Tips Memasarkan Jasa Video dan Foto dengan Mudah | Blog Banten Kamera

Tips Memasarkan Jasa Video dan Foto dengan Mudah

Dokumentasi ulang tahun
Sumber foto : Google
Saat ini di Indonesia semakin banyak penyedia jasa video dan foto untuk berbeagai acara. Orang - orangpun semakin banyak yang berminat untuk menggunakan jasa video atau foto, hal ini dilakukan tentu untuk menjadi salah satu cara mereka untuk mengabadikan momen yang jarang terjadi dan tidak akan terulang kembali.

Berbagai macam acara saat ini banyak yang menggunakan jasa foto atau video, diantaranya acara pernikahan, ulang tahun, perpisahan, kehamilan dan lain sebagainya. Momen - momen bahagia tersebut memang sayang jika tidak diabadikan dalam sebuah foto ataupun video.

Karena beberapa momen dan peristiwa tidak akan terulang kembali. Foto atau video menjadi salah satu cara untuk mengingat beberapa momen yang pernah terlewati dalam hidup. Foto dan video juga merupakan dokumentasi yang tahan lama, serta menjadi salah satu sumber informasi dan bukti jika sewaktu - waktu terjadi sesuatu hal yang memang membutuhkan bukti berupa foto atau video.

Pada saat ini, di setiap kota atau daerah terdapat sebuah jasa foto ataupun video yang siap memberikan pelayanan untuk mengabadikan segala momen atau acara yang akan kalian lakukan.

Biasanya di setiap daerah atau kota memiliki beberapa jasa pelayanan ini, tentunya hal tersebut menimbulkan persaingan antara satu dengan yang lainnya. Namun hal tersebut bukanlah suatu masalah, karena dalam bisnis persaingan adalah hal yang wajar. Tanpa persaingan tentu bisnis kalian dapat dikatakan kurang sehat.

Pada lain hal, semakin banyak orang yang berminat untuk menggunakan jasa foto atau video, maka semakin banyak juga orang yang mencoba untuk menjalani bisnis ini. Namun bagi kalian yang baru ingin memulai bisnis ini tidak perlu khawatir, kalian hanya perlu mempelajari dan menerapkan beberapa tips memasarkan jasa video atau foto, berikut beberapa tips serta penjelasannya :

Melalui Website Perusahaan
Website
Sumber foto : Google

Bagi kalian yang akan memulai bisnis ini ataupun kalian yang sudah lama menggeluti pelayanan jasa foto atau video, memanfaatkan website merupakan hal yang sangat penting. Seperti yang kalian ketahui bahwa saat ini dunia semakin berubah ke era digital. Semua hal sudah beralih ke dunia maya yang memang jika dilihat lebih praktis dan hemat waktu.

Hal yang perlu kalian lakukan sebelum membuka bisnis layanan jasa foto atau video, pastikan untuk membuat website agar kalian dapat lebih mudah mempromosikan serta menjelaskan berbagai produk atau dalam hal ini adalah beberapa hasil foto dan video yang telah kalian kerjakan atau buat.

Pastikan pada website perusahaan kalian, selain beberapa hasil foto atau video (portofolio) juga ditambah dengan beberapa penjelasan deskriptif mengenai tema pemotretan, alat yang digunakan, syarat dan ketentuan, tarif  dan beberapa penjelasan deskriptif lainnya. Hal ini sebaiknya dilakukan agar konsumen yang sedang mencari jasa kalian tidak bingung karena sudah terdapat beberapa penjelasan pada website perusahaan kalian.

Buat Akun Youtube
Sumber gambar : Youtube

Masih dalam pembahasan mengenai dunia digital, youtube saat ini menjadi salah satu media yang ampuh digunakan untuk memperlihatkan beberapa dari hasil karya video kalian. Selain kalian bisa mengunggah portofolio video kalian secara gratis, tentu kalian juga akan mendapatkan pemasukan dari akun youtube yang kalian miliki. Tentunya hal tersebut bisa kalian dapatka dengan beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh youtube atau google.

Saat ini, semakin banyak orang yang beralih dari televisi ke youtube untuk mencari hiburan berupa konten audio visual. Melalui youtube orang lain dapat lebih mendapatkan hiburan yang lebih terasa karena setiap orang dapat memilih jenis video seperti apa yang mereka sukai.

Melalui youtube kalian tidak perlu menunggu jam tayang dari video yang kalian nantikan dan sukai, kalian hanya perlu mencari video yang kalian suka dan memilihnya. Bagi kalian yang menggunakan youtube sebagi media promosi serta memasarkan jasa video kalian, hal ini bisa menjadi salah satu media ampuh karena saat ini hampir setiap orang menyaksikan video melalui youtube.

Selain itu, kalian dapat mengunggah hasil video yang kalian buat dengan durasi yang lama. Dengan menggunakan durasi yang lama atau penuh, kalian dapat memperlihatkan setiap detail gambar yang kalian ambil.

Promosi di Sosial Media
sosial media
Sumber foto : Google

Hampir semua orang memiliki sosial media, baik itu facebook, twitter, instagram, line dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya buatlah masing - masing sosial media yang ada, atas nama perusahaan layanan jasa foto atau video kalian. Pada masing - masing sosial media pastikan kalian memasukkan portofolio atau hasil foto dan video yang telah kalian lakukan.

Biasanya ini menjadi salah satu senjata ampuh untuk membuat jasa layanan foto atau video kalian menjadi cepat dikenal banyak orang. Bagi kalian yang menggunakan instagram untuk promosi, kalian dapat memanfaatkanya secara penuh, baik berupa hasil foto atau video yang pernah kalian kerjakan dapat dimasukkan atau diposting pada akun instagram.

Begitupun untuk twitter dan facebook, saat ini facebook pun sudah bisa mengunggah video dengan durasi yang lumayan lama. Sehingga kalian dapat memanfaatkan berbagai sosial media yang ada berdasarkan jenis - jenis sosial medianya.

Lihat juga : Beberapa fungsi tripod untuk kamera

Buatlah Testimoni dari Pelanggan
Ini menjadi salah satu cara ampuh bagi kalian yang ingin meningkatkan bisnis kalian, tentunya setiap orang yang ingin membeli sesuatu atau menggunakan suatu jasa tertentu biasaya mencari review atau testimoni dari para pengguna produk atau layanan jasa yang sedang ia cari.

Setiap orang pasti menentukan suatu produk atau jasa berdasarkan beberapa pertimbangan, mungkin dari sudah berapa banyak konsumennya, seberapa bagus pelayanannya, seberapa bagus hasilnya, seberapa unik temanya atau beberapa pertimbangan lainnya.

Oleh karena itu, untuk membuat jasa foto dan video kalian semakin dikenal dan diminati banyak orang, portofolio saja dirasa kurang cukup. Sebaiknya tambahkan beberapa testimoni dari konsumen kalian yang bertujuan untuk meyakinkan calon konsumen untuk dapat menggunakan jasa kalian.

Untuk testimoni yang telah dibuat, kalian bisa kembali memanfaatkan beberapa sosial media, akun youtube serta website yang kalian miliki untuk memposting testimoni tersebut.

Jasa Iklan atau Endorsement
advertising
Sumber foto : Google

Bagi kalian yang memang mau sedikit berkorban untuk mengeluarkan biaya, kalian bisa memasang iklan pada beberapa website terkenal, media online dan lain sebagainya untuk mengiklankan jasa foto dan studio kalian. Hal ini menjadi salah satu cara jitu agar jasa foto dan studio kalian ingin cepat dikenal oleh orang lain.

Hal ini terjadi karena perusahaan layanan jasa foto dan studio kalian diposting oleh media online terkenal yang tentunya akan menjaring lebih banyak orang atau calon konsumen dari berbagai daerah dan rentang usia.

Begitupun dengan endorsement, kalian bisa memberikan jasa kalian secara gratis untuk digunakan atau dipakai oleh beberapa orang yang memang terkenal, dalam dunia digital atau sosial media biasa disebut dengan selebgram. Biasanya hal ini menjadi salah satu strategi promosi yang bagus untuk lebih meningkatkan perusahaan atau jasa yang kalian tawarkan.

Itulah beberapa macam tips memasarkan jasa video dan foto kalian dengan mudah, tentunya dengan beberapa cara diatas juga kalian tidak memerlukan biaya yang sangat besar bahkan beberapa ada yang gratis.

Namun yang perlu menjadi catatan yang paling utama jika ingin jasa kalian banyak yang berminat adalah dengan memberikan dan menyediakan kualitas dan pelayanan terbaik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba mempromosikan layanan jasa foto dan video kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: