Cara yang Benar Mengatur Fokus Kamera | Blog Banten Kamera

Cara yang Benar Mengatur Fokus Kamera

Cara Mengatur Fokus Kamera
Cara Mengatur Fokus Kamera - Baru punya atau baru pakai kamera dan bingung cara pakainya bagaimana? Tidak usah malu, hal ini dimaklumin. Apa lagi untuk kamu yang mau belajar.

Karena lebih baik meluangkan waktu untuk belajar, dari pada dilapangan saat menggunakan kamera tidak tahu menahu cara pakai yang benarnya seperti apa, sedangkan momen terus berjalan.

Salah satu hal terpentung pada kamera yaitu fokus, fokus harus benar sehingga dapat menghasilkan gambar yang jelas dan tidak ada blur atau getaran.

Banyak orang menggunakan kamera baik itu jenis dslr, mirrorless, digital biasa, dan lainnya. Saat menggunakan malah hasilnya semua blur tidak ada hasil yang jelas. Dan ini pastinya sangat disayangkan sekali, karena kita tahu bahwa momen hanyalah satu kali dan itu tidak bisa diulang.

Mengatur fokus pada kamera ada beberapa cara, pertama menggunakan autofokus dan kedua dengan cara manual fokus, pertanyaannya apa perbedaan dua cara tersebut?

Pertama menggunakan autofokus, saat menggunakan autofokus kita tidak perlu memutar-mutar lensa agar mendapatkan fokus yang tepat, kita hanya memerlukan menekan tombol rana shutter pada kamera dengan secara tekan setengah dulu.

Kemudian lensa akan berputar-putar dengan sendirinya dengan mencari objek, jika sudah mendapatkan objek biasanya akan berbunyi beep, jika belum berarti belum menemukan fokusnya, bila belum mendengar suaranya maka ditekan setengah lagi tombol shutter pada kamera.

Di ulang terus hingga muncul suara beep, maka akan mendapatkan fokus yang benar dan setelah tekan setengah shutter selanjutnya tekan habis.

Jadi caranyanya tekan setengah untuk mencari fokus dan jangan dilepas hingga mendapatkan fokus, setelah mendapatkan fokus baru tekan habis tombol shutter kamera.

Kedua yaitu mencari fokus secara manual, saat mencari fokus secara manual yang perlu diketahui kita tidak lagi perlu menekan setengah tombol shutter pada kamera.

Pindahkan dulu mode AF ke MF pada bodi lensa, selanjutnya tinggal diputar saja bagian fokus lensa, dan sesuaikan dengan fokus yang diinginkan.

Sebenarnya lebih baik menggunakan AF atau MF? Semuanya baik, hanya saja perlu beberapa momen atau waktu yang tepat untuk menggunaknnya, jika AF sangat disarankan untuk mengambil objek bergerak.

Apa lagi lensanya sudah mendukung STM, pastinya menggunakan AF sangat cepat dan lancar.

Sedangkan saat mengambil video bisa menggunakan AF dan MF, jika kameranya sudah mendukung tracking wajah atau otomatis fokus maka menggunakan AF sangat disarankan sekali.

Tapi kalau untuk hasil lebih maksimal pastinya menggunakan MF.

Pengambilan foto tidak selamanya harus menggunakan AF, di saat momen kurang cahaya bisa menggunakan mode MF dan fokus bisa kita sesuaikan, karena biasanya ketika menggunakan mode AF pada tempat kurang cahaya, kamera kesusahan mencari fokusnya.

Dengan melakukan cara yang benar mengatur fokus kamera pastinya Banten Kamera berharap kamu dapat dengan mudah menggunakan kamera yang sedang kamu pakai sekarang ini, saat menggunakan autofokus dan tidak berfungsi? Baca ini alasan autofokus  lensa kamera tidak berfungsi.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: