Ciri-ciri Sensor Kamera DSLR yang Rusak

Ciri-ciri Sensor Kamera DSLR yang Rusak
Sumber foto: Dunia Digital - Wordpress.com

Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam menggunakan sebuah kamera DSLR. Bukan hanya karena harganya yang dapat terbilang cukup tinggi, kamu juga perlu tahu beberapa cara dan teknik dalam perawatannya.

Banyak resiko yang perlu kamu pertanggungjawabkan, apalagi jika salah satu komponen dalam kamera kamu mulai rusak karena sebuah kecerobohan atau ketidaktahuan diri kamu. Dan bila salah satu saja komponen dalam kamera kamu mengalami kerusakan, kamu juga pastinya akan menemukan kesulitan dalam menggunakan kamera kamu sendiri.

Untuk itu, kamu akan sangat dituntut dalam mempelajari terlebih dahulu hal-hal mengenai kamera DSLR. Entah itu perawatan lensa hingga badan kameranya sendiri atau ciri-ciri kerusakan yang dapat terjadi pada kamera kamu. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk mencegah kamu dalam kehilangan kamera kesayangan kamu nantinya.

Pada artikel kami kali ini, kami akan memperluas ilmu pengetahuan kamu seputar kamera dengan membagikan tips dalam mengetahui ciri-ciri sensor kamera DSLR yang rusak.

Hasil Foto Menjadi Terganggu

Mungkin ada sebagian dari kamu yang masih bingung dengan ciri-ciri yang satu ini, 'kan, ya? Untuk lebih jelasnya kembali, sebenarnya kamu boleh merasa panik pada saat kamu mengecek hasil foto kamu dan kamu menemukan bayangan-bayangan berwarna hitam di beberapa bagian dalam hasil foto kamu. Seperti foto yang satu ini.
Debu pada sensor kamera
Sumber foto: belfot

Bayangan-bayangan hitam pengganggu ini sebenarnya adalah sebuah debu atau kotoran yang menempel pada sensor kamera kamu. Mungkin jika debu itu sendiri masih terbilang sedikit, kamu tidak akan dengan mudah menemukannya, kecuali jika kamu menggunakan jenis aperture yang lebar.

   Lihat juga: Cara Membersihkan Sensor Kamera dengan Profesional

Untuk ciri yang satu ini, mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu terjadi dikarenakan kamu yang sering mengganti-ganti lensa kamera, maka kemungkinannya akan cukup besar jika kamu menemukan banyak kotoran pada sensor kamera kamu.
Membersihkan sensor kamera
Sumber foto: Adorama

Pembersihan yang teratur akan sangat disarankan pada perawatan sensor kamera. Selain untuk menjaga sensor kamera kamu tetap aman, kamu juga dapat mencegah kerusakan lebih lanjut yang nantinya justru akan membuat kamu perlu membeli sensor kamera yang baru.

Blur Berlebihan pada Kamera
Blur pada kamera
Sumber foto: hellorf.com

Blur sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya dikarenakan ketidaktepatan kamu dalam mengatur kamera. Mungkin untuk penyebab yang satu ini tidak akan membuat kamera kamu mengalami kerusakan. Namun, bagaimana jika penyebab kamera kamu blur berlebihan adalah kelembapan?

Masih bingung? Sensor kamera kamu yang lembap dapat menyebabkan kamera kamu blur yang berlebihan pada saat digunakan. Sebenarnya selain debu, kelembapan juga sangat umum terjadi pada lensa kamera. Terlebih lagi jika kamu sering menggunakan kamera di dekat sumber air. Kamu menyadarinya ataupun tidak hal ini dapat mengakibatkan sensor kamera kamu menjadi lembap.

Dibandingkan kotoran atau debu, sensor kamera yang lembap dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur pada sensor kamera kamu. Jadi mungkin perlu dilakukan pengecekan setelah kamu menggunakan kamera kamu.

Sebagai pengingat, pengecekan perlu dilakukan di tempat yang kering supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan nantinya.

Memotret Matahari secara Langsung
Sun photography
Sumber foto: Steemit

Untuk yang satu ini, mungkin bukan termasuk ciri, ya? Untuk pencegahan saja, maka kami memasukkan yang spesial ini hanya untuk kamu.

Memotret matahari secara langsung tanpa menggunakan solar filter, dapat berakibat fatal pada sensor kamera kamu. Karena bukan hanya kamu bisa mendapatkan hasil foto dengan objek mengganggu, kamu juga bisa mendapati saat menggunakannya dalam waktu yang cukup lama, kamera kamu akan mulai tampak berasap.
Sensor rusak karena matahari
Sumber foto: Herman Klecker Fotos

Apa yang terjadi? Sensor kamera kamu baru saja terbakar sinar matahari! Hal ini benar-benar perlu kamu hindari jika kamu tidak menggunakan pelindung pada sensor kamera kamu atau kamu akan menemukan bahwa sensor bahkan hingga shutter kamera kamu telah mengalami kerusakan karena terbakar matahari.

Itulah beberapa ciri sensor kamera yang mengalami kerusakan. Untuk kerusakan lainnya yang dapat terjadi lebih lanjut, mungkin kamu perlu membawa kamera kamu ke tempat servis kamera terdekat di kota kamu. Jadi jangan menunggu sampai kamera kamu rusak parah, ya, Pembaca.

  Lihat juga: Nyervis.com Layanan Service Kamera di Serang, Cilegon, Pandeglang

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kamu. Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!
Bagikan:

Berlangganan untuk email update gratis: