Tips Menggunakan Kamera pada Kondisi Ekstrim | Blog Banten Kamera

Tips Menggunakan Kamera pada Kondisi Ekstrim

Photografer
Sumber foto: mnn.com

Melakukan pemotretan sebenarnya dapat dilakukan dimana saja, entah itu di dalam rumah kamu atau mungkin di luar. Tapi perlu kamu perhatikan bahwa tidak semua tempat yang kamu pilih sebagai tempat pemotretan memiliki kondisi yang sama. Seperti apakah cuacanya yang mendukung di sekitar atau keadaan tubuh kamu yang benar-benar memungkinkan untuk memotret.

Terlebih lagi, jika kamu orang yang sangat senang pergi travelling keliling kota atau bahkan hingga ke manca Negara, dan kamu ingin sekali memotret hal-hal yang tidak biasa, pastilah akan memerlukan banyak persiapan dan pertimbangan sebelum kamu melakukannya.

   Lihat juga: Tips Membawa Kamera saat Liburan

Untuk itu, kami akan memberikan kepada kamu, tips-tips dalam menggunakan kamera pada kondisi ekstrim atau tidak biasa.

Perhatikan Kondisi Pemotretan
Photographer di salju
Sumber foto: Google

Sebelum kamu mempertimbangkan tempat pemoretan kamu, kamu akan sangat disarankan untuk memeriksa kondisi kesehatan kamu. Namun jika kamu sudah yakin bahwa kamu cukup fit untuk menantang berbagai kondisi medan pemotretan, barulah perhatikan baik-baik beberapa hal ini.

Hal pertama yang kamu perlu pertimbangkan sebelum bepergian adalah kondisi tempat dimana kamu akan memotret. Apakah tempat itu memiliki cuaca yang sangat dingin atau panas? Atau apakah kamu akan melakukan pemotretan di dalam air atau di atas gunung?

Setiap tempat mungkin memang memiliki resiko yang berbeda-beda, tapi jika kamu mau berusaha keras dan menyiapkannya dengan baik, bahkan gunung yang sedang berapi-api pun akan dapat kamu taklukan.

Pilih kamera yang tepat

Setelah kamu berhasil mengetahui bagaimana kondisi tempat kamu memotret, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah pilih kamera yang tepat.
Diving with GoPro
Sumber foto: flyandsea.com

Apa kamu akan pergi snorkeling atau diving untuk mendapatkan foto biota bawah laut? Mungkin kami akan lebih menyarankan kamu untuk menggunakan GoPro karena memang kamera yang satu ini telah didesain sebagaimana mestinya agar tahan terhadap air.

   Lihat juga: Hal Unik yang Harus Kamu Tahu tentang GoPro

Lain halnya jika kamu sedang berada di tempat yang sangat dingin, entah itu bersalju atau tidak, kamu perlu mengkhawatirkan beberapa hal. Pertama, dalam kondisi yang cukup dingin baterai kamera kamu akan jauh lebih cepat habis dibanding biasanya. Hal itu tentu akan mengganggu kamu dalam mendapatkan momen baik.

Untuk itu kami menyarankan kamu untuk selalu membawa baterai cadangan dan menyimpannya di tempat yang hangat.

Selain baterai, kamu juga perlu memperhatikan baik-baik tempat dimana kamu menyimpan kamera kamu. Kondisi cuaca yang dingin, juga akan membuat udara terasa lebih lembab dari biasanya. Menyimpan kamera kamu di dalam tas tanpa pelindung dalam waktu yang cukup lama, akan menyebabkan kamera kamu mudah berjamur.

   Lihat juga: Tips Agar Kamera dan Lensa Tidak Berjamur

Jika kamu memilih kondisi dengan cuaca yang agak panas, seperti misalnya kamu nekat pergi ke gunung berapi untuk memotret momen baik disana, kamu perlu tahu bahwa tidak semua kamera dapat menahan suhu yang tinggi. Karena suhu yang terlalu berlebihan akan berpengaruh buruk pada kinerja kamera kamu nantinya.

Gunakan Pelindung pada Kamera
Waterproof case for canon
Sumber foto: aliexpress.com

Saat kamu pergi memotret dunia bawah air, sebenarnya kami tidak akan memaksa kamu untuk menggunakan GoPro disaat kamu tidak mempunyai satu. Kamu tentu masih bisa menggunakan kamera kesukaan kamu. Hanya saja kamu memerlukan perlengkapan tambahan agar tak merusak kamera kamu.

Kamu bisa menggunakan case waterproof atau housing untuk melindungi kamera kamu. Apa perbedaan keduanya? Mungkin tak cukup banyak tapi akan mempengaruhi pilihan kamu nantinya.

Case waterproof dijual dengan harga yang terjangkau, untuk kamu yang tak suka menggunakan banyak uang. Tapi tentu saja harga juga akan menentukan kualitas. Dengan case waterproof kamu hanya dapat menggunakannya di kedalaman beberapa meter saja dari permukaan laut. Menggunakan tipe pelindung seperti ini akan sangat cocok untuk kamu yang senang snorkeling.
Camera case for diving
Sumber foto: Backscatter

Harga yang ditawarkan berbeda tentu saja kualitasnya pun akan jauh berbeda. Housing, walau harga yang di pasarannya cukup tinggi, kamu tidak akan perlu khawatir dengan resiko mengalami kebocoran air di kamera kamu. Housing didesain cukup baik dalam keadaan tekanan air yang agak tinggi. Jadi kamu bisa menggunakan kamera kamu untuk pergi diving bersama paus.

Bawalah Perlengkapan Sesuai Kebutuhan

Beberapa dari kamu, mungkin akan merasa cukup sulit bila berada di daerah yang cukup ekstrim. Tapi bila kamu benar-benar berkeinginan kuat, kesulitan itu dapat kamu minimalisir dengan baik.

Berada di tempat yang kurang mendukung, kamu tidak perlu membawa begitu banyak barang karena itu justru akan semakin menyulitkan dan membuat kamu bingung. Karena itu, bawalah perlengkapan memotret hanya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Membawa banyak barang secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi diri kamu sendiri.

Biarkan Kamera kamu tetap Hangat

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bila kamu memilih daerah yang cukup dingin untuk memotret, cukup pastikan bahwa kamu telah membuat perlengkapan kamera kamu tetap hangat.
Tripod dari serat karbon
Sumber foto: B&H

Bila kamu membawa sebuah tripod untuk mendukung pemotretan kamu, kami akan sangat menyarankan untuk kamu menggunakan tripod yang terbuat dari serat karbon karena akan terasa lebih ringan dan jauh lebih aman.

Setelah kamu menggunakan kamera kamu akan lebih baik untuk kamu meletakkannya ke dalam plastik kedap udara sebelum kamu menyimpannya di dalam tas agar tak berjamur.

   Lihat juga: Menghilangkan Jamur dari LCD Kamera

Itulah beberapa tips dan saran dari kami tentang cara menggunakan kamera di kondisi ekstrim. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kamu ya, Pembaca! Sampai jumpa di artikel-artikel kami berikutnya!

Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: