Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Memotret Suatu Objek | Blog Banten Kamera

Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Memotret Suatu Objek

Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Memotret Suatu Objek
Sumber foto: Vebcam.com

Saat kamu ingin mendalami hobi kamu di dalam dunia fotografi, tentu ada begitu banyak hal yang perlu kamu pelajari. Bukan hanya itu, kamu juga perlu menguasai beberapa teknik untuk menjadi seorang fotografer sejati.

Jika kamu seorang pemula, kamu bahkan harus mengetahui bahwa hal sekecil apapun seperti memegang kamera itu sendiri memiliki beberapa teknik yang perlu kamu kuasai.

     Lihat juga: Cara Memegang Kamera dengan Benar


Memotret bukanlah hanya sekedar kamu mengarahkan kamera ke suatu objek, menekan tombol capture, dan kemudian kamu post di akun Instagram kamu. Tidak semudah itu. Banyak yang harus kamu perhatikan, pertimbangkan, dan perlukan.

Untuk itu, di artikel kami kali ini, kami akan memandu kamu untuk mempelajari beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memotret suatu objek.

Tentukan Objek Foto Kamu
Objek Foto
Sumber foto: Google

Sebelum memulai, kamu harus tau terlebih dahulu, objek apa yang ingin kamu gunakan sebagai model dalam foto kamu. Baik dari ukurannya, warnanya, bahkan kemampuannya dalam bergerakpun tak boleh luput dari penglihatan kamu.

Bila kamu memilih objek foto yang mungil, ada baiknya untuk kamu tidak memotretnya terlalu jauh atau buatlah objek kamu tampak menonjol agar dapat menarik perhatian dan memberikan kesan yang indah pada hasilnya.

Sumber foto: RESMA camera

Hal yang sama juga perlu kamu lakukan pada objek foto kamu yang memiliki warna yang agak gelap. Jika kamu menggunakan objek foto seperti ini, sebaiknya buat objek kamu semenarik mungkin hingga tampak mencolok dan terlihat menonjol di foto kamu. Bila diperlukan beri sedikit lighting pada objek kamu agar tampak lebih menarik.

Kemudian untuk objek yang bergerak, kamu perlu banget nih menguasai beberapa hal ini dalam kamera kamu. Yang pertama harus kamu lakukan adalah mengatur shutter speed, aperture, dan ISO.

      Lihat juga: Apa itu Eksposure? dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Shutter speed akan memberikan pengaruh pada kondisi pencahayaan di kamera kamu. Semakin cepat shutter speed yang kamu atur di kamera kamu, maka akan semakin banyak pula cahaya yang masuk ke kamera kamu. Untuk aparture sendiri, kamu disarankan untuk mengaturnya agar dibuat lebar, karena hal ini akan memberikan efek blur dan fokus yang tertuju hanya pada objek yang akan kamu potret.

Sedangkan untuk ISO, kamu bisa mengaturnya bergantung pada keadaan pencahayaan di sekitar kamu. Bila keadan cahayanya cukup minim, kamu perlu menggunakan ISO yang tinggi. Begitupun sebaliknya.

Selanjutnya yang kamu perlukan adalah dengan mengatur Autofocus pada kamera kamu. Hal ini memudahkan kamu untuk memfokuskan kamera kamu dengan objek yang bergerak cepat. Dan yang terakhir, kamu bisa menggunakan mode continous speed sehingga memungkinkan kamu untuk mengambil gambar lebih dari 1 kali. Dengan begitu, kamu dapat memilih mana foto yang lebih baik dari beberapa foto yang telah kamu ambil.

Lighting
Lighting
Sumber foto: Digital Photo Pro
Terang gelapnya keadaan dimana kamu memotret, sangat berperan penting dalam menentukan bagus atau tidaknya hasil fotomu. Mungkin beberapa dari kamu akan berpikir, jika keadaan pencahayaannya sedang buruk hal yang akan kamu lakukan adalah dengan menyalakan flash dan kamu siap memotret.

Lagi-lagi kami katakan, itu tidak semudah yang kamu pikirkan. Jika kondisi pencahayaan yang minim, dan kamu hanya menggunakan lampu flash untuk membantu kamu, sering kali kamu akan mendapat objek yang kamu potret tampak buruk. Terutama jika objek itu sendiri adalah manusia. 

      Lihat juga: Teknik Foto untuk Malam Hari

Mungkin kamu juga sudah sering memperhatikan bagaimana hasilnya pada mata teman-temanmu di kamera. Mata mereka akan tampak bercahaya, bukan? Inilah yang disebut dengan “Red Eye”.

Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa menggunakan fitur red eye reduction di kamera kamu. Namun, bila tidak ada fitur seperti ini di kamera kamu, mungkin kamu harus mencoba untuk mencari ambient light yang cukup di sekitarmu.

Potret pada Pencahayaan Minim
Sumber foto: Bored Panda
Ambient light itu sendiri adalah sumber cahaya lainnya yang bisa kamu dapatkan dari lingkungan sekitarmu, seperti halnya lampu perumahan, atau bahkan streets light yang cukup untuk membantu kamu dalam memotret.

Gunakan Sudut yang Pas

Satu lagi hal yang perlu kamu perhatikan saat memotret adalah pengambilan sudut yang pas untuk foto kamu. Sudut yang tepat, akan menghasilkan foto yang baik pula. Kamu tidak bisa asal pilih sudut sesukamu, karena hal itu justru akan menjadikan fotomu tampak tidak sedap untuk dipandang.

Wide angle photo
Sumber foto: Snapshot Canon-Asia
Ada beberapa jenis angle yang bisa kamu gunakan untuk memotret dengan tentunya kamu juga tetap harus mempertimbangkan keperluan objek.

      Lihat juga: Macam-macam Sudut Pengambilan Gambar dalam Fotografi

Kamu bisa menggunakan Frog’s eye untuk memotret interior bangunan-bangunan megah atau mungkin kamu ingin membuat objek foto yang agak kecil menjadi tampak tinggi atau besar, ada baiknya untuk kamu menggunakan angle foto yang satu ini.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memotret suatu objek untuk menghasilkan foto yang baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kamu. Selamat mencoba!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: