Apa itu Jamur pada Lensa Kamera? | Blog Banten Kamera

Apa itu Jamur pada Lensa Kamera?

Apa itu Jamur pada Lensa Kamera?
Jamur pada Lensa Kamera - Kamera karena kelamaan disimpan dan jarang digunakan bisa jadi awal munculnya jamur pada lensa kamera, karena lensa kamera terbentuk oleh banyaknya kaca, dan kita tahu bahwa kaca sangat rentan terhadap jamur.

Jamur pada lensa tentunya sudah hal yang biasa, apa lagi jika kamera tersebut tidak terawat dengan sebagaimana mestinya.

Dipakai begitu saja dan disimpan tempat yang tidak seharusnya, maka muncullah jamur baik di lensa dan badan kamera. Tetapi masih banyak orang belum paham sebenarnya jamur pada lensa kamera itu seperti apa bentuknya.

Karena jamur ini sebenarnya cukup jarang ditemui pada lensa dan kamera maka masih terbilang kurang familiar terhadap bentuk jamurnya seperti apa.

Jamur pada lensa kamera awal mulanya karena lembab yang berlebih pada lensa sehingga membuat munculnya jamur pada kaca-kaca yang ada di lensa, lembab ini terjadi bisa karena penyimpanan ditempat yang banyak airnya, lama tersimpan dilemari ataupun tas.

Bentuk jamur ini putih dan terletak pada lensa kamera baik di depan, tengah, ataupun pada bagian belakang lensa.

Jika dilihat secara kasat mata tidak terlalu kelihatan, tetapi jika di terawang atau di sinar dengan cahaya maka akan kelihatan lebih jelas bentuk jamur pada lensa kamera ini.

Bentuknya seperti akar-akar atau bercak-bercak yang menempel, dan ketika jamur sudah kering atau menjadi kerak maka itu akan semakin susah menghilangkan jamurnya.

Bila jamurnya belum terlalu banyak yang artian masih tipis dan belum menutup semua ruang lensa, maka masih bisa menghasilkan gambar yang bagus, tetapi akan ada sedikit bayangan putih dan tidak sebersih lensa yang normal.

Tetapi bila sudah tebal jamurnya dan menutup ruang kaca lensa, maka ini sudah terbilang parah dan gambar yang dihasilkan tidak akan terlihat jelas lagi, hanya putih seperti awan menutupi langit.

Oleh sebab itu perlu sekali mengetahui jenis jamur dan sesekali melepas body dan lensa kamera secara terpisah, dan pastinya harus tahu cara perawatan kamera dasarnya seperti apa, karena kamera ini cukup rentan terhadap jamur.

Selain pada lensa, jamur biasa juga mengedap pada bagian sensor dan viewfinder, sehingga bukan saja pada lensa tetapi pada kameranya bisa terkena jamur.


Ketika sensor sudah terkena jamur, maka sudah pasti 100% hasil foto ataupun video yang diambil tidak akan normal lagi, akan ada bercak-bercak hitam yang dihasilkan foto ataupun video tadi.

Jadi solusi terbaiknya bagaimana? Solusinya yaitu membersihkan jamur tersebut agar hilang, dan pastinya serahkan pada yang ahli. Karena banyak orang mencoba untuk membersihkan sendiri seperti membongkar lensa maka tidak kami sarankan, kalau hanya membersihkan bagian luar saja itu sudah seharusnya.

Tapi kalau sudah ke bagian dalam lensa atau kamera, dan sebelumnya belum pernah membuka kamera atau lensa maka tidak kami sarankan, bisa saja lensa tersebut jadi tambah parah seperti adanya error atau kabel yang terputus.

Serahkan saja ke bagian ahli, seperti Banten Kamera. Karena kami mempunyai tenaga ahli dibidang kamera yang sudah mumpuni, jadi untuk masalah cleaning bisa dibawa langsung ke Banten Kamera. Tapi jika kamu luar kota bisa dikirim langsung, atau tanya-tanya bisa ke 0853-4606-4606.

Jika kamu masih peduli terhadap kameranya coba cek sekarang juga apakah ada jamur atau tidak pada lensa dan kameranya? Kalau masih bersih dan tidak ada, maka sebaiknya dirawat dengan benar, karena lebih baik merawat dengan biaya minim dari pada memperbaikinya dengan biaya mahal.
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: