dokumen resmi dan lain sebagainya. Bagi kalian yang sedang mencari potensi bisnis tentang fotografi, membuka studio foto menjadi salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan. Pertimbangan dalam membuka studio foto dilihat dari semakin banyaknya orang - orang yang berminat untuk foto di studio.

Untuk membuka studio foto, biasanya kalian harus menyiapkan beberapa hal diantaranya tempat yang berfungsi untuk studio foto, peralatan (kamera, lighting, tripod dan lain sebagainya), serta ditambah dengan fotografer.

Layanan Jasa foto untuk acara
Wedding photography
Sumber foto : Google

Untuk membuka jasa layanan foto suatu acara, kalian tidak harus memiliki studio. Kalian hanya perlu menyiapkan kamera serta beberapa peralatan pendukungnya, dengan begitu kalian juga tidak terlalu mengeluarkan biaya sewa yang terlalu tinggi.

Namun jika kalian berminat untuk melakukan keduanya, seperti membuka jasa layanan foto dan membuka studio secara bersamaan, kalian sudah tentu harus menyediakan studio untuk pemotretan.

Untuk jasa layanan foto, kalian bisa menerima pekerjaan untuk mendokumentasikan berbagai acara, misalnya pernikahan, ulang tahun, acara gathering, perlombaan dan lain sebagainya.
Saat ini, semakin banyak orang yang berminat untuk mendokumentasikan berbagai acara penting dalam hidup mereka.

Kelas atau kursus Fotografi
Kursus fotografi
Sumber foto : Google

Jika kalian sudah lama dalam bidang fotografi dan cukup banyak menguasai tentang fotografi, ada baiknya kalian membuka kelas atau kursus fotografi. Selain menambah sumber pendapatan, kalian juga bisa membagikan ilmu, pengetahuan serta pengalaman kalian dalam bidang fotografi kepada orang lain.

Untuk kursus fotografi dapat kalian lakukan dengan beberapa cara, diantaranya membuka kursus di tempat yang telah kalian sediakan. Kalian bisa menyediakan tempat, materi pengajaran, serta tutor yang nantinya akan menjadi pemateri fotografi.

Selain itu kalian juga bisa membuka kursus fotografi tanpa harus menyediakan tempat kursusnya, sehingga prosesnya yaitu kalian bisa mendatangi rumah dari murid dalam kelas fotografi kalian. Hal ini bisa lebih praktis karena kalian tidak perlu menyediakan tempat.

Selain itu, kursus fotografi biasanya terbagi ke dalam beberapa level kelas. Pastikan kalian menguasai fotografi hingga ke level atas, karena hal tersebut akan memudahkan kalian dalam memberikan penjelasan kepada murid dalam kelas fotografi kalian.

Lihat juga : Rekomendasi Komunitas Fotografi Nasional

Mengenai usaha membuka kursus fotografi memang sebaiknya dilakukan oleh fotografer yang memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi, karena kalian akan merasakan kesulitan jika ilmu yang kalian meiliki tidak sesuai dengan apa yang seharusnya diajarkan, kecuali dalam proses mengajar, kalian menggunakan fotografer lain untuk menjadi tutor dalam kursus fotografi kalian.

Penyewaan Alat Fotografi
Peralatan fotografi
Sumber foto : Google

Tidak semua orang yang menyukai dunia fotografi memiliki peralatan fotografi yang lengkap. Sehingga untuk mengambil peluang tersebut, kalian bisa membuka usaha penyewaan alat fotografi, mulai dari kamera, lensa, flash, umbrella, mic ekternal dan lain sebagainya.

Beberapa oran memang terkadang hanya menggunakan kamera atau alat fotografi lainnya sesekali saja, sehingga tidak rutin. Untuk itu, mereka lebih suka menyewa dari pada harus membeli. Hal lainnya yang membuat orang lebih memilih menyewa yaitu harga jual yang tinggi, sehingga sebagian orang hanya dapat menyewa dengan harga yang terjangkau dari pada harus membeli peralatan fotografi.

Untuk membuka penyewaan alat fotografi, sebelumnya pastikan bahwa konsumen kalian memang ada. Artinya memang banyak orang yang berminat untuk menyewa kamera serta peralatan fotografi. Hal ini juga bisa menjadi pemasukan tambahan ketika memang kamera dan peralatan fotografi kalian sedang tidak digunakan, sehingga kamera dan peralatan kamera kalian menjadi lebih bermanfaat dan bernilai.

Lihat juga : 3 Pertimbangan Membeli Lensa Kamera

Penyewaan Studio Foto
Jika kalian lebih menyukai bisnis yang lebih simpel, kalian bisa mencoba bisnis ini. Pada beberapa daerah sudah mulai terdapat beberapa bisnis penyewaan studio foto. Namun pada beberapa daerah juga belum tersedia penyewaan studio foto. Untuk itu, jika kalian berniat menambah bisnis fotografi, kalian bisa mempertimbangkan bisnis penyewaan studio foto ini.

Penyewaan studio foto dinilai lebih simpel karena tidak perlu menyediakan peralatan fotografi, yang perlu dipersiapkan yaitu hanya tempat saja. Tetapi kalian juga dapat memberikan tambahan berupa lighting yang dapat digunakan ketika memotret.

Untuk penyewaan foto ini, kalian hanya perlu merancang tema dan properti yang unik, menarik dan berbeda. Dengan begitu kalian akan cepat mendapatkan pelanggan dan konsumen, serta membuat tempat penyewaan studio kalian menjadi lebih cepat naik.

Menjual Foto 
shutterstock
Sumber foto : Google

Bagi kalian yang sudah memiliki karya foto yang banyak, serta kalian sedang mencoba bisnis dari karya yang kalian miliki. Salah satu cara yang dapat kalian pilih adalah dengan mencoba untuk menjual foto kalian. Saat ini banyak website yang berfungsi sebagai perantara penjualan foto, diantaranya seperti shutter stock, alamy.com, dan bigstock.

Untuk menjual foto biasanya, ketika pertama kali mengunggah foto ke beberapa website jual foto diatas, hasil foto kalian akan dinilai terlebih dahulu apakah memang foto kalian layak untuk dijual atau tidak. Untuk sebab itu, pastikan hasil foto kalian bagus, tanpa noise dan menarik.

Membuat tutorial dan konten fotografi di youtube
youtube
Sumber foto : Google

Jika kalian juga menyukai videografi, sebaiknya kalian manfaatkan hal tersebut untuk membuat karya video yang tentunya selain bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain, juga memberikan keuntungan bagi kalian.

Kalian dapat membuat konten video youtube dengan membahasa mengenai beberapa materi fotografi, seperti cara mengecek shutter count, cara membersihkan kamera, mereview beberapa peralatan kamera dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kalian akan mendapatka penghasilan tambahan dalam bidang fotografi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Karena untuk membuat video youtube, materi yang kalian berikan harus menarik dan kreatif. Serta bisa memanfaatkan peralatan yang kalian miliki saja.

Dengan mengunggah video ke youtube, kalian akan mendapatkan pendapatan dari google adsense, namun tentunya dengan persyaratan yang telah ditetapkan seperti jumlah viewers dari video kalian. Untuk itu pastika konten kalian menarik dan enak untuk dilihat.

Menjual Merchandise/peralatan Fotografi
Mug lensa
Sumber foto : Google

Sambil menyelam minum air, kalian bisa memanfaatkan usaha fotografi kalian dengan menambah pendapatan dari menjual beberapa barang yang berhubungan dengan fotografi. Biasanya jika seseorang menyukai suatu hal, ia akan mencoba untuk membeli beberapa pernak - pernik, alat atau hal yang berhubungan dengan yang ia sukai.

Untuk itu kalian dapat menjual beberapa barang fotografi, seperti mug yang berbentuk lensa, baju dengan desain unik tentang fotografi dan lain sebagainya. Selain itu, kalian dapat menjual beberapa peralatan fotografi seperti tripod, monopod, filter lensa dan lain sebagainya. Peralatan yang sederhana yang tentunya tidak menimbulkan resiko yang besar, hal tersebut dapat kalian lakukan bagi kalian yang masih pemula dalam bisnis fotografi.

Itulah beberapa potensi bisnis fotografi yang dapat memberikan tambahan penghasilan untuk kalian, semoga artikel ini dapat bermafaat dan selamat berbisnis fotografi!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: