5 Genre Fotografi yang Paling Populer | Blog Banten Kamera

5 Genre Fotografi yang Paling Populer

Photography
Sumber foto : Google
Dunia fotografi tidak hanya menggunakan objek makhluk hidup seperti manusia dan hewan saja, namun dunia fotografi mencakup seluruh hal yang ada di muka bumi ini. Jika kalian tertarik masuk dalam dunia fotografi, biasanya kalian akan memilih untuk memotret beberapa genre dalam fotografi.

Namun tak jarang fotografer juga hanya memilih satu atau beberapa genre fotografi. Biasanya seseorang memilih genre berdasarkan kesukaannya masing - masing. Bagi kalian yang masih bingung mengenai genre fotografi, jangan kahawatir karena akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu genre dalam fotografi.

Apa itu genre fotografi? Genre fotografi merupakan aliran atau jenis - jenis foto yang ada dalam fotografi, setiap moment atau objek yang berbeda biasanya memiliki genre yang berbeda pula, objek alam dengan manusia, benda dengan hewan, olahraga dengan makanan dan lain sebagainya.

Setiap fotografer menikmati dan menghasilkan foto berdasarkan pilihan genrenya masing - masing. Meskipun terdapat banyak genre dalam fotografi, namun terdapat beberapa genre paling populer yang banyak dipilih oleh beberapa fotografer di dunia khususnya di Indonesia. Apa sajakah macam - macam genre itu? Berikut 5 genre fotografi yang paling populer :

Human Interest
Human interest
Sumber foto : Google

Genre ini mengusung tema manusia dan kegiatan sehari - hari/ rutinitasnya. Genre ini juga berfungsi untuk menimbulkan kesan empati kepada seseorang yang melihatnya. Ketika akan memotret human interest kalian sebaiknya untuk mencari objek yang terlihat menarik. Mulai dari mimik wajahnya, kegiatan yang sedang dilakukan serta dimana tempat ia berada.

Kebanyakan human interest berhubungan manusia dengan kondisi yang kurang baik, seperti tingkat ekonominya. Namun sebenarnya human interest tidak terbatas pada itu saja, namun objek yang dipilih bisa siapa saja yang memang menurut kalian menarik dan masuk dalam genre ini. Untuk memotret human interest, biasanya seorang fotografer sengaja untuk mendatangi tempat - tempat dengan banyak orang yang sedang melakukan kegiatan sehari - hari.

Misalnya seorang fotografer dapat mendatangi pasar, jalan, atau tempat umum. Human interest atau biasa disebut dengan HI, lebih mengedepankan pengambilan foto sekitar area wajah atau kegiatan yang sedang dilakukan. Karena human interest berfungsi untuk menimbulka kesan empati, maka mimik wajah dari objek harus dapat terlihat dengan jelas.

Oleh sebab itu, sebaiknya ruang yang lebih banyak diambil atau ditonjolkan pada sebuah foto human interest adalah wajah dan kegiatan yang sedang dilakukan saat itu. Ketika memotret human interest juga fotografer tidak diperkenankan untuk mengatur pose dari objek yang akan diambilnya, tetapi dalam memotret genre ini harus dari kegiatan alami tanpa ada rekayasa atau arahan gaya.

Jika kalian berminat untuk memilih untuk memotret genre ini, pastikan kalian adalah seseorang yang suka mendatangi tempat - tempat umum dengan banyak aktivitas manusia. Selain itu, pastikan juga kalian adalah seseorang yang pandai bergaul atau berkomunikasi, dengan komunikasi kalian akan lebih nyaman ketika mengambil sebuah foto. Begitupun dengan seseorang yang kalian jadikan objek.

Di Indonesia terdapat beberapa akun instagram khusus fotografi dengan genre human interest yaitu salah satunya adalah human interest Indonesia. Akun ini hingga saat ini memiliki lebih dari 38 ribu followers yang terdiri dari berbagai macam fotografer dari beberapa daerah di Indonesia. Akun ini telah mengunggah lebih dari 500 foto yang sebagian besar merupakan foto human interest.

Foto yang diunggah oleh akun ini berasal dari berbagai macam fotografer di Indonesia yang tentunya menghasilkan foto human interest. Selain itu akun ini berisi foto human interest dari berbagai macam daerah di Indonesia.

Sebagian besar dari foto human interest pada akun ini yaitu mengambil objek dengan latar belakang masyarakat berekonomi rendah seperti petani, pengangkut barang di pasar, pencari kayu bakar, nelayan, tukang becak dan beberapa profesi lainnya.

Wild Photography
wild photography
Sumber foto : Google

Salah satu genre ini juga menjadi salah genre fotografi yang populer. Genre ini menjadikan hewan sebagai objek utamanya. Ketika akan memotret genre ini, biasanya seorang fotografer mencari objek ke alam liar untuk mendapatkan objek foto yang bagus serta menarik. Selain itu, untuk mendapatkan foto ini biasanya seorang fotografer harus bersabar dalam menunggu serta mencari objek bidikannya.

Dengan kata lain, seorang fotografer yang memilih untuk memotret genre ini yaitu dengan menunggu beberapa lama di alam terbuka demi sebuah objek yang diincarnya, tentu hal tersebut membutuhkan waktu yang banyak dan panjang.

Kepopuleran genre ini di Indonesia dengan terbentuknya sebuah komunitas Indonesia Wildlife Photography yang memiliki beberapa tujuan, diantaranya tempat untuk menyatukan para fotografer pecinta alam liar atau kehidupan liar. Selain itu, komunitas itu juga berfungsi untuk melestarikan alam liar.

Komunitas ini dibentuk pada tahun 2010 yang diprakarsai oleh 4 fotografer diantaranya Adi Kristanto, Dedy Istanto, Willy Ekariyono, dan Agung Angkasa Adi. Komunitas ini sering mengadakan kegiatan memotret satwa di alam liar.

Food Photography
food photography
Sumber foto : Google

Bagi para pecinta kuliner sayang sekali jika tidak menjadi salah satu fotografer food photography, dengan kalian menjadi seorang pecinta kuliner yang banyak memburu berbagai jenis makanan hingga ke beberapa kota dan daerah, kalian juga bisa sekaligus menjadi food photographer pada waktu yang sama.

Menjadi seorang food Photograper merupakan sebuah tantangan, seorang fotografer ini harus memiliki ide yang kreatif dari makanan sederhana yang ada di depannya. Seorang fotografer makanan harus mampu menghasilkan foto yang enak dan menarik untuk dilihat meskipun makanan tersebut adalah makanan sederhana.

Salah satu fotografer yang memilih untuk memotret genre ini yaitu Herry Tjiang yang sudah sukses menghasilkan beberapa karya dari food photography. Bahkan Herry sudah banyak bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar untuk memotret produk makanan mereka.

Salah satu komunitas fotografi makanan ini bernama upload kompakan, eksistensi mereka dapat dilihat dari akun instagram resmi dari komunitas ini yaitu @uploadkompakan. Akun ini telah memiliki followers sebanyak 149 ribu serta unggahan foto sebanyak 7000 buah. Bagi kalian yang menyukai genre ini, kalian dapat bergabung dengan memfollow IG tersebut serta langsung bisa mengupload foto makanan yang telah kalian hasilkan.
Lihat juga : 8 Tips Foto Model indoor dan Outdoor
Makro Photography
Macro photography
Sumber foto : Google

Genre membutuhkan ketelitian dalam memfokuskan objek, hal tersebut perlu kalian perhitungkan karena melihat objek pada genre ini yang memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dari pada genre foto yang lain. Untuk memotret genre ini, kalian sebaiknya mencari objek yang menarik, seperti hewan yang memiliki bentuk yang unik.

Untuk mendapatkan foto yang tajam dan menarik, pastikan kalian menggunakan lensa khusus untuk memotret genre ini. Kalian dapat menggunakan lensa makro untuk hasil foto yang maksimal, meskipun begitu kalian akan tetap bisa menggunakan lensa lain seperti KIT untuk memotret genre ini. Namun foto yang dihasilkan menjadi kurang maksimal dari pada menggunakan lensa makro.

Ketika kalian tertarik untuk memotret genre ini, pastikan kalian bisa cepat dalam memilih objek serta cepat dalam mengambil gambar. Hal ini karena yang kalian objek berupa hewan kecil yang akan mudah berppindah atau bergerak ke tampat lain. Oleh sebab itu, pastikan kalian bisa cepat memotret objek ini sebelum objek hewan kalian berpindah dan bergerak.

Tetapi makro fotografi tidak hanya menjadikan hewan kecil sebagai objek utamanya, untuk memotret makro kalian bisa memilih objek apa saja, yang terpenting objek pilihan kalian memiliki bentuk serta ukuran yang kecil.

Fotografer makro di Indonesia yang banyak menghasilkan karya yang keren diantaranya Andiyan Lutfi, Nordin Seruyan dan lain sebagainya. Mereka banyak mengunggah hasil karya keren di akun instagram pribadi masing - masing. Andiyan lutfi banyak menghasilkan foto makro berupa hewan dan tumbuhan kecil.

Landscape
Sumber foto : Google
Landscape Photography
Bagi yang sangat suka berlibur ke alam, biasanya tidak lupa untuk memotret pemandangan di sekitar. Landscape merupakan salah satu genre fotografi yang banyak disukai oleh fotografer, baik profesional, pemula atau masyarakat umum. Selain mampu mengabadikan keindahan alam yang terbentang, para penikmat foto ini juga menjadikan hiburan tersendiri ketika melihat hasil dari genre foto ini.

Untuk mendapatkan hasil foto landscape yang maksimal, kalian dapat menggunakan lensa wide, yaitu lensa khusus untuk memotret landscape secara lebih luas. Berbeda jika menggunakan lensa KIT yang kurang menghasilkan foto dengan ruang yang lebih luas. Namun untuk memotret landscape dapat kalian lakukan dengan menggunakan lensa KIT juga.

Kepopuleran dari genre ini dapat dilihat dari salah satu komunitas yang dibentuk untuk tujuan mewadahi para fotografer atau pecinta landscape di sosial media instagram. @landscaper.id banyak mengunggah foto keindahan alam di Indonesia yang dapat kalian nikmati atau jadikan referensi ketika kalian akan memotret genre ini.

Itulah penjelasan mengenai 5 Genre fotografi yang populer, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi fotografi untuk kalian. Selamat memilih genre kesukaanmu dan buktikan dengan karya.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: