Penyebab AF Lensa KIT Canon Mudah Rusak | Blog Banten Kamera

Penyebab AF Lensa KIT Canon Mudah Rusak

Lensa Canon 18-55mm
Sumber foto : Goole
Lensa merupakan salah satu bagian penting dalam kamera. Tanpa lensa, kamera tidak dapat menangkap gambar. Lensa dan kamera merupakan 2 benda yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah foto atau video.

Ketika pertama membeli kamera, kita pasti mendapatkan lensa KIT 18-55mm yang memang sudah satu paket dengan kamera. Namun jika kalian merasa kurang hanya dengan lensa KIT, kalian dapat membeli lensa lain yang natinya akan kalian butuhkan. Biasanya lensa yang bermacam - macam dibutuhkan oleh fotografer yang sudah lama menggeluti dunia fotografi, atau mereka yang memang hobi memotret dengan berbagai teknik dan genre yang berbeda - beda.

Bagi pemula, atau bagi kalian yang memang belum pernah menggunakan kamera. Lensa KIT bisa menjadi rekomendasi lensa pertama yang kalian gunakan untuk belajar fotografi. Selain harganya murah, lensa KIT memang cocok untuk para pemula yang baru belajar mengenai dasar fotografi.

Namun ada yang perlu  diketahui tentang lensa KIT yang kalian gunakan, setiap lensa memiliki kelemahannya masing - masing yang seharusnya kalian ketahui sebelum membeli atau memakainya. Salah satu yang sering terjadi pada lensa KIT yaitu rusaknya autofokus pada lensa, rusaknya autofokus biasanya ditandai dengan tidak dapat memotret gambar meskipun sudah mengatur AF dan memencet tombol shutter, atau hal lain yaitu lensa menjadi salah menangkap fokus dari objek yang seharusnya.

kerusakan lensa disebabkan oleh berbagai macam hal. Jika kalian ingin membeli atau menggunakan lensa ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab motor AF tidak berfungsi atau rusak, dengan begitu kalian dapat mengantisipasi dan meminimalisir kerusakan dikemudian hari.

Untuk pemaparan yang lebih lengkap, artikel ini akan menjelaskan beberapa penyebab AF lensa KIT canon mudah rusak, berikut uraiannya :

Terbentur
Ini adalah salah satu penyebab AF lensa KIT rusak, biasanya ketika menggunakan lensa untuk memotret, kita sering menyimpan kamera di sembarang tempat. Sehingga membuat kamera terkadang tergeser hingga membuat lensa terbentur dengan benda keras. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya kalian mengalungkan kamera agar tidak terbentur oleh benda serta mencegah kamera terjatuh.

Ketika berada di tempat ramai serta dalam kondisi berdesak desakan, bisa jadi lensa kamera terbentur oleh orang lain yang mengakibatka lensa mudah rusak, sebaiknya ketika kalian akan memotret suatu event misalnya, dimana event tersebut akan banyak didatangi oleh banyak orang, kalian dapat mengantisipasi untuk memasukkan kamera ke dalam tas khusus. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya benturan dan kerusakan pada lensa

Terkena Air
Bagaimanapun air merupakan hal yang harus dihindari oleh lensa dan kamera. Banyak muncul
masalah kerusakan pada lensa akibat dari terkena air, salah satunya adalah membuat rusak auto fokus lensa. Biasanya, kita sering mengganti lensa dengan mencopot da memasangnya kembali, hal yang harus diperhatikan selain debu, air juga menjadi hal berbehaya jika sudah masuk ke dalam lensa kamera. Oleh sebab itu, sebaiknya jauhkan lensa atau kamera kalian dari air.

Selain itu saat akhir hingga awal tahun, Indonesia memasuki musim penghujan yang membuat hampir setiap hari turun hujan, jika kalian bepergian membawa kamera pada musim ini, sebaiknya simpan kamera di tempat yang baik. Siapkan tas khusus anti air yang mencegah kamera terkena air atau menjadi lembab, selain jamur dapat cepat muncul juga membuat AF lensa menjadi rusak

Kabel Fleksibel autofokus Putus
Kabel fleksibel AF
Sumber : Bukalapak.com

Selanjutnya adalah kabel fleksibel AF dalam lensa putus, hal ini memang tidak dapat dipungkiri karena sewaktu - waktu bisa saja terjadi. Ketika hal ini terjadi pada lensa kalian, sebaiknya langsung membawa lensa ke servis kamera untuk segera diganti dengan yang baru.  Harga dari kabel fleksibel autofokus ini tidak terlalu mahal, yaitu sekitar 40 sampai 50 ribu rupiah.

Usia
Terakhir adalah usia, Hal ini tidak dapat dipungkiri karena setiap barang eletronik pasti memiliki batas umurnya masing - masing, terlebih kamera dan lensa rutin dan sering digunakan dalam jangka waktu yang lama. oleh sebab itu hal yang sebaiknya kalian lakukan adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Jika suatu sewaktu - waktu kalian menemukan AF lensa KIT kalian mengalami kerusakan, sebaiknya langsung membawa lensa ke tempat service. Tetapi jika kalian seseorang yang mahir dalam mereparasi lensa, bisa dicoba untuk membetulkan sendiri.
Servis lensa
Sumber foto : Google

Namun jika kalian tidak mengerti bagaimana cara membetulkan kerusakan pada lensa, sebaiknya jangan sekali - kali mencoba untuk membetulkannya sendiri, karena jika kalian mencoba membetulkan tanpa ilmu dan pengetahuan yang cukup akhirnya menambah kerusakan pada bagian - bagian yang lain.

Itulah penjelasan mengenai penyebab AF lensa KIT rusak, kalian dapat mengantisipasi atau membetulkan kerusakan sesuai dengan rekomendasi cara diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian mengenai lensa dan kerusakannya!
 
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: