Tips Memilih Lensa Untuk Studio | Blog Banten Kamera

Tips Memilih Lensa Untuk Studio

Tips Memilih Lensa Untuk Studio
Sumber foto : Google
Apakah kalian tertarik untuk membuka usaha studio foto? Jika iya, banyak peralatan yang harus kalian siapkan diantaranya kamera, lensa, continuous light, softbox, tripod, reflector, umbrella, light stand dan lain sebagainya. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas satu dari banyak alat yang harus disiapkan untuk studio, yaitu lensa. Bagaimana memilih lensa yang pas untuk studio? Berikut penjelasannya :

Sesuaikan Budget
Jika kalian memang mempunyai modal yang banyak tentu harga bukanlah masalah. Kalian dapat membeli beberapa jenis lensa yang memang diperlukan untuk kegiatan foto di studio. Namun jika kalian hanya memiliki budget yang terbatas, maka kalian dapat membeli 1 atau 2 lensa saja yang memang biasa digunakan untuk di dalam studio.

Menggunakan Lensa yang Tepat
Sumber foto : Google

Apasih lensa yang tapat digunakan untuk didalam ruangan dan memotret manusia? Banyak pilihan tentunya, jika untuk studio sebaiknya kalian memilih lensa fix 50mm, 24-105mm atau hanya menggunakan lensa kit saja. Tidak disarankan untuk menggunakan lensa tele, mengingat studio foto yang tidak terlalu panjang dan lebar. Rata - rata ukuran studio foto yaitu sekitar panjang 9 meter dan lebar sekitar 7 meter.

Dengan begitu maka penggunaan tele tidak disarankan, cukup memilih lensa yang telah disebutkan diatas. Bagus atau tidaknya sebuah foto studio, tidak hanya bergantung pada lensa, kamera atau fotografer, namun hal tersebut perlu didukung pencahayaan yang baik, jika ingin mendapatkan foto studio yang bagus dan maksimal maka keempat komponen tersebut harus mampu mendukung satu sama lain.

Lihat juga: Aplikasi Edit Foto untuk Android.

Pencahayaan yang baik selain dari lighhting juga didapat dari reflektor yang berfungsi untuk memantulkan cahaya di dalam studio, selain itu softbox yang berfungsi untuk melembutkan cahaya.

Usahakan Membeli Lensa yang Baru
Sebenarnya ini bukan hal yang besar, namun perlu anda pertimbangkan jika memang ingin membuka usaha dengan menyuguhkan kualitas yang bagus. Mengapa sebaiknya lensa baru? Karena kualitas fisiknya terjamin dan tidak memiliki kekurangan. Kalaupun ada kekurangan yang kita temui pada lensa baru, kita bisa langsung menukarnya atau jika terjadi kerusakan tentu kita bisa klaim garansi.

Berbeda dengan lensa bekas yang tanpa garansi dan rawan kekurangan/minus. Karena seperti yang kalian ketahui, lensa bekas bisa saja rawan terhadap jamur atau memang terdapat kendala lain, seperti autofokus yang kurang baik atau terdapat kekurangan lain.

Itulah 3 tips untuk kalian yang ingin memilih lensa untuk studio foto, Semoga artikel ini dapat membantu dan memberi masukan untuk kalian yang sedang bingung menetapkan lensa!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: