Trik dan Tips Menjadi Seorang Videografer | Blog Banten Kamera

Trik dan Tips Menjadi Seorang Videografer

Videografer
Sumber foto : Google
Kamera tidak hanya mampu menghasilkan karya berupa foto saja, namun kamera mampu menghasilkan karya lain seperti video. Saat ini, tidak hanya foto saja yang banyak diminati oleh masyarakat, namun video juga semakin banyak diminati oleh masyarakat. Selain foto, seseorang juga mengabadikan momen bahagia dan berharga ke dalam sebuah video.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tips menjadi videografer, mari pahami dulu apa itu videografer dan karya seperti apa yang dihasilkan. Videografer adalah sebuah profesi yang bekerja untuk mengabadikan sebuah momen tertentu dengan cara merekam sebuah momen tersebut ke dalam sebuah video, karya yang dihasilkan oleh videografer adalah video/videografer.

Sedangkan videografi itu adalah media yang berbentuk video (audio visual) yang dihasilkan oleh seorang videografer yang berfungsi sebagai kenangan yang dapat dilihat di kemudian hari.

Fotografer dan videografer juga memiliki beberapa kesamaan dalam menjalani sebuah profesi atau menciptakan sebuah karya. Keduanya sama - sama menggunakan kamera sebagai alat utama dalam menciptakan sebuah karya foto maupun video. Pada beberapa kondisi, Tak jarang juga fotografer merangkap menjadi seorang videografer karena masih dalam lingkup yang sama.

Selain itu, karya dari seorang videografer juga banyak diminati oleh masyarakat untuk mengabadikan momen indahnya, seperti acara pernikahan, gathering, ulang tahun dan lain sebagainya. Untuk menjadi seorang videografer tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau dilakukan untuk dapat menghasilkan video yang bagus dan menarik. Berikut beberapa tips dan trik menjadi seorang videografer :

Harus Kreatif
kreatif
Sumber gambar : Google

Sebelum proses pengambilan gambar dimulai, sebaiknya seorang videografer merancang sebuah ide terlebih dahulu. Jika kalian seorang videografer pemula atau baru pertama kali. Sebaiknya coba untuk melihat dan menyaksikan beberapa contoh video sebelum kalian memulai menggambil gambar. Hal tersebut dapat kalian lakukan untuk mencari inspirasi dan ide menarik ketika mengambil
atau membuat sebuah video.

Seorang videografer tentu harus kreatif, kreatifitas seorang videografer akan mampu menghasilkan video yang bagus dan menarik juga. Tentu jika kalian ingin menjadi seorang videografer profesional harus mampu menghasilkan karya yang menarik.

Menguasai Peralatan
kamera DSLR
Sumber foto : Google

Untuk menghasilkan video yang bagus, selain kreatifitas dari seorang videografer. seorang videografer juga harus menguasai peralatan videografi. Peralatan digunakan sebagai alat yang digunakan untuk menghasilkan sebuah karya video.

Ketika menjadi videografer, kalian tidak hanya menggunakan kamera saja. Namun harus ditunjang dengan beberapa peralatan lain yang akan memudahkan kalian saat proses pengambilan gambar. Ketika menggunakan sebuah kamera untuk mengambil video, ada beberapa pengaturan yang harus di setting untuk menghasilkan video yang lebih bagus, misalnya seperti jumlah FPS, pengaturan kualitas video dan lain sebagainya.

Berbeda jika peralatan yang kalian gunakan kurang lengkap, biasanya hasil video yang kalian dapatkan juga menjadi kurang bagus. Selain kamera, biasanya seorang videografer menggunakan beberapa peralatan lain seperti stabilizer, slider, rode mic dan beberapa peralatan lain.

Untuk itu, bagi kalian yang berminat untuk menjadi seorang videografer, pastikan kalian untuk mempelajari beberapa alat videografi yang wajib digunakan untuk mengambil dan membuat sebuah video. Beberapa peralatan videografi memiliki fungsi untuk membantu menghasilkan video yang lebih bagus, misalnya dengan menggunakan slider kalian akan mampu menggeser posisi kamera ketika mengambil sebuah video menjadi lebih lurus dan stabil.

Berbeda jika kalian tidak menggunakan slider, tentu hasil video yang kalian dapatkan menjadi kurang bagus ketika mengambil gambar dengan kamera yang berjalan atau bergeser.

Begitupun dengan penggunaan stabilizer, stabilizer berfungsi untuk mengurangi guncangan ketika mengambil sebuah video. Video yang stabil tentu akan lebih bagus dan enak dilihat dibandingkan dengan sebuah video yang tidak mengunakan sebuah stabilizer.

Bergerak Cepat
fotografer
Sumber foto : Google

Biasanya sebuah momen atau kejadian dalam sebuah acara/kegiatan tertentu berjalan sangat cepat, untuk mengimbanginya seorang videografer juga harus bergerak cepat untuk dapat merekam momen yang terbaik. Untuk itu, sebaiknya ketika seorang videografer sedang bertugas untuk mengabadikan sebuah acara, ia harus fokus. Jika seorang videografer fokus dalam menjalankan tugasnya, ia akan mampu menangkap gambar dengan cepat, baik dan menyeluruh.

Berbeda jika seorang videografer kurang fokus ketika bertugas menangkap gambar, maka akan berdampak pada kinerjanya saat mengambil gambar. Sehingga hasil video yang dihasilkan pun akan kurang maksimal dan kurang bagus. Salah satu hasil video dapat dikatakan bagus karena video tersebut mampu menangkap momen yang penting.

Lihat juga : Teknik Foto pada Malam Hari
Menghasilkan Video yang Bercerita
videografer
Sumber foto : Google

Salah satu video dapat dikatakan bagus dan menarik yaitu video tersebut mampu bercerita meskipun tanpa sebuah dialog didalamnya. Untuk sebab itu, seoarang videografer sebaiknya mampu menghasilkan video yang mampu bercerita kepada para penontonnya. Selain sebuah video yang dapat bercerita, pastikan video yang kalian buat memiliki durasi yang tidak terlalu panjang.

Sebaiknya batasi durasi video maksimal 10 menit, hal tersebut sebaiknya kalian lakukan untuk meminimalisir rasa bosan saat menonton video. Berbeda jika kalian menggunakan durasi yang terlalu panjang, biasanya akan membuat penonton merasa bosan.

Untuk membuat video kalian memiliki durasi yang singkat, pastikan kalian mengambil gambar pada momen yang penting saja. Jika kalian mengambil secara keseluruhan momen, tentu kalian akan mendapatkan hasil video yang lebih panjang juga.

Memiliki Portofolio
Jika ingin menjadi seorang videografer yang profesional, tentu kalian harus memiliki portofolio yang dapat membuktikan bahwa kalian adalah seorang videografer yang memiliki pengalaman sebelumnya.

Memiliki sebuah portofolio juga akan menjadi salah satu cara untuk mengevaluasi karya kalian sendiri. Dengan mengevaluasi karya kalian, tentu kalian akan mengetahui beberapa kesalahan yang kalian lakukan dalam video yang telah kalian buat.

Dengan begitu, kalian akan memperbaiki kesalahn pada video sebelumnya dan akhirnya mampu menghasilkan karya video yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Itulah beberapa tips untuk menjadi seorang videografer, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi tentang videografi untuk kalian dan selamat mencoba.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: