Sebaiknya Menggunakan Mode Otomatis atau Manual pada Kamera? | Blog Banten Kamera

Sebaiknya Menggunakan Mode Otomatis atau Manual pada Kamera?

Kamera DSLR
Sumber foto : Google
Ketika awal mengenal sebuah kamera, biasanya seseorang mempelajari berbagai macam hal terkait kamera yang akan digunakan. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudahkan seseorang ketika menggunakannya suatu saat.

Berbagai hal dasar perlu dipelajari dan dipahami sebelum menggunakan kamera, seperti memahami seluruh fungsi tombol dan simbol pada kamera, fitur pendukung kamera serta mode kamera.

Sebaiknya setiap orang yang akan menggunakan kamera mempelajari dan menerapkan pengetahuan agar tidak melakukan kesalahan ketika menggunakan kamera, serta agar hasil yang didapatkan juga sesuai seperti yang diinginkan dan tentunya bagus.

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh seseorang yang akan memotret sebuah gambar yaitu mempelajari mode pada kamera. Dengan mengerti mengenai mode kamera, kalian akan dapat lebih mudah menggunakan kamera serta mampu menghasilkan gambar yang bagus sesuai dengan jenis genre yang kalian tentukan.

Mode manual maupun otomatis merupakan 2 pilihan mode yang akan ditentukan oleh seseorang baik fotografer pemula maupun fotografer profesional ketika menggunakan kamera.

Siapa saja yang sebaiknya menggunakan mode otomatis? 
Mode kamera otomatis
Sumber foto : Google

Sebelum membahas mengenai siapa dan jenis foto apa yang sebaiknya menggunakan mode ini, akan dijelaskan terlebih dahulu sedikit mengenai apa itu mode otomatis. Mode otomatis merupakan salah satu pilihan mode pada kamera yang penggunaanya bisa dibilang paling mudah.

Mengapa begitu? karena dengan mengatur kamera kalian pada mode ini, akan membuat kamera bekerja sendiri dalam menangkap gambar tanpa harus diatur oleh manusia. Sehingga pengguna kamera hanya membidik objek dan menekan tombol shutter saja.

Kamera bekerja sendiri dalam mengatur aperture (diafragma), ISO, shutter speed, fokus lensa dan sebagainya. Beberapa orang memilih menggunakan mode ini ketika sedang berada di beberapa kondisi.

Kondisi pertama mengapa orang memilih menggunakan mode otomatis yaitu orang tersebut adalah pemula atau bahkan baru pertama kali dalam menggunakan kamera. Dalam menggunakan kamera dengan mode otomatis tentu dapat memudahkan pemula atau seseorang yang baru pertama kali menggunakan kamera.

Hal ini dipilih tentu kamera pemula atau seseorang yang baru pertama kali menggunakan kamera belum paham betul mengenai elemen - elemen pada kamera seperti segitiga exposure dan beberapa hal yang harus diatur ketika akan memotret sebuah gambar. Meskipun tidak sulit, dalam mempelajari mengenai elemen kamera atau beberapa fiturnya membutuhkan beberapa waktu hingga kalian bisa menggunakannya.

Sehingga akan sulit bagi seorang pemula atau seseorang yang baru pertama kali menggunakan kamera untuk langsung menggunakan mode manual, hal ini bisa kalian lakukan dengan berlatih terlebih dahulu hingga mencapai tahap dapat menghasilkan foto yang bagus.

Mode otomatis juga sebaiknya digunakan untuk beberapa genre fotografi, beberapa fotografer sengaja menggunakan mode ini ketika memotret beberapa genre fotografi dengan tujuan untuk memudahkan ketika memotret serta cepat dalam menangkap gambar. Fotografi membutuhkan pergerakan yang cepat ketika mengambil sebuah foto, hal tersebut karena beberapa peristiwa alami terjadi sangat cepat dan tidak berulang.
Lihat juga : Kamera Pemula untuk Videografer
Oleh sebab itu, terkadang fotografer lebih memilih menggunakan mode ini dari pada harus melewatkan sebuah momen penting dan menarik, beberapa genre yang sebaiknya menggunakan mode otomatis yaitu genre human interest dan wild photography. Dua genre tersebut biasanya memang sangat membutuhkan pergerakan yang cepat dari fotografer dan kamera.
wild photography
Sumber foto : Google

Human interest dan wild merupakan 2 genre yang berlalu begitu cepat sehingga seorang fotografer harus selalu fokus terhadap hal di sekelilingnya. Berbeda dengan genre lain yang bisa berlama - lama dalam membidik objek.

Selain melakukan perubahan gerak yang sangat cepat, 2 genre tersebut juga terkadang tidak terjadi secara berulang. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian juga harus memaksimalkan kegiatan kalian ketika memotret dua genre tersebut untuk menghasilkan gambar yang bagus dan menarik.

Lalu siapakah yang sebaiknya menggunakan mode manual?
Mode manual kamera
Sumber foto : Google

Jawabannya adalah setiap orang baik fotografer profesional atau pemula yang memang sudah mengerti mengenai mode ini serta beberapa kondisi yang memang membutuhkan untuk menggunakan mode ini. Beberapa genre atau kondisi membutuhkan menggunakan mode untuk hasil foto yang maksimal. Beberapa diantaranya seperti pengambil gambar dengan genre makro fotografi, sport, dan slow speed.

Beberapa genre tersebut membutuhkan mode manual agar dapat menghasilkan gambar yang bagus dan sesuai, ketika akan memotret makro tentu ada jarak fokus minimal pada lensa. Ketika menggunakan mode auto ditambah dengan jarak lensa ke objek yang terlalu dekat maka akan membuat kamera fokus mengunci titik fokus objek serta kemungkinan lain yang akan terjadi yaitu salah fokus pada hasil foto.

Untuk itu, hasil terbaik yang dapat kalian dapatkan untuk mendapatkan hasil foto yang memiliki ketepatan fokus sebaiknya menggunakanmode manual dengan mengatur sendiri fokus objek yang kalian bidik. Genre sport dengan akurasi fokus yang tinggi juga membutuhkan pengaturan mode manual pada kamera kalian, hal ini perlu kalian lakukan untuk menghasilkan gambar yang bagus dan menarik.

Kaetika memotret kegiatan olahraga biasanya membutuhkan pergerakan kamera yang cepat dalam mengambil gambar, oleh karena itu agar hasil tajam aturlah shutter speed pada kamera kalian ke pilihan yang cepat.
Sport photography
Sumber foto : Google

Sesuaikan dengan seberapa cepat pergerakan dari objek yang kalian potret. Begitupun dengan teknik slow speed, kalian membutuhkan pengaturan shutter speed secara manual untuk dapat menghasilan gambar dari teknik slow speed ini.

Kesimpulannya adalah penggunaan mode otomatis atau manual merupakan tergantung dari masing - masing kebutuhan dan kondisi yang sedang dialami, Namun bagi kalian yang lebih banyak menggunakan mode otomatis, pastikan kalian juga mempelajari mode manual pada kamera kalian.

Karena kedua mode tersebut akan bermanfaat dan akan digunakan pada beberapa kondisi dan genre fotografi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah informasi fotografi untuk kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: