Beberapa Pilihan Kamera Bagus untuk Vlog atau Video Youtube | Blog Banten Kamera

Beberapa Pilihan Kamera Bagus untuk Vlog atau Video Youtube

Sumber foto : Google
Saat ini media hiburan sudah semakin berkembang pesat, tidak lagi televisi namun youtube maju menjadi salah satu media hiburan audio visual yang mampu bersaing bahkan menyaingi eksistensi dari televisi.

Jika sepuluh tahun lalu televisi masih menjadi media massa terdepan yang digunakan oleh masyarakat kebanyakan, saat ini semakin beralih ke media massa (daring) dalam jaringan yaitu youtube.

Dengan berkembang pesatnya youtube, maka semakin banyak juga orang - orang yang terjun dalam dunia tersebut. Berkembang pesatnya sebuah media youtube ditandai dengan semakin banyaknya masyarakat yang menonton konten video di youtube. Berbagai macam konten video hadir di youtube guna memenuhi kebutuhan hiburan dan edukasi masyarakat.

Saat ini semakin banyak artis - artis youtube atau yang biasa disapa youtuber hadir dengan membuat channel youtube dan mengisinya dengan konten video yang bermacam - macam. Bagi yang sudah lama menjadi creator youtube, rata - rata viewers mereka menembus angka jutaan bahkan ratusan juta.

Hal tersebut tentu mampu menghasilkan pundi - pundi rupiah yang jumlahnya tidak sedikit, bahkan penghasilan mereka mencapai angka puluhan juta atau lebih dari itu perbulannya.

Dengan penghasilan yang cukup menggiurkan, semakin banyak juga orang yang berminat untuk terjun untuk menjadi creator youtube. Tidak hanya penghasilan, namun dengan membuat konten youtube kalian bekerja tidak terikat dengan waktu namun mampu mengumpulkan pendapatan yang besar.

Beberapa faktor yang dapat membuat konten youtube kalian banyak disaksikan oleh orang yaitu konten kalian banyak dicari oleh orang, bermanfaat serta kualitas video kalian juga bagus.

Bagi kalian yang berminat menjadi youtuber, tentu kalian membutuhkan beberapa langkah tersebut untuk meningkatkan penonton video kalian, oleh sebab itu salah satu cara yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menghasilkan video dengan kualitas yang bagus. Bagaimana untuk mendapatkan kualitas video yang bagus? salah satu caranya yaitu dengan kalian menggunakan peralatan yang bagus juga.

Untuk itu, bagi kalian yang berniat menjadi youtuber serta sedang bingung mencari sebuah kamera yang bagus untuk kalian gunakan untuk mengambil video guna kebutuhan youtube kalian, berikut beberapa pilihan kamera yang sebaiknya kalian pilih :

Mirrorles Canon EOS M6
EOS Canon M6
Sumber foto : Google
Salah satu youtuber kenamaan yaitu Raditya Dika menggunakan kamera type ini untuk digunakan menjadi salah satu pilihan kameranya yang digunakan untuk vlog. Kamera ini memang mampu menghasilkan gambar yang bagus dan jernih, dapat dilihat dari hasil video Radit yang di unggah ke akun youtube pribadinya.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor kamera CMOS APS-C 24.2MP dan ukuran rekaman maksimal 1920 x 1080p yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus.

Selain itu, kamera ini memiliki teknologi auto fokus dengan presisi yang tinggi serta halus ketika merekam sebuah video. Hal tersebut yang dapat mempengaruhi hasil video kalian menjadi lebih halus dan tentu enak dilihat.

Bagi kalian yang akan nge-vlog dengan kamera ini tidak perlu khawatir dan merasa kesulitan ketika harus memegang sendiri kamera kalian, hal ini mudah kalian lakukan karena kamera EOS M6 dibekali oleh layar flip yang bisa ditekuk dan menampilkan layar menjadi didepan. Sehingga ketika kalian selfie atau nge-vlog tidak akan kesulitan melihat wajah kalian sendiri.

Bagi kalian yang memiliki budget tinggi untuk membeli sebuah kamera, kalian dapat memilih kamera ini. Kamera ini dibanderol dengan harga 13 juta rupiah yang dilengkapi oleh lensa KIT 15 - 45mm. Namun jika kalian menginginkan pilihan lensa lain, Canon menyediakan 2 pilihan lensa untuk mirrorless tipe ini, yaitu lensa 18-150mm dengan harga yang jauh lebih tinggi yaitu 17 juta rupiah.
Lihat juga : Kamera pemula untuk videografer
Canon Powershot G7 X Mark II
Powershot G7 X
Sumber foto : Google
Kamera satu ini memiliki bodi yang ramping, ringan dan kecil. Sehingga dengan menggunakan kamera ini akan memudahkan kalian ketika nge-vlog. Processor dalam kamera ini memiliki kemampuan dalam mengurangi noise serta menentukan fokus gambar lebih detail. Dengan begitu kalian tidak perlu khawatir dengan kualitas video yang dihasilkan oleh kamera ini.

Kamera ini banyak digunakan oleh youtuber ternama, misalnya saja Joshua Suherman serta Awkarin. Powershot G7 X Mark II memiliki resolusi kamera sebesar 20.1MP, lebih kecil dibandingkan kamera diatas. Kamera ini juga dilengkapi ISO tinggi mencapai 25600 setara dengan kamera DSLR 700D, serta mampu merekam video full HD yang akan menghasilkan video bagus dan jernih.

Bagi kalian yang akan menggunakan kamera ini untuk kebutuhan vlog, tidak perlu khawatir terhadap bobot yang akan kalian tanggung jika harus berlama - lama memegang kamera ini.

Kamera ini memiliki bobot yang lumayan ringan, yaitu 318 gram saja. Bagi kalian yang berminat untuk mencari kamera vlog yang memiliki kualitas yang bagus namun dengan budget yang lebih rendah dari kamera diatas, kalian dapat menentukan pilihan pada kamera ini.

Biaya yang perlu kalian keluarkan untuk membeli kamera ini yaitu sekitar 7 juta rupiah, setengah dari harga kamera diatas. Mengenai harga sangat cocok untuk youtuber pemula yang memiliki budget pas - pasan.

Kamera DSLR 70D
Canon 60D
Sumber foto : Google
Kamera ini termasuk dalam golongan kamera DSLR Pro yang banyak digunakan oleh fotografer serta videografer profesional. Kamera ini memang memiliki body yang lebih besar dibandingkan kamera mirrorless yang banyak digunakan oleh youtuber, namun kamera ini tetap menjadi pilihan beberapa youtuber untuk merekam vlog mereka.

Kamera ini memiliki megapixel yang hampir sama dengan Powershot G7 X Mark II, megapixel dari kamera ini yaitu 20.2MP yang mampu menghasilkan gambar yang jernih dan kualitas yang bagus. Kamera ini dilengkapi dengan LCD yang lumayan besar yaitu 3 inci yang membuat kalian puas melihat hasil dari video kalian. Kelebihan dari DSLR ini yaitu memiliki daya baterai yang besar yang membuat baterai kalian menjadi lebih awet.

Hal ini cocok bagi kalian yang memang membutuhkan kamera dengan daya tahan baterai yang lama, mengingat proses pengambilan video untuk youtube terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama.

Bagi kalian yang memiliki budget yang sedikit lebih besar, kalian dapat menjatuhkan pilihan untuk menggunakan kamera ini untuk merekam video kalian. Kamera 70D di tahun ini menyentuh angka 17 juta rupiah, harga yang tidak terlalu tinggi untuk hasil yang bagus serta kualitas gambar yang tinggi.

Itulah kamera yang bisa menjadi pilihan kamera untuk kalian yang sedang mencari kamera untuk kebutuhan vlog. Pastikan budget yang kalian milii sesuai dengan harga kamera diatas ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta membantu dalam menentukan kamera vlog kalian.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: